Comscore Tracker

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!

Gak hanya lezat, tapi juga kaya manfaat

Rumput laut merupakan sejenis ganggang yang tumbuh di laut dengan kandungan nutrisi yang melimpah, seperti: karbohidrat, protein, vitamin, serat, antioksidan dan juga mineral. Banyak masyarakat yang menggunakan rumput laut sebagai bahan makanan. Tidak hanya menjadi campuran es buah, tetapi rumput laut juga bisa diolah menjadi sandwich, salad, sup, suplemen, hingga campuran mie.

Memiliki cita rasa yang lezat, ternyata rumput laut juga punya banyak manfaat untuk kesehatan lho!

1. Membantu menurunkan berat badan

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/Maksymiv_yura

Rumput laut sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet nih! Karena kandungan serat yang terdapat di dalam rumput laut dapat meningkatkan pemecahan lemak dan mencegah pembentukan lemak dalam tubuh. Meskipun begitu, rumput laut cenderung rendah kalori lho. Sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar.

2. Mengurangi risiko terserang penyakit jantung

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/jirattawut

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian utama di seluruh dunia. Beberapa penyebab terjadinya adalah tingginya jumlah kolesterol dan pembekuan darah. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena rumput laut  berguna untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Dan, kandungan karbohidratnya juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Sehingga peredaran darah akan menjadi lancar dan menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan funsi tiroid

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/Spukkato

Tiroid memiliki peran yang penting bagi  tubuh agar terhindar dari beberapa jenis gangguan kesehatan, di antaranya: mudah merasa lelah, penyakit gondok, atau jantung berdebar-debar. Dan untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid memerlukan yodium. Rumput laut adalah salah satu sumber terbaik yodium, yang juga memiliki kadungan asam amino untuk membantu kelenjar tiroid menjalankan perannya dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Rumput Laut yang Tepat, Mudah dan Gak Bau!

4. Mengurangi risiko penyakit kanker

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/Frepik

Diketahui rumput laut berfungsi sebagai pengatur kadar ekstrogen di dalam tubuh yang berguna untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Serat larut yang terkandung di dalam rumput laut juga berguna untuk menekan perkembangan kanker usus besar lho. Gak hanya itu, kandungan polisakarida sulfat dan glikoprotein yang ditemukan dalam rumput laut juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker dan virus.

5. Mencegah anemia

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/Diana_grytsku

Jika kamu mudah merasa lesu dan lelah, mungkin kamu sedang menderita anemia yang diakibatkan karena kekurangan zat besi. Padahal, zat besi  memiliki fungsi untuk memproduksi energi yang diperlukan oleh tubuh lho. Dan ternyata, rumput laut telah menjadi salah satu pemasok zat besi yang baik. Satu mangkuk kecil rumput laut, mampu memberikan 0,8 mg zat besi.

6. Mencegah penyakit katarak

6 Manfaat Rumput Laut untuk Cegah Anemia Hingga Penyakit Jantung!Freepic/freepik

Penyakit katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang umum menyerang kesehatan mata, khususnya bagi orang-orang lanjut usia. Namun, hal tersebut dapat dihindari jika sering mengonsumsi rumput laut. Karena anti inflamasi okular yang didapat dari kandungan fucoxanthin dalam rumput laut berperan penting dalam mencegah datangnya penyakit katarak.

 

Ternyata banyak sekali manfaat rumput laut bagi kesehatan, ya! Kamu harus rajin mengonsumsinya nih. Namun demikian, tetaplah konsumsi dalam porsi yang wajar dan jangan sampai berlebihan.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Rajin Konsumsi Rumput Laut 

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya