Comscore Tracker

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyaman

Mungkin kamu memiliki alergi atau penyakit serius 

Bersin berkepanjangan sering kali mengganggu karena membuat hidung gatal bahkan terkadang menyakiti tenggorokan. Penyebab bersin-bersin seperti ini ternyata bukan karena penyakit flu atau pilek aja lho, banyak faktor lain yang bisa memungkinkan hal ini terjadi setiap hari. 

Berikut lima penyebab bersin berkepanjangan yang bikin hidung gak nyaman.

1. Mengidap infeksi sinusitis

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyamanelementsdigitalhealth.com

Jika kamu mengalami demam, pusing, batuk atau rasa lelah ketika bersin-bersin di waktu yang lama, ini bisa menjadi indikasi infeksi sinusitis. Infeksi sinusitis bisa terjadi akibat virus dan dapat berangsur membaik dalam waktu sepekan. Yang terpenting adalah menghindari lingkungan berdebu.

2. Memiliki alergi

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyamannbcnews.com/

Alergi bisa menimbulkan bersin-bersin tanpa henti, ini bisa disebabkan ketika berinteraksi dengan hewan berbulu, berdekatan dengan tumbuhan tertentu atau terjangkit penyakit musiman seperti flu dan pilek. Alergi bisa disembuhkan dengan menjauhi penyebab bersin dan menjaga kebersihan udara. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini 5 Cara Merawat Hidung Agar Tubuh Tetap Sehat

3. Polusi udara

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyamanmedicalnewstoday.com

Hidup di tengah kota besar membuat orang beraktivitas dengan polusi sebagai pendamping setia seperti asap kendaraan. Polusi udara seperti ini dapat memperburuk kondisi alergi atau bahkan menciptakan alergi baru. Gunakan masker untuk mencegah menghirup bebas polusi. 

4. Ruangan yang pengap

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyamanrd.com

Melindungi diri dari paparan polusi udara dan berdiam di kamar tanpa jalur fentilasi yang baik tidak akan melindungi hidung dari bersin-bersin. Justru ruangan yang pengap dan tidak memiliki udara segar membuat bersin-bersin mudah terjadi. Hal ini disebabkan jamur atau udara kotor yang ada di rumah akibat aktivitas di dalam rumah tidak tertukar dengan udara bersih. Biasakan untuk membuka jendela di pagi hari agar pengap di ruangan bisa tergantikan oleh udara segar. 

5. Mengalami polip hidung

5 Penyebab Bersin Berkepanjangan yang Bikin Hidung Gak Nyamanmedicalnewstoday.com

Selain sinusitis ada juga penyakit hidung lainnya yang dapat menyebabkan bersin-bersin. Polip bermula dari munculnya pertumbuhan kantung pada lapisan sinus yang menyebabkan hidung tersumbat dan berkurangnya sensitifitas indera penciuman. Pernafasan yang terganggu ini mengakibatkan bersin dan kesulitan bernafas. Solusinya adalah dengan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Menangani gangguan kesehatan seperti bersin-bersin mungkin pada awalnya terlihat sepele. Tapi jika dibiarkan terus-menerus bisa berbahaya karena bisa jadi bersin-bersin adalah pertanda penyakit yang diam-diam tersimpan dalam tubuh. 

Baca Juga: 9 Tips Jitu Ini Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat, Yuk Coba! 

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya