Comscore Tracker

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Diam-diam bisa bikin tubuh kehilangan cairan #IDNTimesHealth

Meskipun terdengar sepele ternyata mencukupi kebutuhan cairan itu sangat penting. Mengapa begitu? Dikutip dari Medical News Today, 60-70 persen dari tubuh manusia tersusun atas air. Jadi, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehari-hari agar tidak dehidrasi. 

Sayangnya, ternyata ada beberapa hal yang sering tidak disadari dapat menjadi pemicu seseorang jadi kekurangan cairan. Dirangkum dari laman Healthline, Health dan Active, inilah beberapa penyebab dehidrasi yang sering kali tidak disadari. Apa saja, ya? 

1. Stres

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadariilustrasi pria sedang mengalami stres (pexels.com/Andrew Neel)

Stres dan dehidrasi ternyata memiliki keterkaitan. Stres terbukti dapat membuat tubuh kekurangan cairan dan begitu pula sebaliknya. Ketika kamu mengalami stres, maka kelenjar adrenal akan meningkatkan produksi hormon stres kortisol. 

Peningkatan hormon inilah yang berpengaruh buruk terhadap hormon aldosterone. Perlu kamu ketahui, kalau fungsi hormon aldosterone adalah untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam darah. Oleh sebab itu, jika hormon itu terganggu, kita bisa dehidrasi.

2. Menstruasi

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadariilustrasi menstruasi (pexels.com/Karolina Grabowska)a

Berikutnya, kaum perempuan yang mengalami menstruasi lebih rentan terhadap dehidrasi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi kadar cairan tubuh. Selain itu, darah yang keluar juga menjadi alasan lainnya. 

Baca Juga: 5 Minuman yang Bisa Sebabkan Dehidrasi, Jadi Makin Haus!

3. Berada di kawasan daratan tinggi

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadariilustrasi tinggal di dataran tinggi (pexels.com/Mateusz Sataciak)

Tahukah kamu bahwa berada di dataran tinggi bisa memicu dehidrasi? Di area tersebut, tubuh biasanya beradaptasi dengan cara meningkatkan frekuensi pernapasan dan buang air kecil.

Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan kadar oksigen dengan ketinggian. Oleh sebab itu, berada di daratan tinggi dengan cuaca yang lebih dingin bisa membuatmu kehilangan lebih banyak cairan. 

4. Demam

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadariilustrasi orang sedang memegang termometer (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Saat mengalami demam, tubuh akan berusaha keras untuk menurunkan suhu agar kembali normal melalui keringat. Jadi, wajar saja jika kamu berkeringat lebih banyak dari biasanya saat sedang mengalami kondisi tersebut. 

Untuk itu, kamu dapat mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih dan juga air kelapa. Pasalnya, kurang mengonsumsi air putih saat demam dapat membuatmu dehidrasi. 

5. Diabetes

Gak Nyangka, Ini 5 Penyebab Dehidrasi yang Mungkin Tidak Kamu Sadariilustrasi pemeriksaan gula darah (pexels.com/PhotoMIX Company)

Diabetes termasuk salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Sebab, ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi, tubuh akan membuang kelebihannya melalui peningkatan produksi urine.

Kondisi inilah yang akan membuat penderita diabetes lebih sering buang air kecil sehingga mereka rentan terhadap dehidrasi. Tak hanya itu, kelebihan gula dalam darah juga membuat penderita diabetes sering merasa haus dan lapar.

Bagaimana? Ternyata kelima hal di atas dapat menyebabkan dehidrasi tanpa kamu sadari. Terakhir, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harianmu.

Baca Juga: Perhatikan! 11 Tanda Sepele Ini Bisa Menandakan Kamu Sedang Dehidrasi

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya