Comscore Tracker

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!

Sebagiannya termasuk penyakit mematikan

Hewan bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Ini karena mereka hidup dengan bebas sehingga dapat membawa bakteri, virus, dan kuman. Penyakit tersebut disebut dengan zoonosis.

Pada umumnya zoonosis disebabkan oleh bakteri atau virus yang menjadi parasit di tubuh hewan. Lalu ketika manusia mengalami kontak dengan hewan tersebut, terjadilah penularan. Berikut ini 10 contohnya!

1. Antraks atau penyakit sapi gila

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!mirror.co.uk

Antraks disebabkan oleh kontak dengan binatang, wol, daging, atau kulit binatang yang terinfeksi bakteri Bacillus anthracis. Ada empat jenis antraks yaitu antraks kulit, saluran pencernaan, paru-paru, dan meningitis.

2. Hepatitis E

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!terminix.com

Infeksi hati akut ini disebabkan oleh konsumsi daging yang kurang matang. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh babi, tikus, atau rusa. Selain konsumsi daging yang kurang matang, Hepatitis E juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi virus HEV.

3. Trypanosomiasis

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!id-hub.com

Trypanosomiasis adalah penyakit kurang tidur yang berasal dari gigitan lalat tse tse. Penyakit ini juga bisa menular melalui hewan ternak yang terinfeksi.

4. Q fever

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!medicalnewstoday.com

Q Fever atau demam Q ditularkan melalui bakteri pada hewan peliharaan dan hewan ternak. Bakteri tersebut adalah Coxiealla burnetti. Orang yang terinfeksi akan terserang demam tinggi.

5. Toksoplasmosis

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!cloudinary.com

Toxoplasma gondii adalah protozoa yang menginfeksi kucing dan hewan berdarah panas lainnya. Manusia dapat tertular melalui kotoran kucing, makan daging yang kurang matang, dan sayuran yang tidak dicuci. Penyakit ini dapat menimbulkan kerusakan pada mata, otak, otot, dan organ lainnya.

Baca Juga: Gejala Penyakit Herpes, Ini 8 di Antaranya yang Perlu Kamu Waspadai

6. Infeksi cacing pita

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!gannett-cdn.com

Infeksi ini disebabkan oleh kebiasaan makan daging mentah atau kurang matang. Biasanya cacing pita dapat dijumpai di daging babi dan sapi.

7. Brucellosis

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!infagro.com.ua

Brucellosis adalah infeksi bakteri Brucella yang biasanya ada pada hewan ternak. Manusia bisa tertular saat mengonsumsi produk hewani yang mentah seperti daging, susu, dan keju dari hewan yang terinfeksi bakteri tersebut. Brucellosis menyerang sendi, tulang belakang, dan otot.

8. Rabies atau penyakit anjing gila

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!allergytodogs.net

Rabies ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies. Pada umumnya, hewan tersebut adalah anjing, rakun, kelelawar, dan rubah. Virus rabies akan menyerang sistem saraf pusat dan bisa menyebabkan kematian.

9. Leptospirosis

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!media.npr.org

Penyakit yang menyerang hati ini ditularkan oleh hewan yang terkena kontak bakteri Leptospira interrogans. Biasanya bakteri tersebut tersebar melalui urine dan darah anjing, tikus, dan hewan ternak seperti sapi atau babi. Leptospirosis banyak menyebar setelah banjir.

10. Psittacosis (parrot fever)

10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia, Lebih Waspada ya!staticflickr.com

Penyakit gangguan pernapasan ini disebabkan oleh bakteri yang ditemukan pada kotoran burung, seperti betet, beo, atau parkit. Untungnya psittacosis tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Untuk kamu yang punya hewan peliharaan, sering-seringlah memeriksakannya ke dokter hewan. Ini untuk mengantisipasi agar mereka tidak terinfeksi bakteri atau virus di atas.

Baca Juga: 8 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Menjangkit Hingga ke Singapura

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You