Comscore Tracker

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadan

#RamadanMasaKini Selain dapat pahala tentunya!

Bulan Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat islam di seluruh dunia. Ini karena di bulan Ramadan inilah umat islam memiliki banyak kesempatan untuk menghapus dosa, memperbanyak pahala, sekaligus mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Keistimewaan bulan Ramadan tidak hanya berhenti di situ. Selain ibadah, puasa bulan Ramadan juga memiliki banyak manfaat lain yang tidak kalah istimewanya. Apa saja?

1. Puasa dapat memperbaiki pola makan

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Le Creuset

Untuk bisa hidup sehat, kita bukan hanya butuh makan tapi kita juga harus belajar mengontrolnya termasuk memilih makanan mana yang masuk ke mulut kita dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Sayangnya meski semua orang tahu bahwa makan secara teratur itu sangat penting, tapi tidak semua menganggap itu sebagai hal yang serius.

Apalagi dengan semua pekerjaan dan aktivitas lain yang akan membuat kita sibuk sampai lupa untuk makan. Hal yang berbeda justru terjadi saat bulan Ramadan. Selama satu bulan, kita makan di jam yang sama yaitu sahur jam 4 pagi dan berbuka setelah adzan magrib sekitar jam 6 sore. Dan saat itulah tanpa sadar kita kembali dibiasakan untuk makan secara teratur, bahkan setelah Ramadan berlalu, kebiasaan untuk makan secara teratur ini bisa tetap dipertahankan.

2. Kamu bisa belajar untuk lebih bersyukur atas hidupmu

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Ben White

Makanan menjadi sesuatu yang biasa kita temukan. Saat lapar, kita bisa dengan mudah menemukan makanan di rumah, atau membeli makanan apa pun yang kita mau. Sayangnya tidak semua orang bisa semudah itu mendapatkan makanan.

Percaya atau tidak, di dunia ini masih banyak sekali orang yang kelaparan. Jangankan mengeluhkan rasa makanan, bisa makan sehari sekali saja sudah jadi hal yang beruntung bagi mereka. Yang istimewa, selama bulan Ramadan kamu secara tidak langsung mendapatkan kesempatan menjadi mereka selama satu bulan.

Karena puasa, kamu jadi tahu bagaimana rasanya kelaparan karena tidak bisa makan. Dari pengalaman itu kamu bisa belajar untuk lebih bersyukur, bukan hanya untuk makanan tapi juga untuk semua hal yang kamu miliki dalam hidup.

3. Meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Tayler Kiser

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Annals of Nutrition Metabolism pada tahun 1997 membuktikan bahwa puasa Ramadan akan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sebesar 8%, dan menaikkan kadar kolesterol baik HDL sebesar 14,3%.

Penyebabnya karena selama puasa orang menghindari makanan junk food atau jenis makanan yang tidak sehat lainnya dan menggantinya dengan buah dan sayuran. Selain itu melaksanakan sholat tarawih juga setara dengan aktivitas fisik yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasa

4. Selain lemak baik, puasa juga meningkatkan fungsi otak

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Magnus Lindvall

Puasa bukan hanya baik bagi tubuh, tapi juga otak. Saat kita puasa, otak akan meningkatkan produksi protein neurotropik yang diturunkan dari otak atau BNDF. Nah BNDF inilah yang kemudian mengaktifkan juga melakukan regenerasi sel batang otak dan membuat daya ingat kita jadi lebih baik dari sebelum puasa. Yang lebih keren lagi adalah, protein neurotropik ini bahkan juga melindungi sel-sel otak dari penyakit berbahaya seperti alzheimer dan parkinson.

5. Gak perlu diet, puasa ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanliputan6.com

Kabar baik untuk kamu yang memiliki berat badan berlebih, karena selama puasa kamu akan memiliki kesempatan untuk menambah pahala sekaligus menurunkan berat badanmu. Ini karena saat puasa, pasokan makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang.

Sebagai gantinya, tubuh akan membakar lemak yang kamu miliki dan mengubahnya menjadi energi. Belum lagi aktifitas sholat tarawih yang membuat kita banyak bergerak akan membuat lemak dalam tubuh semakin berkurang dan berat badan jadi turun.

Tentu saja hal ini akan berhasil dengan catatan kamu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari konsumsi junk food atau makan berlebihan saat berbuka atau sahur.

6. Puasa menyadarkan kamu arti penting dari berbagi

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Elaine Casap

Percaya atau tidak, setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, kamu akan berubah jadi orang yang lebih baik terutama dalam urusan berbagi. Ini karena selama puasa, secara langsung kamu bisa merasakan penderitaan mereka yang kelaparan. Karena sudah tahu betapa tidak enaknya tidak bisa makan, mustahil kamu masih enggan berbagi dengan orang lain saat memiliki makanan.

7. Bukan hanya tubuh, pikiranmu pun akan jauh lebih tenang

Asyik, Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Puasa Ramadanunsplash.com/Natalia Figueredo

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Saat puasa kita juga berlatih untuk menjaga hawa nafsu, mengendalikan emosi, pikiran, plus prilaku kita. Daripada menghabiskan waktu untuk bergosip sana-sini, kebanyakan orang memanfaatkan puasa untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan menambah pahala dengan memperbanyak ibadah baik itu membaca Al-Qur'an, melaksanakan sholat sunnah, atau memperbanyak sedekah. Karena semua yang kita lakukan adalah hal baik, maka pikiran kita jadi lebih damai dan tenang.

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasa

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You