Comscore Tracker

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!

Dijamin ampuh untuk atasi mata lelah

Terlalu lama berada di depan layar ponsel dan komputer dapat menyebabkan mata lelah. Mata jadi terasa berat hingga menimbulkan rasa pusing dan mual. Hal tersebut disebabkan oleh ketegangan serta kelelahan pada otot-otot di sekitar mata. Kondisi seperti ini sebaiknya  segera ditangani.

Oleh karena itu ketika mata mulai terasa lelah, muncul lingkaran hitam di sekitarnya atau juga berkantung, segeralah atasi menggunakan beberapa cara berikut ini!

1. Kantung teh

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!Femina.co

Tidak banyak yang tahu jika kantung teh memiliki kandungan tannin yang sangat baik untuk mengatasi mata bengkak. Cara penggunanyaan cukup terbilang mudah. Kamu hanya perlu merendam dua kantung teh dalam air hangat, lalu angkat dan letakkan dalam lemari es hingga beberapa menit. Kemudian, gunakanlah untuk mengompres mata kurang lebih selama 10-15 menit. Hal ini akan mengurangi bengkak dan lelah pada mata serta dapat membantu mata untuk terlihat lebih cerah.

2. Kentang

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!Freepic/8photo

Kandungan enzim catecholase pada kentang berfungsi untuk menjadikan kulit lebih cerah. Selain itu kentang juga bisa digunakan untuk mengurangi kantung pada mata. Caranya, rendamlah irisan kentang dalam air dingin. Setelah itu gunakan irisan tersebut untuk mengompres mata selama kurang lebih sepuluh menit. Sensasi dingin dan enzim yang terdapat pada kentang akan membantu mengatasi kantung mata dan membuatnya kembali segar.

3. Sendok dingin

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!grid.id

Menggunakan sendok dingin merupakan cara paling mudah untuk atasi mata lelah. Caranya dengan meletakkan dua sendok metal dalam air dingin selama beberapa menit. Kemudian, gunakan dua sendok dingin tersebut di kelopak mata sekitar satu menit lamanya. Hal tersebut berguna untuk meredakan rasa lelah pada mata dan melemaskan otot-otot sekitar mata yang mulai tegang dan kaku.

4. Mentimun

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!Herwold.co.id

Sudah banyak yang menggunakan mentimun sebagai bahan alami untuk atasi mata bengkak dan lelah. Caranya cukup mudah, siapkan beberapa irisan mentimun yang sudah dicuci, lalu letakkan irisan tersebut di mata selama 10-15 menit. Kemudian, segeralah bilas wajah menggunakan air dingin. Dengan begitu mata akan menjadi lebih segar dan penglihatan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Mengiris Bawang Merah tanpa Bikin Mata Perih, Gampang Banget!

5. Irisan buah stroberi

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!Pixabay

Kandungan alphahydroxy pada stoberi dipercaya dapat menjadikan kulit awet muda dan lebih lembut. Selain itu juga stoberi dapat digunakan untuk mengatasi mata lelah. Kamu hanya perlu menyiapkan irisan buah stroberi, lalu kompreskan pada mata selama 15-20 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air dingin hingga bersih.

6. Alpukat

6 Cara Mudah untuk Atasi Mata Lelah, Wajib Dicoba!Beautynesia

Kamu pasti tahu jika mata lelah juga dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, kan? Kamu bisa mengatasinya dengan meletakkan potongan alpukat yang sudah masak di bawah mata. Diamkan dalam beberapa menit, lalu bilaslah area sekitar mata menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin sehingga lingkaran hitam di sekitar mata akan lebih cepat menghilang.

 

Itulah beberapa cara mudah untuk atasi mata lelah. Setelah melakukan banyak aktivitas, sebaiknya istirahatkan mata sejenak dengan melakukan beberapa cara tersebut sehingga mata akan menjadi lebih segar. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis 'Lelah Bekerja' Lebih Baik daripada 'Lelah Cari Kerja'

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya