Comscore Tracker

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siang

Kenali caranya agar harimu lebih produktif

Apakah kamu pernah merasa mengantuk, lelah, malas, dan ingin berbaring setelah makan siang? Jika iya, kamu mengalami midday slump. Midday slump biasanya muncul pada jam 1 siang hingga 3 sore. Kondisi ini ditandai dengan frekuensi menguap yang sering, rasa lelah dan mengantuk yang tidak tertahankan, moody, dan lain-lain.

Jalan pintas untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan melakukan tidur siang. Namun sayangnya tidak semua orang dapat melakukannya, terutama saat hari kerja dan intensitas pekerjaan sedang menumpuk. Untuk itu, berikut ini adalah cara-cara mudah untuk mengusir kantuk dan lelah yang pada saat midday slump.

1. Minum air yang cukup

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi minum air (pexels.com/Daria Shevtsova)

Berdasarkan studi dari Yale School of Medicine dan John B. Pierce Laboratory, dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan fungsi otak hingga 12%, meski hanya dehidrasi ringan. Hal ini dapat mengurangi daya fokus saat menyelesaikan persoalan kompleks.

Mungkin angka 12% terlihat sepele, namun hal ini dapat meningkatkan resiko kesalahan terutama pada pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak minum cukup air, ya.

2. Ngemil snack sehat

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi makan snack sehat (pexels.com/Anete Lusina)

Mengonsumsi asupan makanan dan cemilan sehat adalah cara alami untuk mendapatkan energimu. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, sayuran hijau, serta mengandung lemak baik seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan telur.

Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi, gorengan, dan makanan olahan. Kamu juga bisa meminum secangkir teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi, tapi memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari kopi.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Gak Gampang Mengantuk Saat Belajar, Apa Saja?

3. Streching ringan

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi streching ringan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Duduk di depan komputer seharian membuat badan kita pegal dan kaku. Untuk itu, lakukan peregangan agar tubuh lebih segar dan melemaskan otot-otot yang tegang. 

Jika kamu masih merasa mengantuk, lakukan peregangan dekat jendela yang terkena sinar matahari. Sinar matahari dapat mengurangi produksi melatonin yang mengakibatkan rasa kantuk.

4. Mengaktifkan semua indra tubuh

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi mencium bunga (pexels.com/Chermiti Mohamed)

Saat badan sudah lelah dan rasanya siap untuk memejamkan mata, hal yang dapat kamu lakukan adalah membangunkan semua indramu. Salah satu caranya adalah dengan mencuci muka dengan air dingin. Kunyah permen karet dengan rasa yang menyegarkan seperti mint atau beri-berian. 

Kamu juga bisa menghirup wangi-wangian seperti aromaterapi, diffuser, atau tanaman beraroma seperti rosemary atau eucaplyptus untuk menstimulasi indra penciuman. Selain itu, jangan ragu untuk mendekorasi working space-mu dengan color scheme yang kamu sukai. Yang tidak kalah penting, setel musik kesukaanmu untuk menambah semangat bekerja.

4. Bekerja dalam kelompok

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi bekerja dalam kelompok (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Untuk mengurangi midday slump, lakukan kegiatan berkelompok atau diskusi pada siang hari. Kamu bisa melakukan brainstorming ide-ide kreatif serta melakukan aktivitas bonding. Tidak hanya sebagai wujud interaksi sosial, aktivitas ini dapat meningkatkan konektifitas antar sesama kolega, terutama bagi kamu yang akhir-akhir ini bekerja secara remote.

Kamu bisa saja usul untuk melakukan weekly chatting, misalnya setiap jumat siang setelah istirahat. Kegiatan ini tidak perlu memerlukan banyak waktu, dan pastikan tidak menambah beban setiap anggotanya.

5. Tidur sejenak selama beberapa menit

5 Cara Mudah Usir Midday Slump, Gejala Mengantuk setelah Makan Siangilustrasi tidur di meja (pexels.com/George Milton)

Ada kalanya, tidur adalah cara paling ampuh untuk meredakan kelelahan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memejamkan mata dan tertidur selama 10-20 menit saat jam istirahat.

Kamu bisa melakukannya di meja kerjamu, dan atur tempratur ruangan agar terasa sejuk tapi tidak terlalu dingin. Tapi ada baiknya kamu perhatikan budaya kerja di kantormu terlebih dahulu karena tidak semua lingkungan kerja memandang tertidur di tempat kerja merupakan sesuatu yang positif.

Memiliki hari yang produktif serta menyelesaikan projek dengan baik dan tepat waktu merupakan impian bagi setiap pekerja. Namun ada kalanya rasa lelah dan kantuk saat siang hari dapat mengganggu ritme kerja. Maka dari itu, lakukan tips-tips diatas dan sesuaikan dengan apa yang pas untuk dirimu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Mengantuk setelah Makan Siang? Coba 7 Cara Ini untuk Mengontrolnya 

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya