Comscore Tracker

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahun

Apakah bisa dibuktikan secara ilmiah? Ini jawabannya!

Selamat hari Senin! Hari pertama dalam seminggu ini sering dianggap sebagai momok oleh masyarakat, terutama para pekerja. Jelas saja, setelah beristirahat di akhir pekan yang singkat, Senin tiba-tiba datang dengan seluruh pekerjaan, deadline, dan kesibukan baru untuk kita. Melelahkan, ya!

Seakan tak cukup menimbulkan stres, ada pula hari Senin yang dianggap sebagai hari tersuram, tersedih, dan paling bikin depresi sepanjang tahun. Ialah Blue Monday yang jatuh pada Senin ketiga di bulan Januari setiap tahunnya. Menurut pencetusnya, masyarakat dunia mengalami hari terburuk saat Blue Monday berlangsung. 

Namun apakah Blue Monday nyata secara ilmiah dan bagaimana bisa hari itu memengaruhi kita? Simak ulasannya berikut ini!

1. Berasal dari seorang psikolog di tahun 2005

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunabc.es

Menelusuri asal-usul Blue Monday, ternyata istilah ini pertama kali digunakan oleh seorang psikolog bernama Cliff Arnall di tahun 2005. Ia membuat formula tertentu untuk menentukan kapan Blue Monday terjadi.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan, di antaranya kondisi cuaca, tingkat utang, gaji masyarakat, tingkat motivasi, hingga kapan kira-kira seseorang gagal memenuhi resolusi tahun barunya. Ia bahkan membuat sebuah persamaan matematika untuk menghitungnya.

Setelah mengalkulasikan semuanya, Arnall menyimpulkan bahwa hari Senin ketiga di awal tahun adalah waktu yang cocok disebut sebagai Blue Monday. Cuaca di hari itu biasanya mendung dan hujan, orang-orang mulai khawatir akan masalah finansial, dan semangat yang menurun. 

2. Blue Monday dibuat untuk kepentingan kampanye perusahaan tur

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahununsplash.com/arash_payam

Bisa dilihat bahwa variabel yang digunakan oleh Arnall bukanlah sesuatu yang ilmiah. Ia hanya menggunakan perkiraan yang tidak tentu terjadi. Lalu sebenarnya apa tujuan Arnal mencetuskan Blue Monday?

Arnall merupakan bagian dari perusahaan tur di Inggris bernama Sky Travel. Blue Monday dicetuskan sebagai kampanye perusahaan tersebut. Tujuannya adalah untuk mendorong masyarakat setempat mengambil cuti dan berlibur. Dengan begitu, mereka tidak akan terkena imbas dari Blue Monday. 

3. Adakah fakta ilmiah di balik Blue Monday?

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunfreepik.com/freepik

Jika ditanya apa fakta ilmiah di balik Blue Monday, jawabannya adalah tidak ada. Ini merupakan sebuah pengetahuan yang disebut sebagai pseudosains. Dari luar, ia tampak didasarkan oleh sains, tetapi tidak ada teori ilmiah yang bisa membuktikannya. 

Akan tetapi, masyarakat terlanjur memercayai keberadaan Blue Monday. Terlebih di tahun 2005, literasi tentang hoaks dan misinformasi masih sangat minim. Alhasil hingga saat ini, Blue Monday masih dipercaya oleh banyak orang. 

Baca Juga: Riset: Orang Kaya Bisa Hidup Lebih Lama daripada Miskin?

4. Blue Monday berdampak cukup besar untuk penderita depresi dan gangguan kecemasan

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunpexels.com/Nathan Cowley

Blue Monday mungkin termasuk istilah yang baru saja kamu ketahui sehingga ia tidak berdampak besar padamu. Terlebih jika kamu tidak memiliki gangguan kesehatan mental apa pun. Namun tanpa disadari, hal ini sangat memengaruhi orang-orang dengan depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan psikologis lainnya. 

Melansir Medical News Today, banyak penderita gangguan psikologis yang merasa lebih sedih dan depresi setelah mendengar adanya Blue Monday. Mereka merasa lebih tertekan dan cemas daripada biasanya ketika hari ini datang. 

