Comscore Tracker

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiah

Agar kamu tidak terus-terusan dihantui mimpi buruk

Tidur merupakan momen yang tepat untuk melepaskan lelah dan membebaskan diri dari semua penat yang kita rasakan. Namun, tak jarang di alam bawah sadar pun kita tidak bisa benar-benar rileks karena bermimpi buruk. Entah dikejar monster, didatangi makhluk halus, dihantui oleh deadline, hingga bertemu dengan mantan yang ingin kita lupakan. 

Mengalami mimpi buruk seperti yang disebutkan di atas sering kali membuat tidur tidak nyenyak. Akibatnya, kita pun terbangun tengah malam dengan perasaan kacau. Jika sudah seperti ini, mencoba untuk terlelap kembali bukanlah hal yang mudah. 

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya mimpi berhubungan dengan apa yang kita alami dan rasakan sehari-hari? Kita memang tak bisa mengontrol alam bawah sadar, tetapi ada beberapa cara yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk bermimpi indah. Dengan begitu, stres pun berkurang dan kita bisa bangun dengan perasaan bahagia. 

Ingin tahu seperti apa cara mendapatkan mimpi yang indah? Yuk, simak berikut ini!

1. Ubah posisi tidurmu

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahhealthline.com

Tak disangka-sangka, ternyata posisi tidur berhubungan dengan mimpi yang kita dapatkan. Studi dari jurnal Sleep and Hypnosis PsycNet tahun 2004 mengatakan bahwa orang yang tidur menghadap ke kiri lebih rentan mengalami mimpi buruk. 

Sementara itu, orang yang tidur dengan posisi tengkurap lebih rentan mengalami mimpi terkunci, tak bisa bergerak, dan hal-hal yang berbau seksual. Dari studi yang sama, posisi terbaik untuk mendapatkan mimpi yang damai dan membahagiakan adalah miring ke kanan.

2. Buatlah tempat tidurmu senyaman mungkin

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/Daria Shevtsova

Ketika tubuh dan pikiranmu rileks, kesempatan untuk mendapatkan mimpi indah jauh lebih besar. Maka dari itu, kamu harus menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menyalakan lilin aromaterapi, reed diffuser, atau lainnya yang membuat ruangan jadi wangi;
  • Matikan atau redupkan lampu agar tidur tak terganggu;
  • Jauhkan HP, komputer, laptop, dan televisi yang cahayanya bisa mengganggu;
  • Buat ruangan jadi lebih sejuk dengan kipas angin atau AC.

Sisanya, kamu bisa sesuaikan sendiri dengan preferensimu. Silakan gunakan kaus kaki, selimut, atau apa pun yang bisa membuatmu jauh lebih nyaman dan rileks. 

3. Membuat diri lebih rileks sebelum tidur

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/Andrea Piacquadio

Bukan hanya lingkungan, kamu juga disarankan untuk membuat tubuhmu lebih rileks. Ada beberapa cara yang ampuh untuk mencapai kondisi tersebut. Berikut ini di antaranya:

  • Meditasi;
  • Menjauhkan pikiran-pikiran mengganggu dan menggantinya dengan pikiran yang positif;
  • Memijat tubuh sendiri;
  • Mandi dengan air hangat;
  • Berbaring sambil memejamkan mata.

4. Jangan tidur dalam kondisi lapar

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/Ivan Samkov

Kamu mungkin sudah tahu mengenai hal ini, tidur dalam kondisi lapar bukanlah ide yang bagus. Ini akan meningkatkan potensi untuk terbangun di tengah malam karena perut yang terus berontak minta diisi. Kualitas tidur dan mimpi kita pun akan terganggu. 

Lalu apa yang harus dilakukan? Mengutip Amerisleep, alih-alih mengonsumsi makanan berat, cobalah makan camilan yang bisa mengisi perut. Misalnya buah-buahan, roti, susu, dan lain sebagainya. Makanan ringan seperti itu cukup untuk mencegah perut berbunyi tapi tidak akan membuatmu kekenyangan.

Baca Juga: 7 Penyebab Kematian saat Tidur yang Bisa Dialami Siapapun

5. Konsumsilah makanan yang mengandung melatonin menjelang tidur

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/cottonbro

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung melatonin beberapa jam sebelum tidur. Melatonin adalah hormon yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kualitas tidur. Begitu pula dengan mimpi.

Berikut ini beberapa makanan yang disarankan:

  • Telur;
  • Susu;
  • Kacang-kacangan;
  • Buah ceri;
  • Jamur;
  • Sereal;
  • Ikan.

6. Jauhkan semua gadget

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/screen post

Sempat disinggung di poin-poin sebelumnya, kita disarankan untuk menjauhkan semua gadget saat akan tidur. Mulai dari smartphone, televisi, laptop, komputer, tablet, video game, dan lain sebagainya. Namun, apa alasannya?

Mengutip sebuah laporan tahun 2012 dalam Harvard Health Publishing, gadget memancarkan sinar biru yang bisa mengurangi tingkat melatonin hingga dua kali lipat. Hal ini berpotensi mengganggu jam biologis, sehingga kita sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. 

7. Wewangian bisa merangsang mimpi indah

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/mareefe

Tak bisa dimungkiri, aroma di sekeliling memang berpengaruh terhadap tubuh kita. Lebih lanjut, ternyata mencium wewangian tertentu bisa meningkatkan kesempatan untuk mimpi indah, lho

Melansir Amerisleep, hal ini bisa terjadi karena memori akan mengingat aroma yang membangkitkan mood kita. Jika kita menghirupnya menjelang waktu tidur, mood pun berubah jadi lebih baik, sehingga otak akan "menampilkan" mimpi yang indah. 

Lalu aroma apa sajakah yang dimaksud? Sebenarnya apa pun bisa, asalkan mampu membuat kita nyaman. Contohnya, aroma bunga, lavender, chamomile, laut yang segar, dan lain-lain. 

8. Buatlah jurnal khusus mimpi

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahpexels.com/polina kovaleva

Coba sediakan pulpen dan jurnal atau buku catatan di samping tempat tidurmu, deh. Ketika kamu bangun setiap harinya, catatlah mimpi apa yang kamu alami, perasaan, dan semua detail yang bisa diingat darinya. 

Apa tujuan dari jurnal mimpi ini? Melansir Healthline, dari kebiasaan ini, nantinya kamu bisa melihat sebuah pola. Umumnya, mimpi indah datang ketika kamu merasa bahagia. Sementara ketika kamu stres atau baru saja mengalami kejadian buruk di dunia nyata, mimpi pun tidak menyenangkan. Dengan mencatatnya, kamu bisa menghubungkan kehidupan nyata dan apa dampaknya terhadap alam bawah sadar.

9. Hindari hal-hal yang bisa memicu mimpi buruk

9 Cara Mendapatkan Mimpi Indah di Malam Hari, Terbukti secara Ilmiahfreepik.com/cookie_studio

Terakhir, penting pula untuk menghindari hal-hal yang mampu memicu mimpi buruk. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menonton film horor, thriller, dan lainnya. Begitu pula dengan membaca novel, komik, atau main game bergenre sama;
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, narkoba, dan lainnya;
  • Makan makanan berat di malam hari;
  • Minum alkohol.

Jadi, seperti itulah cara-cara yang bisa meningkatkan kesempatan untuk bermimpi indah. Yuk, terapkan mulai sekarang. Semoga nanti malam mimpimu menyenangkan, ya!

Baca Juga: 7 Risiko dari Tidur Bersama Kucing, Apa Dampaknya untuk Kesehatan?

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya