Comscore Tracker

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihan

Makan berlebihan justru bisa mengganggu kesehatan

Siapa di sini yang suka makan buah-buahan? Bagi kamu yang wajib banget makan buah setiap hari perlu memnperhatikan jenis buah apa yang akan dikonsumsi. Pasalnya, tidak semua buah baik untuk kesehatanmu, lho.

Beberapa jenis buah malah berpotensi menyebabkan perut kembung. Kira-kira buah apa saja, ya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Apel

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihanpixabay.com/pixel2013

Jika dbandingkan dengan strawberry, kandungan antioksidan di dalam buah apel lebih besar. Meski begitu, mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak dapat memicu kembung. Sebab, tidak semua orang mampu mencerna kandungan fruktosa yang ada di dalam buah apel.

Untuk itu, konsumsi apel dalam jumlah yang cukup saja. Selain itu, kunyah secara perlahan sampai daging buahnya benar-benar lumat sebelum masuk ke dalam perut.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Durian, Si Raja Buah dari Asia Tenggara 

2. Pir

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihanpixabay.com/piro4d

Untuk urusan diet, buah pir memang bisa diandalkan karena dapat memberi rasa kenyang dalam jangka waktu yang lumayan lama. Sayangnya, buah ini mengandung sorbitol atau gula alkohol. Kandungan inilah yang dapat mengakibatkan perut kembung meskipun konsumsinya hanya sedikit saja.

3. Kismis

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihanunsplash.com/Erda Estremera

Kismis dipercaya bagus untuk melancarkan pencernaan. Tapi sayang, kismis dapat memicu perut kembung karena kandungan serat dan gula yang terkonsentrasi di dalam perut membuat usus besar berulah. Akibatnya, gula yang ada di dalam perut tidak bisa dicerna secara sempurna dan menimbulkan peningkatan produksi gas di perut.

4. Mangga

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihanpixabay.com/liwanchun

Sama seperti kismis, kandungan gula yang terdapat pada manga sangat melimpah. Jadi ketika dimakan dapat meningkatkan jumlah gula dalam perut yang akan menyulitkan usus besar untuk mencernanya. Ketika gula ini menumpuk, maka dapat menyebabkan perutmu menjadi kembung.

5. Semangka

5 Buah Ini Bikin Perut Kembung Jika Dikonsumsi Berlebihanpixabay.com/stevepb

Buah yang sangat segar ini juga termasuk dalam daftar buah penyebab perut kembung. Penyebabnya tak lain karena buah ini mengandung gas yang lumayan tinggi. Ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka kandungan gas ini akan menumpuk di dalam perut dan membuat perut kelihatan membuncit.

Kalau gak mau perutmu kembung, sebaiknya batasi konsumsi buah-buahan di atas ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir, Bisa Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You