5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuh

Pilek jangan disepelekan lho

Pilek merupakan penyakit paling merakyat. Siapapun bisa terserang pilek, terutama bila sedang kelelahan ditambah kondisi tubuh sedang tidak fit. Pasti makin mudah pilek, deh!

Mengingat penyakit ini sangat umum terjadi maka membuat banyak orang yang menyepelekan pilek. Padahal kalau gak segera diobati, pilek dapat menimbulkan berbagai penyakit, lho!

Berikut beberapa contoh penyakitnya yang bisa bermula dari pilek tak berkesudahan.

1. Sinusitis

5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuhunsplash.com/Brittany Colette

Sinusitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada rongga sinus, yaitu rongga berisi udara yang terdapat pada hidung, pipi, dan di atas mata. Penyakit sinusitis disebabkan oleh infeksi kuman dan bakteri yang masuk ke dalam sinus. Baik pilek maupun sinusitis, keduanya dapat menyebabkan rasa sakit pada hidung dan area sekitar mata.

Gejala sinusitis yang dapat dikenali seperti pilek yang gak kunjung sembuh, sakit kepala, hidung tersumbat, dan indera penciuman menjadi kurang tajam.

2. Pneumonia

5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuhunsplash.com/Spencer Backman

Pilek gak kunjung sembuh? Waspada gejala pneumonia, ya! Sama seperti sinus, penyakit ini disebabkan karena infeksi virus, jamur, dan bakteri.

Oh ya, pneumonia merupakan salah satu penyakit yang paling gampang menular. Jadi sangat diharapkan agar kamu bisa jaga jarak dengan penderita pneumonia.

Penyakit pneumonia bisa membahayakan penderita apabila penderita memiliki riwayat penyakit kronis (seperti asma atau jantung), pernah menggunakan obat-obat stereoid, dan sering merokok.

Baca Juga: Sering Tertukar, Inilah Perbedaan Flu dan Pilek yang Sebenarnya

3. Polip hidung

5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuheverydayhealth.com

Polip hidung merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada selaput hidung dan sinus. Penyakit ini tidak terlalu berbahaya, apalagi kalau ukuran polipnya masih kecil. Tapi kalau sudah besar, maka dapat mengganggu pernapasan.

Adapun gejala polip hidup seperti meler, hidung tersumbat, nyeri, mimisan, gangguan penciuman, dan terasa seperti ada lendir hingga ke belakang tenggorokan.

4. Alergi

5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuhunsplash.com/Smile Su

Alergi bisa jadi pemicu utama pilek yang berkepanjangan. Misalnya alergi debu, serbuk bunga, serbuk kayu, dan bulu hewan.

Saat tubuh mengidap alergi, maka sistem kekebalan tubuh akan langsung bereaksi terhadap alergen. Penyebabnya karena terjadinya pelepasan bahan kimia dan hastamin pada sel-sel hidung hingga akhirnya bersentuhan dengan alergen.

Tanda-tanda pilek yang disebabkan oleh alergi adalah hidung meler, bersin-bersin, demam, batuk, badan terasa nyeri dan sakit, serta hidung yang berlendir.

5. Rhinitis vasomotor

5 Penyakit yang Bermula dari Pilek Tak Kunjung Sembuhverywellhealth.com

Peradangan yang timbul akibat adanya gangguan pada hidung dapat menyebabkan pilek tak kunjung sembuh. Penyakit ini terjadi karena pembuluh darah pada hidung melebar yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Gejala rhinitis vasomotor antara lain bersin-bersin, hidung meler, hidung tersumbat, keluarnya lendir dari hidung, dan mata terasa kering.

Apabila pilek yang sedang kamu alami tak kunjung sembuh sampai berbulan-bulan, segera konsultasikan ke dokter dan dapatkan penanganan lebih lanjut ya!

Baca Juga: Jangan Minum Obat Dulu, Ini 5 Cara Alami Obati Pilek dan Flu Seketika

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You