Comscore Tracker

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kita

Mempercepat penyembuhan luka hingga tingkatkan sistem imun

Dibanding kalsium, magnesium, atau zat besi, zink (zinc) atau mineral seng mungkin kurang dikenal. Walaupun tidak sepopuler mineral-mineral lainnya, tetapi bukan berarti perannya sepele dalam mendukung fungsi tubuh.

Melansir Healthline, zink merupakan nutrisi esensial karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Itu sebabnya, kebutuhan mineral yang satu ini harus dipenuhi lewat makanan atau suplemen.

Menurut laporan yang terbit dalam jurnal Biochemistry, zink merupakan elemen esensial yang terlibat pada berfungsinya lebih dari 300 jenis enzim dalam tubuh. Enzim-enzim ini mendukung proses metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan banyak proses lainnya. Sudah kebayang, kan, seberapa penting zink?

Nah, dengan mencukupi kebutuhan zink, ada berbagai manfaat kesehatan yang akan kamu dapat. Penasaran? Silakan disimak penjelasan di bawah ini sampai habis!

1. Mempercepat penyembuhan luka 

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kitafreepik.com/gpointstudio

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Wound Repair and Regeneration melibatkan 60 orang pasien diabetes yang menderita ulkus kaki grade 3, berusia antara 40-85 tahun. Partisipan kemudian dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diberi 220 miligram suplemen seng sulfat (zinc sulfate) yang mengandung 50 miligram unsur zink setiap hari, dan kelompok kedua diberi plasebo. Setelah pengamatan selama 12 minggu, peneliti menyimpulkan bahwa pemberian suplemen seng sulfat memberikan hasil signifikan dalam pengurangan ukuran ulkus serta profil metabolik (seperti perubahan glukosa plasma puasa, sensitivitas insulin, dan sebagainya), dibanding kelompok yang diberi plasebo.

Hal ini menguatkan teori bahwa pemberian suplemen zink dapat mempercepat penyembuhan luka, dan sebaliknya, kekurangan asupan zink bisa menyebabkan luka sembuh lebih lama.

2. Meningkatkan sistem imun 

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kitafreepik.com/prostooleh

Seiring pertambahan usia, fungsi organ tubuh mengalami penurunan, tak terkecuali dengan sistem kekebalan tubuh. Sebuah laporan dalam jurnal Immunity & Ageing menjelaskan fenomena tersebut dan kaitannya dengan zink.

Proses penuaan sistem kekebalan tubuh yang disebut dengan istilah immunosenescence, adalah perubahan fungsi imun terkait usia yang menyebabkan lansia lebih rentan terkena penyakit menular, penyakit autoimun, dan kanker. Dimulai pada usia 60 tahun, kapasitas sistem imun dalam memberikan respons yang memadai mulai berkurang.

Yang menarik, berdasarkan pengamatan, ternyata terdapat kemiripan luar biasa antara perubahan imunologi selama terjadinya penuaan dengan saat terjadinya defisiensi zink. Ini terlihat dari penurunan aktivitas kelenjar timus dan hormon timus yang penting dalam menunjang limfosit-T dalam melawan infeksi, kemudian penurunan respons terhadap vaksinasi, dan sebagainya.

Ditambah dengan banyaknya studi yang membuktikan terjadinya penurunan kadar zink seiring bertambahnya usia, maka dapat disimpulkan bahwa mineral tersebut berperan vital dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu, pemberian suplemen zink pada lansia dapat membantu mereka mengurangi risiko terkena infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Baca Juga: Penglihatan Sehat dan Tajam, Apa Saja Nutrisi untuk Kesehatan Mata?

3. Menurunkan risiko penyakit akibat penuaan 

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kitafreepik.com/rawpixel.com

Mengutip Healthline, zink secara signifikan mampu mengurangi risiko penyakit terkait usia, seperti pneumonia, infeksi, serta gangguan penglihatan yang biasa terjadi pada lansia, disebut pula dengan degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD).

Dari berbagai studi, terbukti pemberian suplemen terhadap orang dewasa paruh baya mampu meningkatkan respons vaksinasi influenza, menurunkan risiko pneumonia dan dapat meningkatkan kinerja mental.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Advances in Nutrition membuktikan, pemberian suplemen yang mengandung 45 miligram zink tiap hari mampu menurunkan tingkat infeksi pada orang dewasa paruh baya hingga 66 persen.

4. Meningkatkan tingkat kesuburan 

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kitafreepik.com/yanalya

Telah banyak studi yang mengamati kaitan antara kadar zink dengan tingkat kesuburan laki-laki. Melansir Medical News Today, sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa pemberian suplemen seng sulfat dan asam folat dapat meningkatkan jumlah sperma.

Dalam penelitian lain, para peneliti menyimpulkan bahwa kurangnya asupan zink bisa menyebabkan kualitas sperma menjadi rendah serta meningkatkan risiko kemandulan pria.

Hal ini perlu sekali diperhatikan, terutama bagi pasangan yang sedang merencanakan memiliki anak. Pastikan pola makan sehari-hari seimbang, termasuk kebutuhan zink tercukupi, sehingga program hamil bisa sukses tercapai.

5. Menjaga kesehatan mata 

Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kitafreepik.com/rawpixel-com

Melansir WebMD, zink memainkan peran kunci dalam menjaga penglihatan tetap normal. Diketahui, mineral ini terdapat dalam konsentrasi yang tinggi pada mata. Karena itu, defisiensi zink bisa mengganggu penglihatan. Bahkan, defisiensi yang parah dapat menyebabkan perubahan pada retina.

Sebuah penelitian yang terbit di jurnal JAMA melibatkan 4.203 orang partisipan berusia 50-85 tahun. Hasilnya, pemberian suplemen antioksidan (vitamin C, E, dan beta-karoten), ditambah dengan asupan 80 miligram zink setiap hari ternyata mampu mengurangi risiko kehilangan penglihatan serta secara signifikan dapat mengurangi risiko terkena AMD tingkat lanjut.

Menimbang manfaat kesehatannya, penting sekali untuk mencukupi kebutuhan zink setiap harinya. Kamu bisa menambahkan makanan seperti kerang, kepiting, lobster, daging sapi, domba, babi, ayam, ikan salmon, sarden, kacang merah, buncis, produk susu, telur, biji-bijian utuh (oat, quinoa, beras merah), serta jenis sayuran tertentu seperti jamur, kangkung, kacang polong, dan asparagus.

Baca Juga: 10 Tanda yang Mengindikasi Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan Ya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya