Comscore Tracker

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak Bayi

Tidak ada kata terlalu cepat untuk membaca

Mungkin akan terbesit dalam pikiran anda, apakah bayi dapat mengerti dengan apa yang akan diucapkan saat ia sedang dibacakan buku? Meskipun, bayi tidak dapat mengerti sepenuhnya dengan apa yang dikatakan.

Namun, berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh American Academic of Pediactrics menyatakan bahwa betapa pentingnya untuk membacakan buku untuk bayi bahkan sejak ia lahir. 

Setiap rangsangan suara, gerakan tubuh dan ekspresi saat anda membacakan buku dapat merangsang perkembangan kognitif bayi. Selain itu, juga dapat mengajarinya cara berkomunikasi dan banyak lagi manfaat yang akan didapatkan, lho.

Lalu, apa saja sih manfaat positif dari membacakan buku bagi bayi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Hubungan orang tua dan anak semakin erat

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak BayiPexels.com/nappy

Membacakan buku untuk bayi adalah waktu yang tepat untuk dapat membentuk hubungan anda dan bayi menjadi lebih erat. Bacakan buku untuk si bayi maka hubungan anda dan bayi anda akan semakin erat, baik secara fisik maupun emosional. Ketika anda sedang membacakan buku untuknya, suara anda dapat membuat bayi merasa senang dan lebih mengenal suara anda.

2. Membantu perkembangan otak bayi

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak BayiPexels.com/William Furnato

Memang membacakan buku untuk bayi terlihat seperti kegiatan yang sederhana. Namun, membacakan buku untuk bayi memiliki dampak positif bagi proses perkembangannya, lho.

Otak bayi akan semakin aktif saat anda membacakan buku untuknya karena mendapatkan rangsangan melalui suara anda dan gambar ataupun pola yang terdapat di dalam buku.

Kemampuan mendengar, melihat dan memorinya akan dilatih saat ia sedang dibacakan buku oleh anda. Jadi, aktivitas tersebut dapat merangsang perkembangan kognitif bayi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Bayi yang Aman, Awas Alergi!

3. Anak akan menjadi lebih kreatif

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak BayiPexels.com/Lina Kivaka

Gambar-gambar yang menarik pada buku yang anda bacakan untuk si bayi akan membantu meningkatkan imajinasi bayi anda. Hal tersebut jelas akan membuat bayi lebih banyak belajar mengenal dunia melalui gambar, pola dan warna yang ia lihat. Tentunya, ini akan dapat merangsang kreativitas anak dan menjadikan anak lebih kreatif.

4. Anak lebih terampil dalam berkomunikasi

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak BayiPexels.com/Daria Shevtsova

Anak-anak yang telah dibacakan buku sejak kecil akan menjadi lebih terampil dalam berkomunikasi. Hal disebabkan karena mereka memiliki lebih banyak kosakata dibandingkan anak-anak seusianya.

Berdasarkan studi pada tahun 2019, yang diterbitkan dalam Journal of Development and Behavioral Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa membaca buku setiap harinya bisa menambah sekitar 78.000 kata setiap tahunnya. Dalam waktu kurun lebih dari lima tahun ke depan, anak akan dapat memiliki hingga 1,4 juta kata. 

5. Membentuk kegiatan membaca menjadi hobinya

Ayah Bunda, Ini 5 Manfaat Membacakan Buku Sejak BayiPexels.com/cottonbro

Kegiatan membaca buku yang dilakukan sejak kecil akan membuat anak-anak menyukai kegiatan membaca. Tentunya, jika mereka memiliki hobi membaca akan sangat bermanfaat bagi anak-anak, contohnya dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih anak untuk berpikir logis.

Itulah beberapa manfaat dari membacakan buku untuk bayi anda. Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan sederhana itu, bukan? Jadi, mengapa harus menunda untuk membacakan buku untuk si kecil?

Baca Juga: 6 Tips Memberikan Jus Buah untuk Bayi, Alternatif MPASI yang Sehat

I am Lavennia Photo Writer I am Lavennia

*writing*

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya