Comscore Tracker

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Ini

Efektif dan lebih murah dari skincare harga jutaan!

Penuaan dini sering menjadi kekhawatiran kaum hawa jelang usia 30 tahun. Tak ayal berbagai produk perawatan kulit diborong, terutama yang klaimnya mampu mencegah penuaan dini meski harus merogoh kocek hingga jutaan.

Meski perawatan lewat produk kecantikan itu perlu, tetapi akan jauh lebih baik bila juga didukung dengan perawatan dari dalam, yakni lewat asupan nutrisi yang bisa membuat kulit tampak awet muda. Maka dari itu, sering-sering, deh, mengonsumsi lima makanan ini!

1. Kelompok berry

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Inipexels.com/@pixabay

Jenis buah-buahan yang termasuk dalam kelompok berry misalnya stroberi, blueberry, rasberi, dan blackberry, berdasarkan laporan yang dimuat dalam International Journal of Molecular Sciences, kaya akan kandungan senyawa aktif yang bersifat antioksidan.

Senyawa aktif yang sebagian besar berasal dari senyawa fenol dan asam askorbat tersebut telah diketahui dapat mencegah gangguan inflamasi, penyakit kardiovaskular, maupun menurunkan risiko dari berbagai jenis kanker.

Selain berpengaruh besar pada kesehatan pada umumnya, antioksidan juga mampu melindungi kulit dari penuaan dini akibat radikal bebas. Kesimpulan ini didapat dari studi yang terbit di Journal of Dermatological Science.

Diketahui, radikal bebas spesi oksigen reaktif (reactive oxygen species atau ROS), dapat memicu stres oksidatif intraseluler dan ekstraseluler, yang mempercepat penuaan dini pada kulit. Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya kerutan dan pigmentasi atipikal. Nah, penggunaan antioksiodan terbukti efektif dalam mencegahnya.

2. Brokoli 

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Inipexels.com/@zamanisahudi

Melansir Healthline, sayuran brokoli memiliki karakter antiinflamasi dan anti-aging karena kaya akan kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin C dan vitamin K, berbagai jenis antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium.

Diketahui, vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen, jenis protein yang mempertahankan elastisitas dan kekuatan kulit.

Kamu bisa memakan mentah brokoli sebagai camilan, dikukus, atau diolah menjadi berbagai menu yang lezat. Dengan rutin mengonsumsinya, itu tak hanya berpengaruh baik bagi kulit, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Studi: Pasien COVID-19 Alami Penuaan Otak hingga 10 Tahun Lebih Cepat

3. Alpukat 

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Inipixabay.com/stevepb

Jenis buah lain yang mampu mencegah penuaan dini adalah alpukat. Berdasarkan laporan dalam jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, alpukat mengandung senyawa lutein dan zeaksantin yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Studi lain yang terbit dalam British Journal of Nutrition melibatkan 716 perempuan Jepang. Dari situ, ditemukan bahwa tingginya asupan lemak berkaitan dengan elastisitas kulit yang semakin besar.

Diketahui, buah alpukat tinggi kandungan lemak. Komposisi jenis lemak pada alpukat terdiri dari 71 persen lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acids (MUFA), 13 persen lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated fatty acids (PUFA), dan 16 persen lemak jenuh atau saturated fatty acids (SFA).

Karena sebagian besar lemak pada alpukat adalah jenis lemak baik, maka sangat tepat menjadikannya sebagai salah satu sumber makanan untuk membuat kulit tetap elastis.

4. Dark chocolate

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Inipexels.com/@pixabay

Mengutip laman Health & Human Research, berdasarkan beberapa penelitian, bubuk kakao mengandung senyawa yang mampu menjaga kelembapan kulit. Mengonsumsi cokelat murni atau cokelat dengan kadar kakao minimal 70 persen dapat mencegah kulit kasar dan bersisik, serta melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Keuntungan lain yang kamu dapatkan dari mengonsumsi dark chocolate adalah dapat melancarkan aliran darah, memberikan lebih banyak nutrisi ke kulit.

Akan tetapi, ingat ya, manfaat ini hanya berlaku pada jenis cokelat yang minim kadar gula. Karena, pemanis justru bisa merusak kolagen dan membuat kulitmu jerawatan.

5. Minyak zaitun 

Cegah Penuaan Dini, Sering-seringlah Konsumsi 5 Makanan Inipexels.com/@pixabay

Jika kamu memang berniat menjaga kulitmu tetap sehat dan awet muda, kamu bisa mengganti mentega atau minyak goreng kelapa sawit dengan minyak sehat seperti minyak zaitun.

Melansir Eat This, Not That!, minyak zaitun merupakan minyak sehat karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah zaitun sendiri juga mengandung antioksidan, sehingga bisa mengurangi kerusakan kulit, yang ditandai dengan munculnya kerutan atau noda-noda hitam.

Dengan rajin mengonsumsi jenis makanan yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, kesehatan tubuhmu pun terjaga. Tentunya langkah ini jauh lebih murah dibanding harus membeli produk perawatan kecantikan hingga jutaan, tapi hanya berkhasiat pada kulit saja.

Baca Juga: 6 Kebiasaan ini Ternyata Dapat Mempercepat Penuaan Dini

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya