Comscore Tracker

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung 

Tetap tidak boleh berlebihan!

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Salah memilih makanan akan memicu meningkatnya produksi asam lambung. Tak heran bila banyak orang yang merasa bingung memilih makanan yang dapat dikonsumsi saat mengidap asam lambung.

Makanan tinggi lemak, buah-buahan asam, makanan pedas, bawang putih, hingga cokelat merupakan contoh makanan yang bisa memicu meningkatnya asam lambung. Saat asam lambung naik, penderita akan mengalami perut kembung, muntah, sensasi panas di perut, mual, atau justru makanan terasa naik kembali ke kerongkongan. Untuk menghindarinya, seorang penderita asam lambung perlu mengonsumsi makanan sehat seperti berikut ini!

1. Pisang

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung ilustrasi pisang (Unsplash/Dainis Graveris)

Buah dengan cita rasa manis ini menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Diketahui pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang berguna untuk menetralisir asam lambung.

Bukan hanya itu, jantung pisang juga diperkaya akan serat sehingga baik dalam mencegah terjadinya asam lambung. Sementara, buah lain yang cocok untuk penderita asam lambung yaitu seperti apel, pir dan melon.

2. Roti

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung ilustrasi roti (Unsplash/Wesual Click)

Penderita asam lambung masih diperbolehkan mengonsumsi roti. Akan tetapi disarankan untuk memilih roti yang mengandung ragam biji-bijian di dalamnya atau terbuat dari gandum.

Roti semacam itu diketahui memiliki kandungan serat, vitamin, serta nutrisi dalam jumlah yang banyak sehingga baik untuk kesehatan lambung. Ini juga akan meminimalisir rasa perih yang biasanya sering terasa di ulu hati.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Aman Dinikmati Saat Lapar Tengah Malam

3. Sayuran Hijau

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung ilustrasi sayuran hijau (Pixabay/Silviarita)

Sayur-sayuran selalu menjadi bagian makanan sehat. Sementara itu, contoh sayuran hijau yang dianjurkan bagi penderita asam lambung yaitu kembang kol, selada, brokoli, buncis, timun, kentang, dan asparagus.

Beberapa jenis sayuran tersebut menyimpan kandungan yang diyakini dapat membantu menurunkan asam lambung. Selain itu diduga sayuran hijau dapat menyehatkan sistem pencernaan. Karenanya beberapa jenis sayuran tersebut menjadi makanan yang baik bagi penderita asam lambung.

4. Oatmeal

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung ilustrasi oatmeal (Unsplash/Jane Duursma)

Penderita asam lambung dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat guna mengatasi gejala penyakit asam lambung, seperti oatmeal. Diketahui bahwa kandungan serat yang terdapat di dalam makanan mampu menyerap asam lambung.

Ini merupakan hal yang baik karena gejala refluks asam lambung dapat mereda. Selain itu oatmeal juga akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga penderita asam lambung tidak akan mudah mengonsumsi makanan tak sehat.

5. Jahe

Aman Dikonsumsi! Ini 5 Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung ilustrasi jahe (Pixabay/Couleur)

Jahe tidak hanya menjadi rempah yang dapat menghangatkan tubuh, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko munculnya gejala asam lambung. Hal tersebut dikarenakan jahe mempunyai kandungan antiradang yang bisa mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan tersebut juga mampu menjadi pengobat alami penyakit maag atau asam lambung. Adanya kandungan antiinflamasi dalam jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan. Jahe dapat dikonsumsi dengan cara diparut atau dipotong, lalu diolah menjadi minuman hangat dalam upaya meredakan gejala asam lambung.

Penderita asam lambung memang perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Selain mengonsumsi makanan sehat ini, sebaiknya penderita juga tetap menjaga pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang dapat memicu kambuhnya asam lambung, seperti merokok, makan dalam jumlah berlebih, dan mengonsumsi alkohol.

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita GERD, Bikin Iritasi!

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author | Content Writer | Ghost Writer | Ig: @Keza236_queen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya