Comscore Tracker

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuat

Kalau sistem imun drop, kamu gampang terserang penyakit

Menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh tetap optimal sangat penting, terutama di masa pandemik COVID-19 seperti sekarang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah lebih berisiko terinfeksi SARS-CoV-2, virus corona strain baru penyebab COVID-19.

Salah satu cara untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kuat adalah dengan menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, seperti yang dipaparkan di bawah ini.

1. Kismis

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuatpixabay.com/byrev

Berbentuk kecil dengan rasa yang manis, kismis sering dijadikan tambahan makanan maupun camilan. Namun, hati-hati, jenis buah-buahan yang dikeringkan, salah satunya kismis, mengandung kadar gula yang tinggi. 

Saking tingginya, menurut Samantha Cassetty, MS, RD, seorang ahli nutrisi dan kesehatan seperti dikutip dari Eat This, Not That!, bahkan tanpa kamu mengonsumsi dessert atau makanan manis lainnya, konsumsi kismis atau buah-buahan kering lainnya bisa membuat kadar gula tambahan kamu melebihi batas yang dianjurkan. Batasannya adalah 6 sendok teh per hari untuk perempuan dan 9 sendok teh per hari untuk laki-laki.

Kadar gula yang tinggi bisa melemahkan sistem imun. Hal ini dijelaskan oleh Dan DeFigio, ahli nutrisi sekaligus pengarang buku Beating Sugar Addiction For Dummies. Menurutnya, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Cell Research, diketahui bahwa konsumsi gula dapat menghambat kemampuan sel dalam tubuh untuk menyerang bakteri asing.

"Efek ini terjadi dengan cepat setelah (seseorang) makan gula, dan akan berlangsung selama beberapa jam setelahnya. Jika kamu makan makanan manis beberapa kali sehari, (artinya) kamu membuat sistem kekebalan dalam keadaan tertekan hampir secara terus-menerus!" ujar DeFigio.

Menurut Kerri Axelrod, pelatih kesehatan holistik, kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis dalam jangka panjang dapat merusak flora usus, menyebabkan sistem imun semakin tertekan. Ketidakseimbangan bakteri flora usus, sebagai contoh, dengan banyaknya jumlah bakteri patogen (penyebab penyakit), bisa menyebabkan sistem imun berada dalam kondisi peradangan atau inflamasi yang tinggi.

2. Kopi

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuatfreepik.com/rawpixel-com

Kopi dan teh telah dikenal sebagai minuman menyehatkan karena mengandung antioksidan yang punya sifat antiinflamasi. Hanya saja, terlalu banyak minum kopi dan teh justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Melansir Health, terlalu banyak asupan kafein dapat mengganggu tidur, menyebabkan terjadinya inflamasi dan menurunkan sistem imun.

Supaya asupan kafein tidak mengganggu daya tahan tubuhmu, hindari minuman berkafein yang mengandung gula atau pemanis buatan, misalnya minuman soda dan minuman berenergi. Pastikan pula minum minuman berkafein paling maksimal 6 jam sebelum tidur, supaya tidur kamu tetap nyenyak dan berkualitas.

Baca Juga: Ini 7 Gejala Sistem Imun Tubuhmu Melemah, Lebih Waspada saat Pandemik 

3. Makanan cepat saji

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuatpexels.com/Robin Stickel

Hindari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji (seperti burger, piza, kentang goreng, dan lain-lain). Diketahui, makanan cepat saji mengandung kadar garam tinggi yang tak hanya bisa menyebabkan hipertensi, juga dapat melemahkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Hospital of Bonn, Jerman, dan diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine, menemukan bahwa tikus-tikus percobaan yang diberi diet tinggi garam mengalami infeksi bakteri yang lebih parah.

Sementara itu, para relawan yang mengonsumsi tambahan 6 gram garam per harinya, setara dengan 2 porsi makanan cepat saji, menunjukkan penurunan sistem imun.

Usahakan konsumsi garam per hari tidak melebihi 5 gram, seperti anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Jumlah tersebut setara dengan 1 sendok teh garam.

4. Minuman beralkohol

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuatfreepik.com/drobotdean

Melansir Eat This, Not That!, menurut Dr. Ivy Branin, dokter naturopati di New York, Amerika Serikat (AS), rutin mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat seseorang lebih rentan terkena infeksi karena terganggunya respons imun adaptif.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan hormon stres kortisol, kadar gula darah, serta insulin. Ketiganya, dalam jumlah tinggi akan berdampak buruk bagi sistem imun.

Laporan yang dimuat dalam jurnal Alcohol Research menjelaskan kaitan antara alkohol dengan sistem imun. Diketahui, konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat seseorang lebih rentan terkena pneumonia, sepsis, penyakit hati alkoholik (ALD), dan kanker tertentu. Selain itu bisa menyebabkan penyembuhan luka yang lebih lama serta rentan terkena sindrom gawat pernapasan akut (ARDS), salah satu faktor yang bisa memperburuk gejala COVID-19.

5. Daging merah

5 Makanan Enak yang Harus Kamu Hindari Kalau Mau Imun Kuatpexels.com/Kasumi Loffler

Menurut Dr. Anna Cabeca, pengarang buku Keto-Green 16, banyak mengonsumsi makanan tinggi asam (pH rendah), seperti daging merah, bisa melemahkan sistem imun tubuh.

"Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan asam, beban pH tubuh secara keseluruhan akan menjadi asam. Saat kadar asam itu tetap tinggi, mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, dan bikarbonat menjadi rendah, yang berdampak buruk bagi kesehatan," ujarnya.

Alasan lainnya kenapa sebaiknya kamu menghindari konsumsi daging merah terlalu sering adalah kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi, yang bisa memicu peradangan. Sebaiknya imbangi dengan sumber protein hewani lain, seperti daging ayam, bebek, ikan, atau makanan laut lain, agar menu kamu lebih seimbang.

Selain menghindari atau membatasi asupan makanan dan minuman di atas, perlu juga melakukan langkah lain agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Di antaranya rutin berolahraga, menghentikan kebiasaan merokok, serta perbanyak makan sayur dan buah.

Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Bila itu semua dilakukan, niscaya penularan COVID-19 bisa ditekan.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sudah Pernah Tertular COVID-19 Tanpa Disadari

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya