Comscore Tracker

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!

Agar kulit mukamu tidak mudah jerawatan

Mencuci muka adalah salah satu langkah paling mudah dalam rangkaian rutinitas skin care. Tinggal membasahi wajah dengan air dan menggosoknya dengan sabun kan? Akan tetapi jangan salah, kesalahan dalam mencuci muka bisa membuatmu berjerawat dan break out.

Yang paling penting dari mencuci muka adalah bagaimana kamu melakukannya, bukan seberapa sering. Tidak sedikit orang yang membuat kesalahan ketika membersihkan wajah mereka. Ini karena debu dan partikel asing yang menempel di wajah biasanya tidak terlihat. Maka dari itu, simak do’s dan don’ts dalam mencuci muka berikut ini. 

1. Do: Cuci tanganmu terlebih dahulu

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!unitedconcordia.com

Kamu tidak pernah tahu partikel apa yang menempel di jari-jari tanganmu kan? Walaupun terlihat bersih, tangan adalah sarangnya kuman. Riset dari University of Colorado menunjukkan bahwa sebuah telapak tangan setidaknya ditempeli oleh 3.200 bakteri dengan 150 jenis yang berbeda.

Tidak mau kan mereka akhirnya menempel di wajahmu? Makanya cuci tangan dulu dengan sabun hingga bersih.

2. Don’t: Menggunakan sabun mandi

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!ritzcarltonshops.com

Sabun mandi memiliki keseimbangan pH yang tidak cocok untuk kulit wajah. Ingatlah bahwa jenis kulit badan dan muka memiliki sensitivitas yang berbeda.

Penggunaan sabun selain yang khusus untuk wajah akan menyebabkan bakteri dan jamur semakin berkembang. Oleh karena itu, gunakan sabun yang tepat ya.

3. Do: Hapus makeup terlebih dahulu sebelum mencuci muka

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!cloudfront.net

Banyak orang yang langsung mencuci wajahnya setelah dari luar rumah. Mereka menganggap bahwa sabun muka bisa sekalian menghapus makeup. Padahal langkah yang tepat adalah menggunakan micellar water atau cairan penghapus makeup terlebih dahulu. Double cleansing ini penting untuk membersihkan semua sisa kosmetik di wajah.

4. Don’t: Menggosok wajah terlalu keras

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!skincare.com

Kulit wajah lebih tipis daripada kulit bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai kamu menggosoknya terlalu keras. Dilansir dari The Fashion Spot, gosokan akan membuat kulit rentan mengalami iritasi dan memperparah kondisi jerawat. 

Baca Juga: Mau Kulit Putih Berseri? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini!

5. Do: Menggunakan air hangat

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!kinstacdn.com

Dikutip dari Health Line, pori-pori tidak seperti pintu, jadi air panas tidak membuka mereka. Air dingin pun tidak membuatnya tertutup. Namun kenyataannya, suhu ekstrem akan menimbulkan iritasi pada kulit. Maka yang terbaik adalah menggunakan air hangat.

6. Don’t: Mengeringkan dengan handuk mandi

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!wwmindia.com

Laman Self mengatakan bahwa handuk menyimpan berbagai jenis kuman seperti bakteri dan jamur. Apalagi jika dipakai berkali-kali. Tidak hanya itu, mengusap wajah dengan handuk juga akan menimbulkan iritasi karena lecet. Sebagai gantinya gunakan handuk lembut khusus wajah dan mencucinya dengan rutin.

7. Do: Cuci wajah dua kali sehari dan saat berkeringat

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!7beautytips.com

Mencuci muka memang langkah pembersihan yang penting. Namun jangan berlebihan ya! Cukup lakukan dua kali dalam sehari dan setelah melakukan aktivitas berat. American Academy of Dermatology (AAD) mengatakan bahwa terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik karena akan menghilangkan minyak alami kulit.

8. Don’t: Melewatkan penggunaan pelembap

Ini 8 Do’s dan Don’ts dalam Mencuci Muka, Ikuti Aturan Pentingnya ya!verywellhealth.com

Setelah dicuci, wajah akan terasa lebih kering daripada biasanya. Oleh karena itu, gunakan toner dan pelembap setelah membersihkan muka. Laman Self mengatakan bahwa keduanya penting untuk menetralkan pH kulit dan mengembalikan kelembapan kulit.

“Jika kamu melewatkan beberapa menit saja, sel di permukaan kulit akan dehidrasi dan lebih sulit untuk dilembapkan lagi,” kata Ellen Marmur, dokter dermatologi kepada Self.

Apakah kamu sudah membersihkan wajahmu dengan benar? Jika belum, segera perbaiki metodemu ya agar kondisi kulitmu jadi lebih baik. 

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengecilkan Pori-pori yang Besar di Wajah

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You