Comscore Tracker

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini 

Sayangnya, pola makan seperti ini banyak dilakukan!

Umur memang rahasia Tuhan. Namun, secara medis, apa yang kamu makan bisa memengaruhi berapa lama angka harapan hidup seseorang. Pola makan sehat bisa memperpanjang usia, dan sebaliknya, kebiasaan makan yang buruk bisa memperpendeknya.

Sebagai contoh, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut bahwa hanya 1 dari 10 orang dewasa di Amerika Serikat (AS) yang mengonsumsi sayur dan buah sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari National Center for Health Statistics, sekitar setengah populasi AS yang berusia lebih dari 2 tahun selalu mengonsumsi minuman manis setiap hari.

Dengan pola makan seperti itu, tak heran AS merupakan negara dengan angka harapan hidup terendah dibanding negara-negara berpenghasilan tinggi lainnya. Kesimpulan ini didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health yang diterbitkan di jurnal Circulation. Dari hasil penelitian tersebut, juga diketahui bahwa diet adalah salah satu faktor yang memengaruhi panjang atau pendeknya usia seseorang.

Itulah sebabnya, meski tampak sepele, kamu harus memperhatikan pola makan sehari-hari. Agar panjang umur, hentikan kebiasaan atau pola makan seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Gemar minum minuman bersoda

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini pexels.com/Breakingpic

Tentu kamu sudah pernah dengar bahaya konsumsi minuman bersoda, kan? Tak bermaksud menakuti, tetapi menurut penelitian dalam JAMA International Medicine, ditemukan bahwa minum minuman bersoda baik yang menggunakan gula alami maupun gula buatan (soda diet) berhubungan erat dengan berbagai risiko kesehatan penyebab kematian.

Penelitian yang melibatkan 451.743 orang dewasa dari 10 negara Eropa tersebut menyimpulkan, minum 2 gelas atau lebih soda dengan gula alami setiap harinya dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit sirkulasi pembuluh darah (misalnya aterosklerosis, penyakit jantung, atau stroke).

Sementara, mereka yang minum soda dengan pemanis buatan dengan jumlah yang sama berisiko tinggi terhadap kematian yang disebabkan oleh penyakit pada sistem pencernaan.

2. Terlalu sering makan daging merah 

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini pixabay.com/tomwieden

Hati-hati, lho, buat kamu yang doyan banget makan daging merah (daging sapi, kambing, babi, dan lain-lain). Meski merupakan salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh, tapi konsumsi daging merah secara berlebihan justru bisa berbahaya bagi tubuh.

Menurut Lisa R. Young, PhD, RDN, ahli nutrisi sekaligus profesor di New York University, AS, makan daging merah terlalu banyak berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan kanker yang dampaknya bisa memperpendek angka harapan hidup, melansir Eat This, Not That!

Baca Juga: 5 Risiko Kesehatan Ini Akan Dialami Tubuh Jika Kebanyakan Makan Daging

3. Banyak mengonsumsi makanan olahan 

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini pixabay.com/congerdesign

Berbagai makanan olahan seperti sosis, ham, bacon, nugget, ataupun makanan siap saji lainnya (baik siap makan atau ready-to-eat atau siap untuk dipanaskan atau ready-to-heat) memang praktis dan lezat. Tak heran jenis makanan ini disenangi, khususnya mereka yang sibuk.

Namun, konsumsi makanan olahan seperti yang disebutkan di atas tadi mendatangkan risiko bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA International Medicine melibatkan 44.551 orang Prancis berusia lebih dari 45 tahun. Dari situ, ditemukan bahwa penambahan konsumsi makanan olahan sebanyak 10 persen bisa meningkatkan risiko kematian hingga 14 persen.

Maka dari itu, jangan sering-sering makan makanan olahan, deh!

4. Terlalu sering minum minuman beralkohol 

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini pixabay.com/free-photos

Peringatan, nih, buat yang sering minum alkohol, apalagi secara berlebihan. Menurut hasil studi dalam jurnal Cancer, orang Jepang yang punya kebiasaan minum minuman beralkohol lebih berisiko terkena kanker (kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus) dibanding orang yang konsumsi alkoholnya hanya sedikit atau tidak minum sama sekali.

5. Konsumsi makanan tinggi garam 

Diam-diam 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Dini pixabay.com/Nicholas Cadwallader

Siapa, sih, yang nggak pernah makan mi instan? Harganya murah, praktis dibuat, dan rasanya pun bikin banyak orang ketagihan. Meski demikian, makanan instan yang satu ini juga memiliki kandungan garam yang tinggi (sama halnya dengan fast food dan makanan olahan).

Waspadalah, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi garam bisa bikin seseorang mati lebih cepat, lho! Pasalnya, makanan yang tinggi garam akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi dan penyakit jantung.

Nah, dari lima poin yang disebutkan di atas tadi, mana yang merupakan kebiasaan makan yang sulit sekali kamu hilangkan? Jangan menyerah! Perlahan kurangi, batasi konsumsinya, dan gantikan dengan makanan sehat. Kalau tekadmu kuat, kamu pasti bisa hidup lebih sehat!

Baca Juga: 5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-buru

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya