Comscore Tracker

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokok

Kamu kuat, jangan kembali tergoda, ya!

Banyak orang yang memanfaatkan rokok untuk penghilang stres. Menurut keterangan dari Mental Health Foundation, kandungan nikotin dalam rokok memicu peningkatan hormon dopamin di otak. Peningkatan hormon tersebut akhirnya menciptakan perasaan tenang, puas, bahagia, tetapi itu semua hanya bersifat untuk sementara waktu.

Itulah mengapa para perokok aktif menganggap rokok dapat menghilangkan stres. Padahal, sebatang rokok menyimpan banyak sekali bahaya.

Bila kamu sedang berupaya untuk berhenti merokok, terkadang kamu dihadapkan pada situasi yang membuatmu ingin kembali menyalakan rokok. Namun, jangan sampai upaya dan semangatmu kendor. Ada beberapa cara untuk menahan godaan rokok yang bisa kamu praktikkan. Apa saja? Yuk, simak sampai habis!

1. Buat daftar alasan berhenti merokok

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi menulis jurnal (pexels.com/picjumbo.com)

Ketika semangat untuk berhenti merokok mulai memudar, maka buatlah daftar alasan mengapa kamu memutuskan untuk berhenti merokok. Tak perlu bingung, tulis saja alasannya apa pun itu.

Berdasarkan keterangan dari National Health Service (NHS), meski terlihat sederhana, membuat daftar alasan berhenti merokok dapat menjadi sumber motivasi. Apabila dorongan ingin merokok muncul lagi, kamu tinggal membaca daftar tersebut.

2. Dekatkan diri bersama keluarga

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi menyiapkan makanan bersama keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Keluarga merupakan sumber terkuat yang dapat membantumu untuk bisa lepas sepenuhnya dari jerat nikotin. Mereka adalah salah satu alasan kamu untuk berhenti merokok, bukan? Oleh sebab itu, lebih dekatkan dirimu bersama mereka, dengan melakukan aktivitas bersama-sama di rumah. 

Bermain bersama anak-anak, menemani anak belajar, menonton film, berkebun, atau bahkan membuat sarapan bersama bisa menjadi aktivitas menyenangkan. Dukungan moral dari mereka akan sangat berarti untukmu.

Baca Juga: 13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jam

3. Olahraga bersama

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi olahraga bersama (freepik.com/freepik)

Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika melakukan olahraga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Dilansir Smoke Free, berolahraga secara alami mampu membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati pada seseorang yang telah berhenti merokok. 

Selain itu, olahraga dapat mencegah stroke dan penyakit jantung, menjaga kadar gula tetap stabil, menurunkan berat badan, dan tentu saja membuat badan menjadi segar dan bugar. 

4. Jangan berkumpul dulu dengan teman-teman perokok

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi menolak menolak (freepik.com/freepik)

Masih berdasarkan keterangan dari NHS, jika semangat merokokmu mulai menurun, maka untuk sementara waktu jauhi dulu teman-temanmu yang merupakan perokok aktif. Ini penting untuk mencegah godaan untuk kembali merokok semakin kuat.

Lingkungan sosial tidak kalah penting untuk mendukungmu berhenti sepenuhnya dari merokok. Kamu tentu nggak mau, kan, usahamu selama ini sia-sia?

5. Beri hadiah untuk dirimu sendiri

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi shopping (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Berusaha untuk berhenti merokok memang kadang tak mudah. Mungkin kamu sudah berhasil selama beberapa minggu atau bulan hidup tanpa rokok. Dilansir Teens Health, memberikan dirimu sendiri hadiah bisa meningkatkan semangatmu untuk tetap tidak merokok.

Memberi hadiah untuk diri sendiri ini bisa berupa membeli pakaian baru, makan makanan favorit, menonton film, membeli buku baru, perawatan diri di spa, dan sebagainya.

6. Coba kunyah permen karet

Semangat Berhenti Merokokmu Kendor? Ini 6 Cara Menahan Godaan Rokokilustrasi makan permen karet (pexels.com/cottonbro)

Dilansir Mayo Clinic, mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu melawan keinginan untuk merokok. Tak hanya permen karet, mengunyah kacang-kacangan atau biji bunga matahari (kuaci) juga mampu mengalihkanmu dari candu rokok. Pilih saja yang mana lebih kamu suka, mengunyah permen karet atau mengunyah kacang-kacangan?

Berpegang teguh untuk tetap berhenti merokok kadang terasa sulit, ya? Namun, hal tersebut bukan berarti tidak mungkin, kan? Tetaplah berpegang teguh pada pendirianmu untuk berhenti merokok, demi kesehatanmu dan orang-orang tercinta di sekitarmu. Ingat, bahaya merokok bukan cuma dirasakan perokok aktif, perokok pasif pun mendapat imbas negatifnya. Jadi, tetap semangat, ya!

Baca Juga: Lebih Berbahaya atau Tidak, Ini 5 Informasi seputar Rokok Elektronik

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya