Comscore Tracker

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Ini

Perlu diwaspadai khususnya dalam beberapa hari ke depan

Pekan ini, Indonesia sedang dilanda suhu panas yang bisa mencapai 39 derajat celcius. Kondisi tersebut telah berlangsung selama kurang lebih sepuluh hari, tercatat dari 20 Oktober hingga saat ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa alasan utama dari terjadinya fenomena ini adalah posisi matahari. Adanya gerak semu Matahari menyebabkan bintang tersebut berada tepat di atas khatulistiwa. Alhasil, suhu pun meningkat dengan luar biasa.

Kondisi lingkungan yang panas dapat berakibat buruk bagi kesehatan, khususnya untuk masyarakat yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya adalah dehidrasi. Terdengar sepele, tetapi kondisi tersebut dapat mengancam keselamatan kita jika tidak ditangani dengan baik. 

Maka dari itu, sebagai penghuni daratan ekuator, ada baiknya untuk mengenali tanda-tanda dari dehidrasi. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Kulit terasa kering

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inidermcollective.com

Dehidrasi membuat kita kekurangan cairan yang salah satu fungsinya adalah melembapkan kulit kita. Oleh karena itu ketika air di dalam tubuh minim, kulit pun menjadi kering, kencang, kasar, atau bahkan bersisik. 

Untuk mengetahuinya dengan lebih mudah, coba cubit tanganmu. Jika, area cubitan membutuhkan waktu lama untuk kembali seperti semula, berarti kamu sedang dehidrasi.

2. Napas bau tak sedap

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inimolonglodental.com.au

Tanda kedua dari dehidrasi adalah napas mendadak bau tak sedap padahal kita tidak mengonsumsi makanan yang memicu aroma tersebut. Kenapa hal ini dapat terjadi?

Ketika tubuh kekurangan cairan, saliva pun berkurang. Akibatnya, akan ada lebih banyak bakteri yang menghuni mulut kita. Merekalah penyebab bau tak sedap itu.

3. Rasa sakit pada otot

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Iniblackbearhemp.com

Riset dari Cambridge University pada tahun 2018 menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan otot terasa sakit dan kelelahan. Bagaimana bisa?

Saat kekurangan cairan, tubuh tak bisa mendinginkan dirinya dengan berkeringat. Akhirnya panas pun mengendap pada otot. Selain itu, minimnya mineral seperti sodium dan potasium juga bisa mengakibatkan kram otot.

4. Menurunnya tekanan darah

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inimedicalnewstoday.com

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita mengandung banyak air. Darah adalah salah satu bagian tubuh yang tersusun olehnya. Dilansir dari Hematology.org, setidaknya 55 persen kandungan darah adalah air.

Maka dari itu, saat kadar cairan menurun, tekanan darah kita pun akan menurun pula. Kondisi ini akan menyebabkan kita rentan sakit kepala, kelelahan, dan pingsan.

5. Meningkatnya rasa lapar dan haus

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inihealthline.com

Tentunya, ketika cairan tubuh menipis, hal pertama yang kita rasakan adalah haus. Namun bagaimana dengan lapar? 

“Ketika dehidrasi, organ tubuh seperti hati sulit untuk mengeluarkan glikogen (glukosa yang tersimpan) dan komponen lain dari energi karena proses itu membutuhkan air. Itulah kenapa kamu akan merasa sangat lapar,” kata John Higgins, profesor obat-obatan di University of Texas kepada Everyday Health.

Baca Juga: 5 Penyebab Dehidrasi, Bisa Jadi Karena Kamu Sedang Stres Lho!

6. Sakit kepala

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inird.com

Semua jenis dehidrasi, mulai dari yang ringan hingga parah dapat membuat kepala terasa sakit. Kondisi ini berasal dari tekanan darah yang kian menurun saat tubuh kekurangan cairan.

Cara untuk meredakannya sangat mudah, yaitu dengan minum banyak air. Niscaya, beberapa menit atau jam setelahnya, kondisi kita akan membaik. 

7. Demam dan keringat dingin

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inicarehubs.net

Gejala berikutnya yang menandakan dehidrasi parah adalah tubuh meriang, demam, dan keluar keringat dingin. Dilansir dari Everyday Health, gejala ini akan memperburuk kondisi pasien.

Semakin tinggi suhu tubuh, semakin parah pula dehidrasi kita. Jika sudah mencapai tahap ini, pasien harus segera dilarikan ke rumah sakit. 

8. Fungsi otak menurun

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Iniwritingandwellness.com

Tahukah kamu bahwa 70 persen dari otak kita tersusun oleh air? Inilah alasan kenapa dehidrasi dapat menurunkan kinerja organ tersebut. Riset dari The Nutrition Society tahun 2011 menunjukkan bahwa orang yang kekurangan cairan akan sulit berkonsentrasi, menurun kewaspadaannya, dan sulit untuk melihat dengan jelas. 

9. Warna urine berubah menjadi gelap

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inishopify.com

Cara yang mudah untuk mengidentifikasi gejala dehidrasi adalah dengan memerhatikan warna urine kita. Semakin gelap dan kental cairan tersebut, semakin parah pula dehidrasi yang sedang dialami. Tak hanya itu, kekurangan air juga membuat kita jarang buang air kecil.

10. Memengaruhi mood kita

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Inimindful.org

Dilansir dari Health Line, studi mengatakan bahwa dehidrasi dapat membuat kita merasa gelisah, tegang, atau bahkan depresi. Jika sudah memasuki tahap ini, artinya tubuh kita sudah kekurangan banyak cairan sampai-sampai otak sulit mengatur hormon pengontrol mood kita. 

11. Gejala pada bayi dan anak-anak

11 Gejala Dehidrasi yang Harus Dikenali, Terutama di Cuaca Panas Initimeincuk.net

Sebesar 80 persen tubuh bayi dan anak-anak tersusun dari air. Itulah kenapa mereka lebih rentan terhadap dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Ada beberapa gejala yang sering kali muncul, di antaranya:

  • Tidak buang air kecil selama tiga jam atau lebih;
  • Demam tinggi;
  • Mulut kering;
  • Pola tidur yang tidak teratur, bisa terlalu lama atau sebentar;
  • Menangis tanpa air mata;
  • Terus merengek.

Jika dehidrasi tidak segera ditangani dengan tepat, kita akan kehilangan kesadaran dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga cairan tubuh tetap seimbang.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari membiasakan minum air putih setiap jam, memperbanyak konsumsi buah-buahan, serta makan makanan berkuah. Yang tak kalah penting, selalu waspada akan gejala di atas, ya!

Baca Juga: Cuaca Panas Banget? Ketahui Gejala Heatstroke dan Cara Menanganinya

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya