Comscore Tracker

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Cara efektif menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan mudah

Jerawat seringkali mengganggu penampilan hingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Mulai dari rasa nyeri yang ditimbulkan hingga sulitnya menutupi jerawat dan memilih make up yang aman sehingga tidak memperparah kondisi wajah yang sedang berjerawat. 

Banyak cara yang dipercaya dapat meredakan hingga menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Namun, kita tetap harus memilahnya sesuai kondisi kulit karena setiap kulit memiliki tingkat sensitivitas yang juga berbeda. Yuk simak tujuh cara di bawah ini yang dipercaya bisa mengatasi jerawatmu!

1. Membersihkan wajah dengan teratur

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnyailustrasi perempuan mencuci wajah dengan sabun (https://pexels.com/ron-lach)

Debu yang menempel di wajah dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat. Selain itu, minyak berlebih juga bisa dengan mudah menimbulkan jerawat. Usahakan cuci muka dua kali sehari untuk menghilangkan debu dan mengontrol jumlah minyak di wajah.

Tidak dianjurkan untuk cuci muka terlalu sering karena dapat menyebabkan wajah kering akibat kekurangan minyak. Bagaimana pun, kulit wajah tetap membutuhkan minyak dalam jumlah yang pas untuk menjaga kelembapannya. 

2. Minum air yang cukup

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnyailustrasi perempuan rambut panjang minum air mineral (https://pexels.com/olly)

Minum air mineral sesuai kebutuhan tubuh memiliki sangat banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Kulit yang terhidrasi bisa lebih cepat dalam pemulihan luka karena sel kulit baru akan lebih cepat terbentuk.

Selain itu, dengan kelembapan yang cukup resiko timbulnya jerawat di wajah juga berkurang. Menjaga kecantikan dari dalam juga perlu dilakukan lho!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Totol Jerawat, Bikin Jerawat Hilang Gak Berbekas

3. Menjaga kebersihan alat makeup

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnyailustrasi perempuan mengaplikasikan makeup dengan brush (https://pexels.com/shkrabaanthony)

Pemakaian makeup bisa sangat membantu untuk menyamarkan atau menutupi masalah kulit, mulai dari noda hitam hingga bekas jerawat. Namun, perlu diingat juga untuk membersihkan alat makeup secara rutin untuk mencegah banyaknya bakteri yang justru bisa menimbulkan jerawat. 

4. Menjaga pola tidur yang sehat

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnyailustrasi perempuan tidur di samping ponsel (https://pexels.com/ketut-subiyanto)

Tidur yang teratur dapat meremajakan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Itulah sebabnya, kurang tidur dapat menyebabkan jerawat bermunculan karena sistem kekebalan tubuh melemah dan mudah diserang oleh bakteri penyebab jerawat. Sebisa mungkin di sela-sela aktivitas yang padat, pola tidur tetap terjaga ya.

5. Konsumsi makanan sehat

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnyailustrasi orang memegang apel dan donat yang sudah tergigit (https://pexels.com/andres-ayrton)

Selain rasanya yang segar, buah dan sayur dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, ganti dengan makanan sehat dan rasakan perbedaan yang perlahan tampak di kulit wajahmu. Meminimalkan makanan olahan juga akan sangat membantu.

Menjaga kesehatan kulit menggunakan bahan alami tentu akan memakan waktu sedikit lebih lama. Tapi dengan rutin menerapkan pola hidup sehat, tidak hanya terbebas dari jerawat tapi tubuhmu juga akan sehat!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menuntaskan Masalah Jerawat di Wajah, Efektif!

Katarina Willa Photo Verified Writer Katarina Willa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya