Comscore Tracker

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haid

Bisa dicoba, nih!

Kram saat haid adalah hal yang sangat tidak mengenakkan untuk perempuan. Jangankan berjalan jauh, saat duduk pun perut terasa sakit. Untungnya terdapat berbagai cara untuk meredakannya. Mulai dari dengan berolahraga, mengompres perut, hingga berendam dengan air hangat.

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidgiphy.com

Selain cara yang telah disebutkan, kamu juga bisa coba menggunakan minyak-minyak yang terbuat dari bahan alami. Terdapat berbagai pilihan yang mampu meredakan rasa sakit karena haid. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Minyak kayu putih

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidbustle.com

Jenis minyak pertama yang bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri haid adalah minyak kayu putih. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak yang satu ini, kan? Kamu bisa menggunakannya saat sedang merasakan kram karena haid.

Dilansir dari Healing Touch Spa, tumbuhan eukaliptus atau kayu putih memiliki sifat antibakteri, jamur, dan virus yang bisa mengurangi rasa sakit pada perut. Bukan hanya itu, minyak kayu putih juga bisa mengatasi masalah haid lain seperti sakit kepala.

2. Minyak lavender

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidorganicfacts.net

Minyak berikutnya yang bisa kamu coba adalah minyak dari bunga lavender. Biasanya orang menggunakan minyak ini sebagai aromaterapi. Namun ternyata ia juga punya khasiat untuk meredakan kram karena haid.

“Lavender dapat memengaruhi prostalglandin yang bisa meredakan rasa sakit dan kontraksi pada rahim perempuan,” kata founder Whole Health Wellness Center, Jennifer Stagg kepada The Healthy.

3. Minyak chamomile

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidfashionlady.in

Minyak chamomile biasa digunakan sebagai aromaterapi dan obat untuk membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, ternyata minyak tersebut juga ampuh untuk mengusir kram perut yang disebabkan oleh haid. 

Ada beberapa cara untuk menggunakannya. Pertama, kamu dapat menghirup aromanya melalui hidung. Kamu juga bisa mengoleskannya ke perut. Sedangkan cara terakhir adalah dengan meneteskan minyak ke air hangat untuk mandi atau merendam kaki. 

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Ampuh, Dicoba Yuk!

4. Minyak serai

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidmedicalnewstoday.com

Minyak serai memiliki manfaat yang sangat beragam. Pada umumnya, orang menggunakan minyak tersebut sebagai pengusir nyamuk. Aromanya yang cukup menyengat bisa membuat nyamuk enggan untuk mendekat. 

Selain itu, minyak serai ternyata juga memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid. Dilansir dari Lifehack, kandungan di dalamnya mampu membuat otot lebih rileks. Oleh karena itu, oleskan minyak di sekitar perut bagian bawah sehingga rasa sakit pun segera reda.

5. Minyak kayu manis

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidatsirich.com

Kayu manis atau cinnamon banyak digunakan sebagai bahan masakan atau untuk membuat kue. Namun rempah tersebut juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah meredakan nyeri haid. 

Dilansir dari Healthline, kayu manis dalam bentuk essential oil memiliki kandungan antiinflamasi. Jadi ia dapat digunakan untuk mengatasi kram saat menstruasi. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup oleskan minyak tersebut di perut sambil berikan pijatan-pijatan halus.

6. Minyak akar lawang

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidline-scdn.net

Minyak yang satu ini berasal dari Ambon dan Papua. Masyarakat biasa menggunakannya untuk mengobati masalah persendian, pegal linu, rematik, dan lain-lain.

Selain itu, minyak akar lawang juga bisa digunakan untuk meredakan sakit perut karena haid. Namun kamu harus berhati-hati saat mengoleskannya, ya. Jangan sampai terlalu banyak karena minyak akar lawang lebih kuat dan panas daripada minyak lainnya. 

7. Minyak kelapa

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haiddarshnaturals.com

Minyak kelapa memiliki khasiat antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu ia bisa dimanfaatkan untuk mengobati kram haid. Jika minyak lain dipakai dengan cara dioleskan ke perut, khasiat minyak kelapa akan lebih terasa saat kamu meminumnya. 

Cukup campurkan minyak kelapa ke dalam teh hangat atau minumlah secara langsung. Setelah rutin mengonsumsinya, kamu tidak lagi mengalami haid yang menyakitkan. Metode ini juga sudah dibuktikan dengan penelitian, lho!

Bikin Rileks dan Nyaman, 7 Minyak Ini Bisa Redakan Nyeri Saat Haidgiphy.com

Itulah sejumlah minyak yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan nyeri haid. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahak

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya