Comscore Tracker

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!

Nggak perlu waktu lama, tapi dampaknya jangka panjang

Kebiasaan sehat biasanya identik dengan banyak langkah yang makan waktu lama. Sebagai contoh setidaknya 15 menit untuk olahraga, sekitar 1 jam untuk menyiapkan menu makan sehat, dan sebagainya.

Namun, jangan salah, tak semua upaya sehat harus makan waktu. Misalnya, beberapa kebiasaan sehat di bawah ini cuma butuh waktu sekitar 60 detik, lho. Penasaran apa saja? Simak terus, ya!

1. Penggunaan benang gigi 

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!pixabay.com/kreatikar

Mungkin di Indonesia penggunaan benang gigi (dental floss) belum terlalu populer (bila dibandingkan dengan tusuk gigi) untuk mendukung kesehatan gigi. Padahal, benang gigi bisa sangat efektif dalam menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Melansir Prevention, sela-sela gigi adalah tempat berkumpulnya makanan dan bakteri yang akan menyebabkan masalah di kemudian hari bila tidak dibersihkan dengan benar.

Upaya pencegahan yang optimal bisa dilakukan dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur, lalu setelahnya gunakan benang gigi dalam waktu kurang semenit sampai kamu merasa tak ada lagi sisa makanan yang tersangkut.

Upaya mencegahnya bisa dilakukan dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur. Lazarof mengungkapkan, dengan latihan, lama-lama kamu akan bisa menggunakan benang gigi hanya dalam waktu kurang dari 1 menit.

2. Minum secangkir teh 

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!pexels.com/@freestocks

Nggak butuh waktu lama untuk menyeduh secangkir teh. Namun, khasiatnya yang bisa kamu dapat sungguh luar biasa.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology, ditemukan bahwa konsumsi secangkir teh setidaknya tiga kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 25 persen. Namun, batasi tambahan gulanya, ya. Bila memungkinkan, konsumsilah teh tanpa tambahan pemanis buatan.

Baca Juga: Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Minum Teh Susu Terlalu Sering

3. Minum segelas air putih saat bangun tidur 

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!pixabay.com/PublicDomainPictures

Melansir Prevention, kita dianjurkan untuk minum segelas air putih saat bangun di pagi sebelum memulai "ritual" pagi seperti minum secangkir kopi. Kenapa?

Saat bangun tidur, tubuh dalam kondisi dehidrasi. Maka dari itu, minum segelas air, selain dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, juga bisa “menghidupkan” otak, ginjal, serta usus dengan lebih cepat.

4. Gunakan tabir surya 

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!pixabay.com/AdoreBeautyNZ

Ini, nih, yang masih sering disepelekan. Biasanya tabir surya dipakai kalau kita sedang berlibur ke pantai. Padahal, perlindungan dari tabir surya juga diperlukan dalam aktivitas sehari-hari, meskipun kamu banyak beraktivitas di dalam ruangan.

Kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya setiap hari dan mengoleskannya ke seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, terutama di area tangan, leher, dan telinga.

Pasalnya, ketiga area tersebut merupakan tempat umum yang paling sering diserang beberapa jenis kanker kulit. Makanya, jangan malas untuk mengaplikan tabir surya setiap hari, ya!

5. Naik tangga setiap hari 

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!unsplash.com/@lindsayhenwood

Mulai saat ini, coba deh kebiasaan baru dengan menghindari lift dan pilih menggunakan tangga bila memungkinkan. Misalnya kalau ruang kerjamu ada di lantai 2 atau 3. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, ditemukan bahwa naik 60 anak tangga dalam 20 detik, tiga kali sehari, dilakukan tiga kali seminggu selama 6 minggu berturut-turut bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru hingga 5 persen.

6. Lari selama 1 menit tiap hari

Yuk Rutin Lakukan Kebiasaan Sehat Ini, Cuma Butuh 60 Detik Saja!unsplash.com/@chanderr

Tak kuat melakukan olahraga lari? Ternyata, selama 1 menit saja sudah bisa mendatangkan manfaat baik untuk tubuh, lho. Nggak percaya?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology, kebiasaan lari selama 1 menit setiap hari mampu meningkatkan kesehatan tulang hingga 4 persen. Coba, deh, biasakan! Lama-lama, mungkin kamu bisa ketagihan dan akan lari lebih lama dari itu.

Itulah beberapa kebiasaan sehat yang bisa mulai kamu lakukan secara rutin demi menjaga kesehatan tubuh. Cuma makan waktu selama 1 menit, tapi bila dilakukan secara terus-menerus manfaat sehatnya akan kamu rasakan hingga tua nanti.

Baca Juga: Sederhana, 5 Kebiasaan Sehat Keluarga Kerajaan Inggris Ini Bisa Ditiru

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya