Comscore Tracker

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!

#RamadanMasaKini Biasanya ini hanya terjadi di awal puasa

Di siang hari saat berpuasa, biasanya kita sudah merencanakan akan makan apa saat buka puasa nanti. Takjilnya kurma, kue, dan teh manis. Kemudian dilanjutkan dengan makanan berat seperti nasi, ayam goreng, sambal, tumis sayur, telur, dan lain-lain. Rasanya semua ingin dimakan.

Akan tetapi, saat buka puasa, baru saja makan sedikit perut sudah kenyang. Alhasil, makanan yang dibeli jadi tidak habis. Apakah cepat kenyang saat buka puasa itu hal yang normal? Berikut penjelasannya!

1. Cepat kenyang saat berbuka puasa itu normal

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!i.cdn.turner.com

Merasa cepat kenyang saat buka puasa adalah hal yang normal terjadi, terutama di minggu pertama puasa. Ini disebabkan karena tubuh perlu beradaptasi. Wajar saja, perut kita tidak diisi selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka puasa tiba.

2. Proses adaptasi tubuh mempengaruhi sistem saraf

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!today.com

Di awal-awal puasa, tubuh akan “kaget” sehingga saraf yang paling banyak bekerja adalah saraf simpatik. Sistem saraf ini berfungsi untuk memacu dan mempercepat kerja organ tubuh manusia. Salah satu perannya dalam tubuh adalah untuk memperlambat proses pencernaan.

Makanan yang masuk saat berbuka puasa akan tertahan beberapa menit di lambung sebelum masuk ke usus. Inilah yang membuat perut kita cepat kenyang walaupun makan sedikit.

3. Konsumsi kurma juga berpengaruh

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!parenting.firstcry.com

Kurma sering menjadi takjil atau makanan pembuka saat puasa. Mengonsumsi kurma bisa menyebabkan seseorang cepat kenyang. Ini karena buah yang berasal dari Timur Tengah tersebut mengandung glukosa, fruktosa, dan kalium yang tinggi. Kandungan tersebut adalah gula alami yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Lakukan 6 Tips Ini Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokan

4. Perut cepat kenyang juga bisa disebabkan karena banyaknya gula yang dikonsumsi

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!gurunanaksweets.in

Nabi Muhammad memang menyarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Akan tetapi terlalu banyak makanan manis yang dikonsumsi juga tidak baik untuk tubuh.

Misalnya, sebagai pembuka seseorang mengonsumsi kue, cokelat, brownies, dan teh manis sekaligus. Tentunya perut akan cepat kenyang karena makanan tersebut mengandung banyak gula.

5. Kebiasaan konsumsi gula berlebihan memiliki efek yang buruk

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!mydiet.com

Konsumsi gula berlebihan saat berbuka puasa adalah penyebab dari malnutrisi. Apalagi jika perut sudah kenyang duluan sebelum mendapatkan nutrisi yang cukup. Kadar gula dalam darah akan meningkat tapi tubuh tidak mendapatkan gizi yang seimbang. Sebaiknya asupan manis yang dikonsumsi saat berpuasa berasal dari sumber alami yang tinggi serat dan nutrisi.

6. Ambil jarak antara takjil dan makanan berat

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!emirates247.com

Sebaiknya mulai buka puasa dengan makanan manis alami alami seperti kurma atau buah-buahan lainnya dan air putih. Kamu juga bisa mengganti asupan manismu dengan jus buah atau es buah tanpa tambahan gula.

Kemudian ambil jarak beberapa menit sebelum makan makanan utama. Kamu bisa menjalankan salat magrib di waktu jeda tersebut. Sedangkan untuk makanan berat, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti gorengan

7. Berbuka puasa dengan makanan berat bisa menyebabkan perut begah

7 Alasan kenapa Perut Cepat Kenyang Saat Berbuka Puasa, Normal Kok!fitnessrepublic.com

Ini karena makanan berat bisa menaikkan asam lambung dan tingkat glukosa secara drastis. Ini akan menyebabkan perut begah. Jangan sampai terlalu banyak makan membuatmu malas untuk beribadah.

Walaupun sudah menahan lapar selama hampir 14 jam, jangan sampai kalap ya saat buka puasa. Ini untuk menjaga kesehatanmu hingga Ramadan berakhir.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You