Comscore Tracker

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!

Coba cek gigi kamu kuning enggak?

Percaya atau tidak gigi yang putih bersih bisa menambah kepercayaan diri kita terutama saat tersenyum. Sayangnya banyak orang lupa betapa pentingnya untuk merawat gigi dan malah membiarkannya berubah kuning.

Anyway, bicara tentang gigi kuning selama ini kita berfikir mereka yang giginya kuning karena jarang gosok gigi. Padahal gigi kuning bisa disebabkan oleh berbagai hal salah satunya minuman yang sering kita konsumsi setiap hari. Jadi apa saja sih minuman yang bisa bikin gigi jadi kuning? Berikut ini daftar lengkapnya!

1. Kopi

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Brigitte Tohm

Bisa dibilang kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Saking sukanya pada kopi banyak orang mengatakan bahwa mereka tidak bisa berfikir atau beraktifitas dengan baik jika belum meminum secangkir kopi. Meski secangkir kopi membuat pagi kamu jadi lebih produktif tapi mengkonsumsi kopi terutama kopi hitam ternyata bisa membuat gigi jadi kuning.

Ini karena gigi memiliki enamel atau lubang-lubang kecil yang dapat menyerap warna makanan atau minuman yang kita konsumsi terutama jika minuman itu berwarna gelap seperti kopi. Tapi kalau kamu tidak bisa berpisah dengan kopi, cara terbaik untuk mengurangi efeknya adalah dengan menambahkan susu pada kopi.

Selain membuat warnanya jadi lebih terang, susu juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang termasuk gigi.

2. Red atau white wine

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Kym Ellis

Minuman satu ini memang tidak bisa dinikmati oleh semua orang karena harganya sangat mahal. Biasanya wine hanya ditemukan di pesta-pesta besar dan eksklusif saja. Nyatanya meski wine termasuk dalam daftar minuman berkelas, tapi mengkonsumsi wine juga tidak baik bagi gigi kamu.

Red wine atau white wine mengandung tanin yang bisa memicu perubahan warna pada gigi dan membuat gigi yang tadinya putih berubah menjadi kuning.

3. Teh

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Joanna Kosinska

Banyak orang beranggapan teh aman untuk gigi. Padahal teh juga memiliki efek yang sama pada gigi bahkan teh bisa membuat gigi menguning lebih cepat daripada kopi hitam. Sama seperti wine, teh juga mengandung tanin yang bisa membuat gigi berubah jadi kuning.

Yang lebih parah, semakin kental warna teh yang kamu konsumsi maka akan semakin cepat juga gigit berubah jadi kuning. Kalau kamu pencinta teh, terutama teh hitam solusinya adalah dengan mengganti teh hitam dengan teh hijau atau putih.

Baca Juga: Meskipun Enak, Ternyata 8 Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi 

4. Cola dan soda

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Ashkan Forouzani

Minum cola atau soda siang-siang memang segar. Kabar buruknya soda dan cola bukanlah minuman yang sehat. Meski enak, minuman bersoda dan cola tidak baik bagi tubuh dan juga gigi.

Bukan hanya karena warnanya yang gelap tapi juga karena kandungan asam dan gula buatan yang dapat merusak enamel gigi. Lebih parah lagi soda atau cola yang dingin juga bisa membuat gigi kamu jadi lebih mudah keropos dan mempercepat perubahan warna gigi yang tadinya putih menjadi kuning.

5. Jus lemon

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Julia Zolotova

Beberapa tahun belakangan, jus lemon atau air lemon menjadi minuman yang populer dikalangan banyak orang. Meminum lemon water hangat di pagi hari dipercaya dapat mengeluarkan racun dan membuat tubuh jadi sehat.

Tapi dibalik manfaatnya yang mengagumkan, jus lemon bisa mengikis enamel gigi dan membuat gigi berubah jadi kuning. Nah kamu enggak mau kan gigi kamu berubah warna jadi sekuning buah lemon? Kamu bisa nih mengganti air lemon di pagi hari dengan segelas air hangat. 

6. Jus berwarna gelap

Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!unsplash.com/Monika Grabkowska

Minum jus memang sehat, tapi kabar buruknya adalah tidak semua jus buah itu 'ramah' untuk gigi. Beberapa jus berwarna gelap khususnya jus yang terbuat dari buah jenis berry seperti cranberry atau anggur bisa mengubah warna gigi, apalagi buah-buahan ini juga mengandung asam yang juga dapat merusak gigi secara perlahan.

Kalau kamu memang penggemar berat jus buah, sebaiknya pilih jus berwarna terang terutama jus apel karena berbanding terbalik dengan jus berwarna gelap, buah apel termasuk jusnya dikenal bisa membantu menjaga agar gigi tetap putih dan bersih. 

Selain menghindari minuman diatas, jangan lupa untuk sikat gigi teratur plus rajin ke dokter gigi ya agar gigi kamu bukan hanya putih tapi juga sehat.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Sakit Gigi Gak Lebih Baik dari Sakit Hati, Cek Yuk!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You