Comscore Tracker

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannya

Bisa dipraktikkan seiring dengan menjalani pengobatan

Kanker payudara menempati peringkat pertama untuk jenis kanker yang banyak diderita wanita Indonesia. Merujuk data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) per Januari 2019, 42,1 dari 100.000 penduduk mengalami penyakit ini. Tingkat kematiannya pun tidak sedikit, yaitu 17 per 100.000 penduduk.

Kanker ini terjadi karena terdapat sel tidak normal di area payudara. Dilansir dari Medical News Today, terdapat beberapa faktor penyebab penyakit ini. Di antaranya adalah usia, genetik, riwayat penyakit, dan jenis kelamin. Hal-hal yang tidak bisa dikontrol.

Namun jika seorang wanita sudah terbukti mengidap kanker ini, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sel kanker bertambah ganas. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan atau diet. Berikut ini anjuran dan pantangan diet bagi penderita kanker payudara.

1. Kedelai dan olahannya

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyachinadaily.com.cn

Kedelai adalah sumber makanan yang bisa mengurangi risiko berkembangnya kanker payudara. Kamu bisa menjumpainya pada susu kedelai, tahu, tempe, dan lain-lain. Produk nabati tersebut kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan rendah karbohidrat. 

Namun yang paling penting, kedelai mengandung antioksidan yang dikenal sebagai isoflavon. Dilansir dari Medical News Today, penelitian di 2017 menunjukkan bahwa isoflavon erat kaitannya dengan penurunan angka kematian karena semua jenis penyakit. 

2. Buah dan sayuran

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyadietdoctor.com

Dilansir dari NCBI, studi di tahun 2013 menunjukkan bahwa wanita yang lebih banyak mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan memiliki risiko kanker 15 persen lebih rendah. Oleh karena itu penting bagi penderita kanker payudara untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. 

Ada banyak nutrisi yang bisa kamu dapatkan dari keduanya. Yang paling penting untuk mencegah perkembangan sel kanker adalah flavonoid dan karotenoid. Kamu bisa mendapatkan zat tersebut pada wortel, sayuran hijau, beri-berian, persik, dan brokoli.

3. Lemak baik

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyacloudfront.net

Makanan berlemak bisa menyebabkan obesitas yang erat kaitannya dengan kanker, termasuk kanker payudara. Namun tubuh penderita penyakit tersebut juga membutuhkan asupan lemak agar bisa bekerja dengan baik. Bukan lemak jenuh seperti yang terkandung dalam gorengan, melainkan lemak baik. Jenis makanan yang banyak mengandung zat tersebut adalah minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan.

4. Salmon

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyanyt.com

Salmon memang ikan andalan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena ikan air dingin tersebut mengandung lemak tak jenuh (polyunsaturated fat) yang bernama omega 3. Zat tersebut sangat baik untuk menurunkan tingkat perkembangan sel kanker payudara. 

Sekelompok ilmuwan dari University of Kansas Medical Center meneliti hal ini di tahun 2015. Mereka meminta 3.000 wanita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, termasuk salmon. Hasil menunjukkan bahwa mereka berhasil mengurangi risiko kanker payudara sebesar 25 persen hingga tujuh tahun ke depannya.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Kanker Ganas Ini Jadi Penyebab Umum Kematian pada Pria

5. Biji-bijian

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyaheartfoundation.org.nz

Wanita yang menderita kanker payudara atau memiliki riwayat penyakit tersebut dianjurkan untuk mengonsumsi biji-bijian. Makanan tersebut di antaranya adalah gandum hitam, gandum, jagung, bulgur, dan beras. Dilansir dari Web MD, mereka mengandung phytochemical yang bisa menurunkan risiko kanker sekaligus mencegah sel kanker untuk kembali menyerang.

6. Makanan yang banyak mengandung serat

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyamomjunction.com

Para ahli mengatakan bahwa kelebihan estrogen bisa menjadi salah satu faktor perkembangan dan penyebaran sel kanker payudara. Hormon tersebut bisa ditekan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

Ini karena serat memperlancar proses ekskresi, termasuk pembuangan estrogen berlebih. Kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan terutama pisang, jeruk, apel, mangga dan stroberi. Serat juga banyak dijumpai pada kacang-kacangan dan polong.

7. Makanan lain yang dianjurkan

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyamedicalnewstoday.com

Selain yang telah disebutkan, masih ada lagi makanan yang bisa ditambahkan ke dalam menu untuk penderita kanker payudara. Di antaranya adalah makanan yang banyak mengandung vitamin D, teh hijau, kunyit, bayam, minyak ikan, dan terong. 

8. Batasi konsumsi gula

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyastrangehistory.net

Gula memang sudah lama didapuk sebagai makanan yang bisa memicu sel kanker. Sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung antara keduanya. Sesendok gula tidak akan membuat sel kanker tumbuh lebih cepat. Akan tetapi jika kadar gula di dalam tubuh terus meningkat, kita akan terkena obesitas, diabetes yang memungkinkan kanker makin berkembang.

9. Pantangan untuk penderita kanker payudara

9 Tips Diet untuk Penderita Kanker Payudara, Anjuran dan Pantangannyarackcdn.com

Selain gula, ada beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa tidak baik untuk proses penyembuhan kanker payudara. Di antaranya adalah alkohol, lemak jenuh, daging merah, makanan olahan, dan semanggi merah.

Pada dasarnya, pasien harus menjaga pola makan yang sehat dan memastikan nutrisi tubuh terpenuhi jika ingin sembuh dari kanker payudara. Perhatikan pola makan dan lakukan pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Dengan begitu, proses penyembuhan akan berjalan lancar. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Mencegah Kanker Serviks Menurut Ahli, Wanita Perlu Tahu!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You