Comscore Tracker

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadi

Jangan lupa makan dan istirahat yang cukup demi kesehatanmu

Tugas menumpuk, bos marah-marah sejak pagi atau pusing karena anak gak nafsu bisa menjadi penyebab kepala pusing tujuh keliling. Pusing adalah penyakit yang gak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari. Bila dibiarkan pusing juga dapat mengundang penyakit serius lho. 

Maka dari itu penting untuk bisa mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengatasinya dengan tepat. Buat kamu yang mudah merasa pusing, berikut 5 hal yang harus kamu lakukan agar mencegahnya terus terjadi!

1. Jangan melewatkan rutinitas makan

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadiunsplash.com/@priscilladupreez

Memastikan perut selalu terisi bukan hanya demi rasa kenyang dan kenikmatan belaka namun rutinitas ini dapat mecegah terjadinya pusing atau sakit kepala, sebab perut lapar akan membuat tekanan darah menjadi rendah. Usahakan untuk makan tiga kali sehari dan isi perut dengan camilan disela-sela waktu senggang. 

2. Mengetahui dan menghindari penyebabnya

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadiunsplash.com/crew

Cara paling tepat untuk mengatasi rasa pusing yang sering dialami ialah mengetahui penyebab dan menghindarinya. Ada beberapa penyebab yang umumnya terjadi, seperti rasa stres, alergi terhadap suatu aroma, atau kurang istirahat. Setelah tahu apa penyebabnya buat tindakan antisipasi agar rasa pusing dapat dihindari.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Tiba-tiba Merasa Pusing, Kenali Penyebabnya Dulu

3. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadiunsplash.com/@lensinkmitchel

Selain makanan yang harus mengisi perut, air dan minuman segar juga perlu cukup dikonsumsi. Bila kekurangan minum tubuh berkemungkinan besar mengalami dehidrasi, nantinya dehidrasi akan berakhir pada rasa pusing sebagai efek sampingnya. Konsumsi minimal 8 gelas atau setara 2 liter air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Belajar cara rileksasi sederhana

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadiunsplash.com/@richardbiros

Rasa pusing yang suka datang secara tiba-tiba kadang mengganggu kegiatan. Dari pada minum obat dan justru bikin ngantuk di tengah rutinitas kantor, lebih baik lakukan rileksasi sederhana.

Kamu bisa belajar untuk mengatur napas sambil memejamkan mata untuk menenangkan pikiran, putar lagu bernuansa slow-beat, atau sekadar keluar ruangan untuk menghirup udara segar.

5. Pastikan tubuh cukup beristirahat

Mudah Merasa Pusing? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegahnya Terus Terjadiunsplash.com/@jeremyperkins

Banyak orang yang gak sadar betapa pentingnya istirahat untuk tubuh. Bukan hanya lemas yang bikin jadi gak semangat tapi kurang istirahat dapat pula berefek pada rasa pusing yang sering terjadi. Setiap harinya tubuh orang dewasa minimal membutuhkan waktu 8 jam untuk beristirahat. Kalau kurang dari itu sebaiknya perbaiki pola tidurmu.

Rasa pusing yang sering terjadi bisa termasuk tanda penyakit yang serius, bila belum juga dapat teratasi dengan cara-cara sederhana di atas kamu perlu tindakan khusus dan segera pergi ke dokter, guys.

Baca Juga: Terasa Sensasi Berputar dan Pusing? Ini 7 Cara Mengatasi Vertigo!

Lil El Photo Community Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You