Comscore Tracker

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!

Beberapa makanan ini bisa mengganjal rasa lapar saat diet

Banyak orang yang menghindari konsumsi makanan ringan di sela waktu makan saat menjalankan program diet. Menjalani diet agar tetap konsisten memang tidaklah mudah. Kamu dituntut untuk lebih selektif dalam memilih makanan dan tidak bisa lagi makan kapan pun kamu mau.

Selain menu makanan utama, kamu harus pilih-pilih makanan ringan untuk camilan. Makanan ringan bisa menjadi penahan lapar sebelum waktu makan utama. Akan tetapi, kamu harus hati-hati, bila tidak bijak memilih jenis dan kandungannya, ini bisa jadi hal yang menggagalkan diet. Selain tidak menggemukkan, beberapa makanan ini juga dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

1. Puding rendah lemak

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi puding chia (Pixabay/Monfocus)

Puding terkenal aman dikonsumsi selagi kamu membuatnya sendiri dan tidak berlebihan saat menambahkan gula dan susu di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan topping dari buah-buahan agar terasa lebih kenyang.

Salah satu jenis puding yang aman dikonsumsi saat diet yaitu puding chia. Diketahui chia diperkaya akan antioksidan dan serat yang baik bagi kesehatan jantung dan pencernaan. Untuk mengolahnya hingga menjadi puding, kamu hanya perlu merendam biji chia semalaman dengan susu almond, susu rendah lemak, atau susu kedelai.

2. Yoghurt dan buah

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi yohgurt dan buah (Unsplash/Vicky Ng)

Yoghurt yang paling cocok dikonsumsi saat diet yaitu yoghurt tanpa rasa. Kamu dapat menjadikan yoghurt jenis ini untuk dikonsumsi bersama potongan buah.

Makanan ringan ini bisa menjadi salah satu sumber kalsium yang baik serta kaya manfaat. Kamu juga dapat mencampurkan bahan-bahan sehat lainnya sesuai selera, seperti flaxseed atau biji bunga matahari.

Baca Juga: Tubuh Tetap Langsing saat Diet dengan 5 Pilihan Camilan Sehat Ini!

3. Smoothies

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi smoothie pisang (Pixabay/Gracia31)

Smoothies termasuk makanan ringan walaupun sebenarnya berbentuk minuman. Sebab smoothies mempunyai tekstur yang lebih kental dari minuman lain seperti jus.

Kamu bisa membuat smoothies berbahan dasar alpukat atau pisang dan diberi topping stroberi. Caranya hanya dengan memblender atau menghaluskan pisang atau alpukat matang bersama dengan es, serta campurkan juga yoghurt atau susu rendah lemak.

4. Telur rebus

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi telur rebus (Pixabay/congerdesign)

Telur rebus juga bisa menjadi pilihan makanan ringan yang dapat membuat kamu merasa kenyang. Adanya kandungan protein yang tinggi dalam telur bisa menahan nafsu makan.

Ketika merasa kenyang, kamu pasti tidak akan mudah tergoda untuk mengonsumsi camilan lain yang kurang sehat. Diketahui telur rebus juga rendah kalori dan mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin B12 dan vitamin D.

5. Sayuran

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi salad (Pixabay/Stocksnap)

Bukan hanya menjadi makanan utama yang bisa disantap saat makan, sayuran juga dapat menjadi makanan ringan. Seperti dengan mengonsumsi semangkuk salad atau sepiring gado-gado tanpa nasi.

Kedua jenis makanan tersebut bisa menjadi pilihan makanan ringan yang kaya manfaat. Ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program diet sehat tanpa khawatir berat badan akan bertambah.

6. Apel atau cokelat hitam

6 Pilihan Makanan Ringan yang Bisa Dikonsumsi saat Diet, Aman!ilustrasi apel dan selai kacang (Unsplash/sheri silver)

Apabila kamu tidak terlalu menyukai apel potong tanpa campuran, cobalah menggunakan selai kacang sebagai olesan pada potongan apel yang akan dikonsumsi. Akan tetapi, kamu tetap perlu membatasi konsumsi selai kacang tersebut karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi.

Jika opsi tersebut tetap tidak membuatmu merasa bersemangat, kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam. Diketahui bahwa cokelat hitam mengandung banyak antioksidan sehingga aman bagi kesehatan tubuh.

 

Mengimbangi diet sehat dengan mengonsumsi makanan ringan ternyata cukup mudah, bukan? Kamu tetap bisa ngemil tanpa khawatir berat badan akan bertambah. Jangan lupa selalu siapkan air minum di dekatmu agar tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: 8 Ide Camilan Sehat yang Gak Bikin Gemuk, Cocok untuk Diet!

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author | Content Writer | Ghost Writer | Ig: @Keza236_queen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya