Comscore Tracker

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!

Kebiasaan sederhana yang bisa memperpanjang umur

Memiliki tubuh sehat dan bugar itu tak harus susah dan mahal. Buktinya, hanya dengan rutin berjalan kaki saja sudah dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Melansir Prevention, Melina B. Jampolis, M.D., pengarang buku The Doctor on Demand Diet, menyarankan kamu untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk jalan kaki setiap hari.

Sederhana dan tak perlu mengeluarkan biaya apa pun, jalan kaki secara rutin bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit kronis. Nggak percaya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Memperbaiki suasana hati 

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!pexels.com/@olly

Ada sebagian orang yang melampiaskan suasana hati mereka yang buruk dengan banyak makan, makan-makanan tinggi gula dan lemak, minum-minuman beralkohol, bahkan menggunakan obat-obatan terlarang. Padahal, ada cara yang jauh lebih sehat, yakni jalan kaki. Bahkan, cara ini tidak melibatkan tambahan kalori yang masuk ke dalam tubuh, lho.

Menurut Dr. Jampolis, berdasarkan studi, jalan kaki akan memodifikasi sistem saraf yang kemudian mampu meredakan rasa marah serta permusuhan. Apalagi jika aktivitas ini dilakukan di tengah pemandangan alam dengan sinar matahari menyinari, sangat membantu memperbaiki suasana hati kamu saat suasana hari down.

2. Membakar kalori 

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!pixabay.com/silviarita

Kalori sebenarnya dibutuhkan sebagai sumber energi, sehingga tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Sayangnya, sering kali asupan kalori tidak seimbang; lebih banyak kalori yang masuk daripada yang dibakar. Gaya hidup mager alias sedenter turut berpengaruh terhadap surplus kalori dalam tubuh, menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Sports Medicine mengungkap berbagai manfaat jalan kaki. Di antaranya adalah membakar kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, serta menguatkan tulang.

Baca Juga: 7 Manfaat Bermain Lompat Tali bagi Tubuh, Banyak Bakar Kalori!

3. Mencegah stroke 

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!pexels.com/@marcus-aurelius

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Cut Putri Arianie, MHKes, 1 dari 4 orang di dunia menderita stroke. Padahal, menurutnya penyakit berbahaya ini bisa dicegah.

Di Indonesia sendiri, stroke termasuk penyakit yang menjadi beban negara. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, biaya penanganan stroke semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2016 menghabiskan Rp1,43 triliun, lalu naik menjadi Rp2,18 triliun di tahun 2017, dan menjadi Rp2,56 triliun pada tahun 2018.

Melansir Prevention, berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Boulder Colorado dan University of Tennessee, Amerika Serikat, rutin jalan kaki mampu menurunkan tekanan darah. Efek tersebut dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 20-40 persen.

Selain itu, penelitian dalam jurnal The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa perempuan yang jalan kaki setidaknya 2,5 jam per minggu memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah 30 persen, dibanding mereka yang tidak rutin berjalan kaki.

4. Meningkatkan sistem imun 

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!pixabay.com/Bru-nO

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Arthritis Research & Therapy melibatkan partisipan lansia dengan kondisi artritis reumatoid, yakni peradangan pada sendi. Hasilnya, setelah 10 minggu melakukan latihan interval jalan kaki dengan intensitas tinggi, didapat hasil peningkatan daya tahan tubuh.

Penelitian lain dalam jurnal Chronic Respiratory Disease menunjukkan bahwa olahraga berupa jalan kaki bisa membantu para penderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dalam mengurangi risiko kematian.

Kesulitan bernapas yang umum dialami oleh para pasien PPOK cenderung membuat mereka jarang bergerak dan berisiko mengalami obesitas. Jalan kaki, selain dapat meningkatkan kondisi kesehatan mereka, juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular serta sindrom metabolik.

5. Meningkatkan angka harapan hidup 

Sederhana, 5 Manfaat Sehat Jalan Kaki Ini Sayang untuk Dilewatkan!pexels.com/@olly

Siapa pun pastinya ingin berumur panjang. Nah, salah satu "investasi" yang bisa dilakukan sejak muda adalah memperbanyak aktivitas fisik. Salah satunya adalah dengan jalan kaki secara teratur.

Sebuah penelitian dalam Journal of the American Geriatrics Society tahun 2019 menunjukkan bahwa lansia berusia 70-90 tahun yang rutin ke luar rumah dan melakukan aktivitas fisik bisa hidup lebih lama dibanding mereka yang kurang aktif.

Dengan berbagai manfaat sehat yang dijelaskan di atas, yuk, lebih rajin beraktivitas fisik secara rutin. Sesimpel jalan kaki dampaknya bisa signifikan, lho, demi menunjang kesehatan hingga hari tua nanti. Mudah dan gratis!

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Panjang Umur, Lakukan Yuk!

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya