Comscore Tracker

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! 

Ada zat berbahaya yang baru bisa hilang setelah dimasak

Banyak orang yang merekomendasikan diet makanan mentah untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Misalnya dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, hingga ikan. Akan tetapi tidak berarti semua makanan bisa kamu konsumsi tanpa dimasak.

Kamu pasti sudah tahu untuk tidak memakan daging dan telur mentah. Ternyata masih ada banyak makanan yang harus kamu masak sebelum memakannya dan sebagian akan membuatmu terkejut. Simak daftarnya berikut ini.

1. Kentang

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! rd.com

Makanan pengganti nasi ini tidak boleh dikonsumsi secara mentah. Sebab ia mengandung zat berbahaya bernama solanine yang bisa menyebabkan banyak masalah. Mulai dari sakit perut, sakit kepala, dan paralisis atau lumpuh saraf. 

Zat tersebut banyak dikandung oleh kentang yang masih hijau atau yang sudah bertunas. Bahkan saat sudah dimasak pun, solanine kemungkinan masih tetap ada di dalamnya. Kamu harus memasak kentang, minimal dengan cara direbus atau dipanggang.

2. Sosis

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! convivium.it

Walaupun sosis termasuk makanan yang sudah diproses, tetapi ia tidak boleh dimakan mentah-mentah. Banyak orang yang salah tentang hal ini.

Menurut Food and Drugs Association (FDA), dalam kemasannya, sosis bisa terkontaminasi oleh bakteri Listeria. Kamu hanya bisa membunuhnya saat dipanaskan. 

3. Susu

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! dairyfarmersofcanada.ca

Ya benar, susu mentah. Yang dimaksud adalah kita tidak boleh meminum susu yang baru saja diperah. Tubuh kita berbeda dari anak sapi yang tidak akan keracunan mengonsumsinya.

Susu yang belum diproses mengandung banyak bakteri jahat seperti Salmonella dan E.Coli. Itulah kenapa setelah diperah, susu harus melalui proses pemasakan dan pasteurisasi agar aman diminum.

4. Taoge

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! nutritionrefined.com

Taoge adalah sayuran yang kaya akan vitamin E. Namun jangan coba-coba memakannya tanpa dimasak.

Taoge mengandung tiga bakteri jahat sekaligus, yaitu E.Coli, Salmonella, dan Listeria yang dapat menyebabkan keracunan. Kondisi lingkungan yang hangat dan lembap adalah penyebab berkembangnya bakteri tersebut.

Baca Juga: Boleh Gak Sih Minum Susu Sapi Mentah? Ini 7 Penjelasannya Menurut Ahli

5. Tepung

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! thespruceeats.com

Kita tidak boleh memakan adonan kue yang belum dipanggang karena ia mengandung telur mentah. Sebenarnya bukan hanya itu saja. Adonan tersebut juga terbuat dari tepung yang membawa permasalahan yang sama. Dalam beberapa tahun terakhir, FDA dan Centers for Disease Control and Prevention memasukkan tepung ke dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan mentah.

Apa penyebabnya? Ini karena selama proses pembuatannya, tepung sangat mungkin bercampur dengan bakteri dan partikel asing yang hanya bisa hilang saat diproses dengan suhu yang panas.

6. Terong

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! nyt.com

Seperti kentang, terong mentah kaya akan solanine. Zat berbahaya tersebut banyak terkandung terutama di terong yang masih muda.

Jika memakannya tanpa dimasak, kamu akan mengalami efek gastrointestinal yang menyerang sistem pencernaan. Selain itu, ia juga bisa memicu reaksi alergi.

7. Jamur

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! drfuhrman.com

Dilansir dari Healthline, jamur banyak mengandung antioksidan, vitamin B, potasium, dan kalium yang baik untuk tubuh. Namun semua itu akan kamu dapatkan jika mengonsumsi jamur yang telah dimasak.

Nutrisi tersebut baru bisa dilepaskan setelah diberi suhu yang panas. Selain itu, jamur tidak boleh dikonsumsi secara mentah karena mengandung efek karsinogenik yang menyebabkan kanker.

8. Singkong

8 Jenis Makanan yang Tidak Bisa Dimakan Mentah, Jangan Coba-coba! thepioneerwoman.com

Singkong enaknya kalau digoreng dan direbus kan? Apa pun itu, jangan sampai kamu memakannya tanpa dimasak.

Singkong mentah mengandung banyak hidrogen sianida yang berbahaya untuk tubuhmu. Zat tersebut mencegah sel tubuh menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi. Efeknya, tubuh akan kehilangan kesadaran atau bahkan menyebabkan kematian.

Kamu pernah mengonsumsi makanan di atas tanpa dimasak? Jangan diulangi lagi ya!

Baca Juga: 5 Bahaya Mengkonsumsi Beras Mentah yang Harus Kamu Ketahui

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You