Comscore Tracker

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalani

Mungkinkah ini yang terjadi padamu?

Sudah mengikuti segala macam tips workout, makan salad, minum jus detoks, dan lain-lain tapi kenapa berat gak kunjung turun ya? Masalah tersebut tidak hanya terjadi padamu saja kok, banyak orang yang juga menghadapinya.

Sebagian besar orang setuju bahwa cara terbaik menurunkan berat badan adalah membakar kalori lebih banyak daripada yang kita konsumsi. Terdengar simpel memang. Namun banyak orang yang tidak berhasil dan akhirnya menyerah begitu saja.

Namun menurunkan berat badan ternyata bukan masalah berolahraga dan mengatur pola makan saja. Ada sejumlah faktor lain yang harus kamu perhatikan. Bisa jadi ini penyebab kenapa berat badanmu tidak kunjung turun. Faktor apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ini!

1. Kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalaniindependent.co.uk

Dilansir dari Ranker, riset menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari 30 persen lebih berisiko bertambah berat badan. Pasalnya kurang tidur bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi, sehingga kamu merasa bahwa makan bisa mengembalikan kekuatanmu.

2. Tubuh kekurangan air

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanipickthebrain.com

Tubuh membutuhkan setidaknya delapan gelas air dalam sehari. Namun banyak dari kita yang belum tahu alasannya. Mencukupi kebutuhan air tidak hanya mencegahmu dari dehidrasi, tetapi juga mencegah terlalu banyak makan.

3. Kamu melewatkan waktu makan

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanilifealth.com

Salah satu kesalahan terbesar ketika diet adalah melewatkan waktu makan, terutama sarapan. Tubuh memerlukan kalori untuk berfungsi secara baik. Ketika kamu membuat dirimu kelaparan, metabolisme akan terganggu. Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah tetap sarapan dan makan siang seperti biasa, tanpa makan malam.

4. Terlalu banyak makan makanan sehat

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanitaste.com.au

Sebagian orang percaya bahwa makan cemilan itu tidak apa-apa asalkan yang dimakan adalah buah-buahan. Namun kamu harus ingat bahwa makanan sehat pun memiliki porsi yang harus dikonsumsi secara cukup.

Baca Juga: 7 Manfaat Talas Selain untuk Diet, Juga Bisa Menyehatkan Kulit, Loh!

5. Terlalu banyak menggunakan topping pada salad

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanistyleblueprint.com

Salad adalah salah satu diet starter pack. Rasanya tidak afdol jika diet tanpa makan salad. Niatmu memang baik, yaitu memperbanyak konsumsi sayuran. Namun jangan terlalu fokus pada topping dan dressing salad karena mereka mengandung kalori yang bisa merusak diet.

6. Cara workout yang kurang tepat

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanipopsugar-assets.com

Berlari, jogging, dan olahraga kardio penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit. Namun jika tujuan utamamu adalah untuk menurunkan berat badan, maka olahraga terbaik adalah melatih kekuatan seperti gym, squats, dan lain-lain.

7. Makan saat perut kosong

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanidietdoctor.com

Ada perbedaan ketika kamu makan karena bosan dan menunggu hingga kelaparan. Sebaiknya ketika diet, jangan biarkan perutmu kosong karena besar kemungkinan untuk makan terlalu banyak. Untuk mencegahnya, di sela waktu makan sebaiknya kamu perbanyak minum air dan konsumsi buah secukupnya.

8. Tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalaniakamaized.net

Untuk berfungsi secara optimal, tubuh memerlukan keseimbangan nutrisi. Kebanyakan orang melupakan hal ini ketika diet. Kamu tetap memerlukan asupan protein, serat, kalsium, dan bahkan lemak. Oleh karena itu, jangan mengabaikan salah satunya ya.

9. Kamu terlalu stres

9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalanihojayganaa.com

Ketika bertekad untuk menurunkan berat badan, biasanya orang akan berusaha untuk disiplin dan fokus hingga tujuan tersebut tercapai. Namun terus memikirkan hal ini bisa membuatmu stres. Ini bisa mencegah berat badanmu turun, lho.

Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang memengaruhi produksi sel lemak. Riset menunjukkan bahwa terlalu banyak kortisol bisa mengakibatkan produksi lemak yang berlebihan.

Tujuan utama dari diet adalah untuk membiasakan hidup sehat. Oleh karena itu jangan menganggapnya sebagai beban. Nikmati saja prosesnya. Ketika kamu sudah terbiasa, kamu akan merasakan perubahan baik di tubuhmu, termasuk turunnya berat badan.

Baca Juga: 5 Buah Manis yang Baik Dikonsumsi Untuk Diet

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You