5. Pencetus Blue Monday berusaha mengubah stigma negatif di masyarakat

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunpexels.com/Keenan Constance

Merasa bertanggung jawab setelah mencetuskan istilah Blue Monday, Arnall mengaku ia tidak berniat membuat hari ini begitu suram. Kepada The Independent pada tahun 2018, ia memaparkan bahwa ia justru ingin membuat masyarakat terinspirasi untuk membuat keputusan yang berani. 

Setelahnya, psikolog yang suka memercayai pseudosains itu berusaha mengubah stigma Blue Monday di kalangan masyarakat. Ia bahkan sempat mencetuskan formula baru untuk hari terbahagia sepanjang tahun. Masih mau percaya?

6. Jika Blue Monday tidak benar-benar ada, kenapa kita merasa bahwa ini nyata?

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunfreepik.com/teksomolika

Walaupun tidak benar-benar ada, terkadang Blue Monday terasa nyata. Cuaca di sekitar tampak tidak mendukung, mood memburuk, muncul beragam kekhawatiran di pikiran, hingga hilangnya motivasi untuk memulai hari. Apalagi di tahun ini. 

Apa yang kamu rasakan memang valid, tetapi itu semua bersifat personal. Tidak ada peran Blue Monday di sana. Kamu merasa sedih, tertekan, stres, dan depresi karena apa yang terjadi di dirimu dan sekelilingmu.

Terlebih lagi, akhir-akhir ini kita "diserang" oleh kabar bencana yang terjadi di Indonesia. Mulai dari banjir, tanah longsor, kecelakaan pesawat, erupsi gunung berapi, hingga gempa bumi. Belum lagi stres mengenai pandemik COVID-19 yang tak ada habisnya. Wajar jika kamu merasa tertekan dan tidak bersemangat di hari Senin ini. 

7. Ini cara mengatasi mood yang buruk di hari Senin!

7 Fakta Blue Monday 18 Januari 2021, Hari Senin Tersedih dalam Setahunfreepik.com/dashu83

Jika kamu merasa bahwa hari Senin ini adalah hari yang buruk, ada baiknya untuk duduk sebentar sebelum beraktivitas. Pertama, coba identifikasi masalah yang terjadi dan apa yang kamu rasakan. Jika memungkinkan, tuliskan apa saja yang menjadi kekhawatiranmu. Dengan mengakuinya, kamu bisa mencari solusi yang tepat terhadap masalah tersebut.

Setelah itu, coba ikuti tips berikut ini:

  • Pastikan kamu telah mendapatkan istirahat yang cukup di akhir pekan;
  • Tak ada salahnya untuk memakai pakaian yang bagus dan berdandan walaupun kamu bekerja dari rumah. Ini akan membangkitkan mood kamu;
  • Mulailah hari Seninmu dengan bersyukur akan semua yang kamu miliki saat ini;
  • Lakukanlah hal-hal yang membuatmu senang walaupun sedang bekerja. Misalnya dengan memesan makanan, mendengarkan lagu, dan lainnya;
  • Jangan kerjakan semua pekerjaan berat di Senin. Bagilah pekerjaan tersebut ke hari-hari berikutnya agar kamu tak terbebani;
  • Tuliskan hal-hal yang kamu nantikan sepanjang minggu ini agar kamu bersemangat.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak cara lain untuk menghindari mood yang buruk di hari Senin. Sesuaikanlah semuanya berdasarkan preferensi dan kemampuanmu, ya. 

Terakhir, walaupun sulit sebaiknya pasanglah mindset yang lebih positif ketika menghadapi hari Senin. Semua hal buruk akan segera berlalu dan kamu adalah orang yang lebih kuat daripada yang kamu pikirkan. Jadi, kamu pasti bisa melalui semua hal yang terjadi, terutama di hari Senin ini. Semangat, ya!

Baca Juga: 7 Alasan Ilmiah Kita Sering Merasa Iri pada Orang Lain

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya