Comscore Tracker

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kanker

Spirulina tergolong superfood yang punya banyak khasiat

Pernahkah kamu mendengar istilah spirulina sebelumnya? Ia adalah salah satu jenis alga dengan pigmen hijau kebiruan. Mereka biasanya tumbuh di laut tropis dan subtropis dengan kadar garam yang tinggi. 

Sekilas, penampakannya yang hijau terlihat tidak menarik. Namun jangan salah, spirulina dinobatkan menjadi salah satu superfood, yaitu makanan yang kaya akan nutrisi dan khasiat. Banyak orang yang telah membuktikan hal tersebut sehingga spirulina pun semakin banyak dikonsumsi. 

Apa sajakah khasiat alga hijau-biru tersebut untuk kesehatan? Simak berikut ini, dijamin kamu akan tertarik untuk mencobanya!

1. Spirulina kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerthemodelhealthshow.com

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang dimiliki oleh spirulina. Dilansir dari US Department of Agriculture, berikut ini di antaranya:

  • Protein;
  • Kalsium;
  • Potasium;
  • Fosfor;
  • Magnesium;
  • Zat besi;
  • Vitamin B1, B2, dan B3;
  • Vitamin C;
  • Vitamin A;
  • Vitamin K, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kaya akan zat yang dibutuhkan tubuh, spirulina juga sangat rendah akan lemak jahat yang menyebabkan kolesterol. 

2. Cocok untuk dikonsumsi saat diet

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerindiatimes.com

Spirulina sangat cocok untuk dikonsumsi saat kita sedang diet. Kenapa? Pertama, alga tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kita tidak perlu khawatir sakit jika diet dibarengi dengan asupan spirulina. Selain mengandung banyak nutrisi, ia juga rendah akan lemak dan kalori. 

Studi dari University of Medical Sciences Polandia tahun 2016 menemukan bahwa spirulina adalah makanan yang sangat baik untuk mengontrol berat badan. Dalam studi tersebut, orang-orang obesitas diminta mengonsumsinya selama tiga bulan. Di akhir penelitian, mereka mengaku bahwa ada penurunan berat badan yang signifikan.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankernetdna-ssl.com

Kolesterol jahat atau yang dikenal juga sebagai LDL adalah zat yang berbahaya untuk jantung kita. Semakin tinggi kadarnya di dalam darah, semakin tinggi pula risiko terjadinya penyumbatan.

Untuk kamu yang tak ingin hal itu terjadi, konsumsilah spirulina secara teratur. Studi di tahun 2016 yang diterbitkan oleh PubMed Central menemukan bahwa makanan tersebut bisa membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Zat itulah yang nantinya memerangi LDL dalam tubuh kita. 

4. Menurunkan tekanan darah

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerwikimedia.org

Tekanan darah memegang peran yang penting dalam tubuh kita. Jika angkanya terlalu tinggi, akan ada sejumlah penyakit yang rentan menyerang. Misalnya, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi spirulina secara teratur. Dilansir dari Healthline, dosis per hari yang disarankan adalah 4,5 gram. Dalam beberapa minggu, tekanan darah akan kembali normal. Ini terjadi karena spirulina memicu produksi nitrat oksida dalam tubuh. Zat itulah yang berfungsi untuk merilekskan pembuluh darah.

5. Mengurangi risiko diabetes

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerpharmamedica.rs

Alga yang dikenal juga dengan sebutan Cyanobacteria tersebut ternyata juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes. Dilansir dari Vegan Universal, spirulina mengandung asam amino histidine yang mampu mengurangi kadar gula darah. Ini berarti, makanan tersebut juga memiliki kemampuan untuk menghindarkan diri kita dari obesitas.

Baca Juga: 11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakit

6. Memperkuat sistem imun

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerthelocal.se

Di pergantian musim seperti saat ini, tubuh kita akan rentan terserang penyakit. Untuk terhindar darinya, kita memerlukan sistem imun yang kuat. Lagi-lagi, kamu bisa mendapatkan khasiat tersebut dari spirulina. 

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya bisa menutrisi sel darah putih sehingga mereka mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, kandungan zat besi dalam spirulina juga bisa membantu pertambahan dan kematangan sel imun kita.

7. Mengurangi gejala alergi rhinitis

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankercloudinary.com

Studi dari ISRN Allergy pada tahun 2013 mengatakan bahwa spirulina dapat mengurangi inflamasi yang timbul sebagai dampak dari alergi rhinitis. Untuk kamu yang belum tahu, ini adalah jenis alergi yang menyerang hidung dan sekitarnya. 

Gejala yang timbul meliputi bersin, hidung berair, tersumbat, dan mata menjadi tidak nyaman. Spirulina dapat meredakan gejala tersebut dengan cara mengurangi tingkat histamin di dalam tubuh. Jadi, kamu bisa mengganti obat antihistamin yang biasa kamu minum dengan spirulina.

8. Mampu menghambat pertumbuhan kanker

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankercloudfront.net

Kemampuan menakjubkan lain dari spirulina ia bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Penelitian dari Medical College Campus India tahun 1995 sempat membuktikan khasiat tersebut. 

Terdapat 87 pasien kanker mulut yang terlibat di dalamnya. Tercatat bahwa 45 persen subjek mengaku lesi prakanker (bibit kanker) yang ada di mulutnya menghilang setelah mengonsumsi satu gram spirulina secara rutin. Proses tersebut memakan waktu setahun. 

Namun nampaknya sel kanker tidak sepenuhnya mati. Spirulina hanya menghambat pertumbuhannya. Khasiat tersebut akan menghilang ketika pasien berhenti mengonsumsi alga tersebut. 

9. Manfaat kesehatan lain yang dimiliki spirulina

Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kankerspirugrow.com

Selain yang telah disebutkan di atas, spirulina ternyata masih menyimpan khasiat lain. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan energi dan stamina;
  • Meningkatkan fungsi otak;
  • Menjaga kesehatan tulang, gigi, kuku, kulit, dan rambut;
  • Mengurangi gejala anemia;
  • Menurunkan kadar trigliserida;
  • Mengobati keracunan, dan lain-lain.

Hingga saat ini, tidak ada efek samping yang berarti dari spirulina. Food and Drug Administration (FDA) juga menjamin keamanannya. Jadi tak perlu ragu untuk mengonsumsinya setiap hari. Spirulina biasanya diminum berupa bubuk, tablet, atau bisa pula dicampurkan ke dalam minuman. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You