Comscore Tracker

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!

Sangat dianjurkan apalagi untuk perokok

Paru-paru memiliki peranan yang sangat vital karena fungsinya yang mendasar bagi kehidupan manusia. Bersama otak dan jantung, paru-paru bertugas dalam mengatur sistem pernapasan.

Sementara karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh, oksigen diperlukan sebagai bahan bakar proses metabolisme dalam tubuh. Lantaran pentingnya fungsi paru-paru ini, maka kesehatannya harus dijaga dengan baik.

Sayangnya, paparan dengan lingkungan luar, seperti asap rokok, polusi udara, debu, serta konsumsi makanan yang bisa memicu inflamasi bisa membuat fungsi paru-paru menurun.

Untuk mencegahnya, selain dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bebas dari asap rokok, kami bisa rutin mengonsumsi lima makanan ini yang juga ampuh untuk membersihkan paru-paru.

1. Paprika 

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!pixabay.com/couleur

Paprika merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin C. Bersifat antioksidan, vitamin C ini berperan besar membuat paru-paru sehat, terutama bagi para perokok.

Melansir Healthline, para perokok disarankan mengonsumsi tambahan vitamin C sebanyak 35 mg per hari. Untuk orang dewasa, jumlah asupan harian yang direkomendasikan per hari adalah 65-90 mg, dengan batas maksimal 2.000 mg. Tambahan tersebut diperlukan karena efek rokok yang bisa merusak paru-paru.

Sebuah penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition menyebutkan bahwa para perokok yang mengonsumsi vitamin C dengan jumlah lebih tinggi, kondisi paru-parunya lebih baik dibanding perokok yang jumlah konsumsi vitamin C-nya lebih rendah.

2. Apel 

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!unsplash.com/@shelleypauls

Sudah banyak penelitian yang mengungkap khasiat buah apel bagi kesehatan, termasuk untuk mendukung kesehatan paru-paru. Sebagai contoh, penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal tahun 2017 menemukan konsumsi apel mampu memperlambat proses penurunan fungsi paru-paru para mantan perokok.

Penelitian lain yang terbit dalam jurnal Nutrients menyebutkan, konsumsi 5 atau lebih buah apel dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

PPOK rentan dialami orang yang berusia lanjut serta para perokok. Penderita PPOK akan mengalami kesulitan dalam bernapas karena aliran udara terhalang akibat pembengkakan dan pengumpulan dahak serta lendir pada paru-paru. Selain itu, penderita penyakit ini sangat berisiko terkena penyakit jantung dan paru-paru.

Kemampuan buah apel dalam menjaga kondisi paru-paru dikarenakan kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid di dalamnya yang tinggi. Ini menjadikan buah ini sangat tepat dikonsumsi sehari-hari, apalagi bagi para perokok.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-paru

3. Kunyit 

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!pixabay.com/nirmalsarkar

Salah satu jenis herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah kunyit. Di dalamnya mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal PLOS One tahun 2012, sebanyak 2.478 orang dilibatkan untuk mengetahui khasiat kunyit terhadap paru-paru. Kesimpulannya, para perokok yang mengonsumsi lebih banyak kunyit memiliki fungsi paru-paru sebanyak 9,2 persen lebih baik dibanding perokok yang mengonsumsi kunyit dalam jumlah sedikit.

4. Tomat 

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!unsplash.com/@anastasiiachepinska

Tomat adalah salah satu makanan sumber likopen, yakni jenis beta-karoten yang bersifat antioksidan dan sudah terbukti mampu membersihkan paru-paru.

Lewat penelitian yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, ditemukan bahwa asupan tomat mampu mengurangi peradangan di saluran pernapasan pada penderita asma serta meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien PPOK.

5. Teh hijau 

Inilah 5 Makanan yang Ampuh Membersihkan Paru-paru, Catat!unsplash.com/@randyfath

Teh hijau telah dikenal lama sebagai minuman yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan paru-paru. Mengutip Healthline, di dalam teh hijau terkandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Rutin minum teh hijau sudah terbukti mampu menghambat fibrosis atau pembentukan jaringan parut pada paru-paru. Fibrosis paru menyebabkan paru-paru tidak bisa berfungsi normal, membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan dan minuman yang sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Mulai sekarang, yuk, biasakan menjadikan asupan di atas sebagai menu harian kamu. Selain itu, demi paru-paru dan kesehatan tubuh secara menyeluruh yang lebih sehat, pertimbangkan untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Bikin Napas Lega, Ini 5 Cara Sederhana untuk Detoksifikasi Paru-paru

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya