Comscore Tracker

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu 

Manfaatnya "semanis" rasanya

Sudah dari sejak lama madu dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, begitu juga kecantikan. Bisa dikonsumsi langsung, dicampurkan ke dalam makanan atau minuman, menjadi campuran masker alami, atau dijadikan bahan pembuat produk perawatan kecantikan.

Faktanya, manfaat madu memang banyak sekali. Pastikan untuk selalu menyediakannya di rumah, berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapat dari madu.

1. Kaya akan antioksidan

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu nhlbi.nih.gov

Menurut penelitian yang terbit dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, diketahui bahwa madu kaya dengan kandungan senyawa fenol, termasuk di dalamnya flavonoid. Senyawa fenol ini berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat penting bagi tubuh untuk mencegah penyakit.

Penelitian lain dalam jurnal African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines menemukan bahwa senyawa fenol yang terkandung dalam madu mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner.

Jadi, tak ada salahnya tiap pagi biasakan untuk minum air putih hangat dengan tambahan madu atau jeruk nipis, supaya kesehatan jantung kamu tetap terjaga.

2. Menurunkan tekanan darah 

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu pixabay.com/McRonny

Tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Komplikasi yang bisa ditimbulkan antara lain:

  • Gangguan otak, misalnya stroke.
  • Penglihatan menurun hingga mengalami kebutaan.
  • Penebalan serta pembengkakan jantung sehingga menyebabkan gagal jantung.
  • Menyebabkan kerusakan ginjal.

Konsumsi madu, yang sudah terbukti dalam sebuah penelitian, mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dimuat dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines menemukan bahwa salah satu senyawa fenol yang terdapat pada madu, yakni kuersetin, mampu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Apakah Aman Mengonsumsi Daging Merah bagi Pengidap Hipertensi?

3. Menjaga kadar kolesterol 

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu intelligentliving.co

Kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, penyebab penyakit jantung dan stroke. Kesimpulan ini didapat dari hasil studi yang melibatkan 55 orang obesitas dan dimuat dalam The Scientific World Journal.

Berdasarkan hasil pengamatan, mereka yang mengonsumsi madu mengalami penurunan kadar LDL sebesar 5,8 persen dibanding mereka yang mengonsumsi gula biasa. Tak hanya itu, konsumsi madu juga dapat meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik sebesar 3,3 persen.

Dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa meskipun madu rasanya manis, tetapi mengonsumsinya tidak akan bikin berat badan naik. Malah, terjadi penurunan berat badan sebesar 1,3 persen.

4. Membantu penyembuhan luka, termasuk luka bakar

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu pixabay.com/saulhm

Penggunaan madu untuk mengobati luka di kulit, termasuk luka bakar, sudah dipraktikkan sejak zaman Mesir Kuno dan hingga kini masih efektif.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews tahun 2015, ditemukan bahwa bahwa penggunaan madu bisa mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi serta luka bakar. Keampuhan ini juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes.

5. Mengobati batuk 

Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Inilah 5 Manfaat Madu pexels.com/Gustavo Fring

Batuk sering sekali terjadi pada anak-anak. Tak hanya anak yang menderita, tapi juga orang tua. Umumnya, anak dan orang tua jadi kurang tidur sehingga itu memengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

Bagi orang tua yang lebih memilih pengobatan alami, madu bisa diandalkan untuk meredakan batuk pada anak. Bahkan, penelitian yang dimuat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa pemberian madu sebanyak 2,5 ml sebelum tidur lebih efektif mengobati batuk pada anak dibanding obat dextromethorphan (DM) dan diphenhydramine (DPH), dua jenis obat batuk yang biasa ditemui.

Wah, nggak nyangka, ternyata madu tak hanya manis rasanya, tapi juga manis manfaatnya. Jadi, sudahkah kamu minum madu hari ini?

Baca Juga: Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmu

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya