Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!

Gak cuma enak dikonsumsi, tapi juga kaya manfaat

Selain warnanya yang menarik dan rasanya yang begitu segar, ternyata buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, sampai dengan meredakan penyakit kronis. Salah satu yang menjadikan buah naga sebagai makanan sehat adalah karena buah naga ini memiliki nutrisi yang tinggi, seperti vitamin B dan C, protein, kalsium serta antioksidan. Dan, yang terpenting, buah naga ini ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah lho.

Manfaat buah naga memang bukan hal yang baru untuk diketahui. Namun demikian, masih banyak yang belum memerhatikan perihal manfaatnya yang begitu luar biasa. Nah, berikut adalah manfaat dari mengonsumsi buah naga bagi kesehatan tubuh. Check it out!

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!Pixabay/StockSnap

Salah satu keunggulan buah naga adalah adanya keratinoid dan juga vitamin C yang terkandung di dalamnya. Kedua kandungan tersebut bisa mencegah adanya infeksi dalam tubuh, dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan. Nah, tentu hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena tubuh akan mudah melawan infeksi yang hampir menyerang.

2. Membantu meredakan penyakit kronis

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!Pixabay/Candidapsique

Selain mengandung vitamin C dan keratinoid, ternyata buah naga juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan jenis penyakit kronis lho. Seperti kanker, diabetes dan juga penyakit jantung. Antioksidan atau zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas ini akan bekerja lebih baik saat didapatkan dari mengonsumsi makanan yang alami dibandingkan suplemen atau pun obat. Jadi, masihkah ragu untuk mengonsumsi buah segar yang satu ini?

3. Membantu mengontrol kandungan gula darah

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!Pixabay/Stanias

Siapa sangka jika buah naga memiliki kandungan serat yang baik untuk penderita diabetes tipe 2 (yaitu: kondisi kadar gula dalam darah melebihi nilai normal karena tubuh tidak menggunakan hormon insulin secara normal). Nah, untuk itulah buah naga akan membantu para penderita diabetes tipe 2 ini untuk menurunkan kadar gula darahnya. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada buah naga juga akan membuat seseorang merasa lebih kenyang, sehingga makanan yang dikonsumsi setelahnya pun akan jadi lebih terkontrol.

Baca Juga: 10 Dessert Berbahan Buah Naga yang Segarnya Kebangetan, Sudah Coba?

4. Mencegah datangnya penyakit kanker

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!Pixhere.com

Kandungan vitamin C dan juga likopen dari buah naga ini dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kadar protein perekat yang terdapat di dalam tulang dan tulang rawan. Hal ini pun dipercaya akan mencegah datangnya penyakit kanker. Karena, buah naga juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun logam dalam tubuh yang terkadang dapat menyebabkan kanker. Gimana, luar biasa banget, kan manfaatnya?

5. Sangat baik untuk kesehatan jantung

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh, Cegah Kanker Juga Lho!Pixabay/geralt

Buah naga juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung lho. Di dalam buah naga ada sebuah kandungan Lycopene yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan juga mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini disebabkan karena biji buah naga memiliki banyak lemak omega 3 dan omega 6 yang ternyata dapat mencegah terjadinya gangguan kardiovaskular.

Wah, ternyata memang benar-benar memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh, ya? Kalau sudah tahu begini, yakin nih gak mau mengonsumsi buah naga?

Baca Juga: 6 Kandungan dalam Buah Naga yang Baik untuk Tubuh

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya