Comscore Tracker

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!

Hindari mengangkat barang berat dan berdiri terlalu lama

Pekerjaan rumah yang terlihat mudah dan sepele bisa menjadi berbahaya jika dilakukan oleh bumil. Sebab ancaman bakteri, racun dan tekanan yang terlalu berat dapat berbahaya bagi keselamatan janin dalam kandungan. 

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya bumil tidak melakukan lima pekerjaan rumah ini ya!

1. Mengangkat beban terlalu berat

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!pexels.com/Ketut Subiyanto

Meskipun berat barang yang diangkat masih sanggup dikerjakan, namun kondisi janin dalam perut bisa terganggu. Aktivitas mengangkat beban berat dapat meningkatkan risiko bayi dengan berat badan rendah, mengalami persalinan prematur dan hernia pada ibu hamil. 

2. Berhubungan dengan kandungan bahan kimia 

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!pexels.com/Retha Ferguson

Tanpa disadari berbagai kegiatan sehari-hari sangat dekat dengan bahan kimia. Mulai dari bahan pembersih lantai, detergen, cat rumah hingga obat nyamuk, semua memiliki kandungan bahan kimia. Nah, untuk ibu hamil sebaiknya baca kemasan produk dan cari tahu apakah ada bahan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Barang sehari-hari dengan kandungan bahan kimia ini bisa masuk ke tubuh karena tidak sengaja terhirup melalui udara di sekitar kita. Karena itu pastikan untuk memiliki ventilasi yang baik agar perputaran udara tidak terhambat. 

Bahan kimia yang tidak sengaja terhirup dan dipegang ibu hamil dapat menyebabkan risiko mual, kehilangan nafsu makan dan gangguan pernapasan pada janin di dalam perut. 

Baca Juga: 5 Gangguan Plasenta yang Bahayakan Ibu dan Janin, Bumil Harus Tahu

3. Membersihkan pasir atau kotoran kucing 

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!pexels.com/Ruca Souza

Sebuah jurnal penelitian berjudul Acute Toxoplasma infection in pregnant women worldwide yang dipublikasikan pada tahun 2019 menyebutkan bahwa wanita hamil yang membersihkan pasir dan kotoran kucing rentan terkena infeksi toxoplasmosis. 

Sebuah keadaan di mana ibu hamil bisa beresiko membahayakan bayinya dengan gejala yang cukup parah seperti, kebutaan, cacat, hingga mengalami kerusakan otak.

4. Berdiri dalam waktu yang lama

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!pexels.com/Andrea Piacquadio

Melakukan aktivitas yang mengharuskan ibu hamil berdiri dalam waktu yang lama ternyata berbahaya lho, moms! Hal tersebut sudah dikaji secara klinis oleh Department of Obstetrics and Gynecology at the University of Rochester Medical Center di Belanda.

Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang aktif bekerja dengan berdiri dalam waktu lama memperbesar kemungkinan perkembangan janin menjadi terhambat. Alhasil bayi dalam kandungannya sulit untuk tumbuh secara maksimal karena aktivitas berdiri yang dilakukan oleh sang ibu. 

5. Bolak-balik naik dan turun tangga 

5 Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Gak Dilakukan Oleh Bumil, Catat Ya!pexels.com/Ketut Subiyanto

Aktivitas rumah tangga yang mengharuskan ibu hamil bolak-balik turun dan naik tangga juga sebaiknya harus dihindari. Ini tidak hanya berisiko membahayakan ibu hamil karena takut tergelincir dan terjatuh.

Aktivitas turun dan naik tangga juga dapat memicu Pre-eclampsia, seperti yang dimuat dalam sebuah studi tahun 2003 yang berjudul Recreational Physical Activity During Pregnancy and Risk of Preeclampsia.

Tidak hanya membawa dua nyawa dalam satu tubuh, ibu hamil punya banyak keistimewaan lain yang harus dijaga dengan sangat hati-hati. Daripada berbahaya, sebaiknya hindari aktivitas-aktivitas seperti yang sudah dibahas di atas tadi ya, moms!

Baca Juga: 5 Mitos Ibu Hamil yang Harusnya Sudah Tidak Dipercaya Lagi

Lil El Photo Verified Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya