Comscore Tracker

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu Berbahaya

Asal dengan takaran yang tepat

Menikmati kopi bagi ibu hamil menimbulkan dilema. Di satu sisi, kopi memiliki sederet manfaat bagi penikmatnya. Namun di sisi lain menimbulkan gangguan pada janin karena kandungan pada kafeinnya. Hal itu menjadi ketakutan bagi ibu hamil. Meskipun begitu, dengan kadar yang tepat, ibu hamil bisa menikmatinya dan mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaat kopi bagi ibu hamil?

1. Menjaga stamina tubuh

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu BerbahayaPexels/Tirachard Kumtanom

Ibu hamil sangat mudah capek. Untuk itu diperlukan asupan untuk menambah energinya. Kopi adalah salah satu minuman yang bisa membangkitkan tenaga bagi ibu hamil. Kadar kafein pada kopi dapat merangsang otak untuk membentuk energi dan membuat aliran darah lancar sehingga ibu hamil dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

2. Menstabilkan perasaan

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu Berbahayapexels/minan1398

Pada ibu hamil, perasaannya selalu naik dan turun. Hal itu akan berdampak pada janin yang dikandungnya. Meminum kopi ternyata dapat menstabilkan perasaan. Rasa kopi yang khas menjadi darah mengalir dengan cepat dan menimbulkan energi positif untuk beraktivitas pada umumnya. Tidak hanya diminum, dengan mencium bau aroma bubuk kopi dapat menstabilkan perasaanmu.

3. Meningkatkan sistem kerja saraf

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu BerbahayaPexels/Bruce Mars

Kadar kafein pada kopi juga dapat melancarkan sistem saraf. Saat meminum kopi, kadar kafeinnya menghasilkan hormon epinefrin yang memudahkan sistem kerja otak. Perasaan mudah stress pun bisa hilang hanya dengan menikmati segelas kopi.

Baca Juga: 10 Bahan Unik yang Bisa Dicampur ke dalam Kopi, Rasanya Tak Terduga!

4. Melancarkan tekanan darah

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu Berbahayaunsplash.com/Hudson Hintze

Karena mengandung hormon epinefrin, kafein kopi juga ternyata melancarkan aliran darah. Bagi penderita anemia, minuman ini sangat cocok untuk melancarkan tekanan darahmu. Meskipun begitu, minuman ini tidak cocok bagi penderita hipertensi karena minuman ini semakin menambah tekanan darah.

5. Pencegah penyakit kardiovaskular

5 Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil, Gak Selalu Berbahayapexels/bruno feitosa

Ibu hamil sangat rentan memiliki penyakit. Salah satu penyakit yang sering menjadi permasalahan adalah penyakit dari kardiovaskular. Kardiovaskular sendiri dapat menyebabkan masalah pada janin. Untuk itu, selain berolahraga, meminum kopi juga dapat menstabilkan gula darah sehingga jantung pun bekerja dengan normal.

Ternyata, ada juga manfaat dari minuman ini. Tidak hanya bagi ibu hamil, minumlah kopi dengan kadar yang sesuai. Khusus ibu hamil, disarankan hanya meminum satu gelas sehari untuk menghindari dampak negatif. Jadi, tidak ada lagi merasa bersalah lagi menikmati minuman yang satu ini.

Baca Juga: Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnya

Kristiani Photo Community Writer Kristiani

Kunjungi Blog Saya di kristianinataleli.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You