Comscore Tracker

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!

Hiii, makanya jangan malas!

Bagi sebagian orang, mencuci rambut adalah pekerjaan yang merepotkan, apalagi jika berambut panjang. Harus menggunakan sampo, kondisioner, dan mengeringkannya. Belum lagi harus mencatok dan segala proses lainnya. 

Namun kamu pasti tidak tahan jika melewatkan beberapa hari tanpa melakukan semua proses tersebut, iya kan? Lalu apa jadinya ya jika kita berhenti melakukan rutinitas tersebut? Berikut ini penjelasannya!

1. Masalah rambut kering tidak lagi terjadi

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!top10homeremedies.com

Jika kini kamu terbiasa mencuci rambut dengan rutin, kamu pasti merasa bahwa ada beberapa bagian rambut yang kering atau bahkan bercabang. Memang benar bahwa terkadang bahan kimia yang terkandung di dalam sampo adalah penyebab masalah tersebut.

Ketika kamu berhenti mencuci rambut, sebum dari kulit kepala akan keluar dan membuat rambut terasa lembap. Bisa dibilang ini adalah satu keuntungan yang akan kamu rasakan ketika kamu tidak menggunakan sampo.

2. Rambutmu akan terlihat mengilap

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!phillipadam.com

Keramas memang membersihkan rambut dan kulit kepalamu. Akan tetapi proses ini juga bisa menghilangkan kelembapan alami rambut. Itulah kenapa saat kita berhenti mencuci, rambut akan terlihat lebih mengilap daripada biasanya. Sebum dapat terdistribusi dengan rata. Akan tetapi jangan salah, ia juga bercampur dengan keringat lho!

3. Akan banyak sisa produk rambut yang tersisa

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!flatbellybible.com

Hanya karena berhenti mencuci rambut, bukan berarti kamu tidak menggunakan produk lain kan? Misalnya hair spray, gel, minyak rambut, dan lain-lain. Dilansir dari Prevention, sebenarnya keramas diperlukan juga untuk membersihkan sisa produk rambut yang tertinggal setiap harinya. 

Ketika kamu tidak mencucinya, wajar saja jika mereka menumpuk di antara helaian rambutmu. Bahan kimia yang terkandung di dalam produk akan menyebabkan kulit kepalamu terkena inflamasi. 

“Mereka akan terlihat dan terasa seperti jerawat, dapat membuat kita tidak nyaman,” kata Annie Chiu, ahli dermatologi California kepada Prevention.

Baca Juga: 7 Penyebab Rambut Rontok, Bukan Hanya Karena Bertambahnya Usia

4. Rambut jadi bau

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!everydaycheapskate.com

Tentu saja dampak ini akan kamu rasakan cepat atau lambat. Dilansir dari USA Today, semakin banyak sebum yang melapisi helaian rambut, semakin mudah pula bakteri menempel pada permukaannya. Dalam seminggu, kamu akan merasakan rambutmu bau tidak sedap. Bahkan bukan hanya kamu, orang di sekitarmu pun dapat menciumnya. 

5. Warna rambut akan lebih tahan lama

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!hellomagazine.com

Kamu mewarnai rambutmu? Jika iya, selamat! Tanpa mencuci rambut, warna tersebut tidak akan gampang pudar. Bahkan besar kemungkinan warna tersebut terlihat lebih bagus. Sebenarnya yang menjadi masalah dalam hal ini bukanlah sampo, melainkan air terutama yang suhunya panas.

“Warna rambut itu seperti baju, semakin sering kamu mencucinya maka semakin pudar warnanya,” ujar Will Francis, penata rambut dari New York kepada Prevention. 

6. Kulit rambutmu akan menjadi rumah dari debu dan kotoran

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!thelist.com

Tidak mengherankan ketika kita tidak keramas, rambut akan menjadi jauh lebih kotor daripada biasanya. Akan banyak debu dan kotoran yang menempel padanya. Kedua hal tersebut lama-kelamaan akan memicu plak di kulit kepala. Tidak hanya itu, dilansir dari Shape, kondisi rambut yang kotor akan menyebabkan gatal dan bahkan iritasi. Kepala pun akan terasa sakit saat sedang dikuncir.

7. Dampak paling fatal adalah rambutmu akan berhenti tumbuh

7 Dampak yang Akan Kamu Rasakan Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!cfbloggers.org

Tumpukan sisa produk rambut, debu, kotoran, dan sebum akan menyumbat pori-pori kulit kepala jika dibiarkan terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan kerontokan pada rambut. Dilansir dari USA Today, Lamb, seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa dalam kasus terparahnya, kotoran akan menghambat proses pertumbuhan. Bagaimana bisa? Tidak adanya ruang geraklah yang menyebabkannya.

Gimana, kamu tidak mau kan semua hal di atas terjadi padamu? Makanya jangan malas mencuci rambut ya!

Baca Juga: Hati-hati, Ini 7 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengikat Rambut

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya