Comscore Tracker

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah Kelengkeng

Meski sering dianggap remeh ternyata kelengkeng menyehatkan!

Kelengkeng memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan dan termasuk ke dalam kelompok exotic fruits. Kelengkeng pula memiliki sebutan lain sebagai dragon eyes sebab tampak seperti mata naga dengan bulatan putih bening dengan biji hitam di dalamnya. 

Orang tua biasanya mengawatirkan anaknya ketika memakan kelengkeng karena dianggap sebagai buah yang bisa memicu batuk. Padahal kelengkeng bisa memberi banyak manfaat banyak lho jika kita mengonsumsinya dengan porsi yang pas. Penasaran apa saja khasiatnya? Berikut penjelasan lengkap untuk memberi pandangan baru bagi wawasanmu guys!

1. Menimbulkan efek rileks hingga berfungsi sebagai anti depresan

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah KelengkengAmazon.com

Kecil-kecil cabai rawit, kelengkeng ternyata baik untuk menangani masalah yang berhubungan dengan saraf. Kelengkeng bisa menenangkan saraf dan meningkatkan fungsi saraf. Buat kamu yang insomnia cocok nih rajin mengonsumsi kelengkeng, karena bisa membuat masalah susah tidur jadi mudah diatasi. 

2. Sumber energi yang bisa meningkatkan semangat

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah KelengkengOrganicfacts.com

Dalam budaya masyarakat Tionghoa kelengkeng dipercaya sebagai penambah energi. Kelegkeng yang diperkaya rasa manis secara ilmiah memang mampu menjadi sumber tenaga berkat kandungan gula alami yang ada di dalamnya.

3. Pengontrol tekanan darah

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah Kelengkengvietnamplus.vn

Para penderita darah rendah wajib tahu bahwa ternyata kelengkeng bisa menurunkan tekanan darah lho. Itu semua terjadi atas peran Pottasium sehingga memperkecil kemungkinan terserang penyakit serius seperti stroke. 

Baca Juga: 8 Buah yang Dipercaya Bisa Meningkatkan Kecerdasan Bayi

4. Penghilang rasa cemas, lelah dan stress

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah Kelengkengorganicfacts.net

Konsumsi kelengkeng akan merangsang limpa dan kondisi jantung, meremajakan sirkulasi darah dan menenangkan perasaan khawatir berkat sifat menenangkan pada saraf yang tegang. 

5. Mempertajam kualitas memori

5 Khasiat Tak Terduga Ini Tersimpan dalam Buah Kelengkengdarbellatran.com

Rajin mengonsumsi kelengkeng bisa membuat kemampuan kognitif kita meningkat. Terutama pada pembentukan dan retensi memori. Retensi memori adalah ketika seseorang dapat mengingat atau mempertahankan pengalaman berdasarkan pengakuan yang mereka dapatkan. 

Sesuatu yang berbentuk kecil dan terlihat sepele itu tak selamanya tak berarti. Kelengkeng menjadi bukti bahwa mereka yang kecil juga bisa memberi banyak dampak baik untuk kehidupan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Buah Naga yang Jarang Diketahui, Berani Coba?

Lil El Photo Community Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You