Comscore Tracker

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!

Jangan biarkan kulitmu diserang hiperpigmentasi, ya!

Masalah kulit wajah itu ada banyak jenisnya. Bukan hanya jerawat, kulit kering, atau komedo saja, tetapi juga hiperpigmentasi yang mungkin sering kamu dengar. Namun, masih banyak di antara kamu yang masih bingung sama masalah kulit yang satu ini.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut 6 fakta seputar hiperpigmentasi menurut majalah Women’s Health dan Teen Vogue.

1. Ditandai dengan adanya perbedaan warna kulit

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!chromaderm.co.uk

Dark spots yang terdapat di beberapa area wajah tidak melulu karena bekas jerawat. Ini bisa jadi tanda-tanda hiperpigmentasi kulit, lho! Perbedaan warna akibat dark spots ini disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan dan produksi hormon dalam tubuh. 

2. Tidak hanya terjadi di wajah, lho!

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!thelist.com

Dahi, hidung, pipi, dan dagu adalah area sekitar wajah yang rentan terhadap hiperpigmentasi. Namun, area tubuh lain seperti leher, punggung, dan upper hands juga tak menutup kemungkinan terkena masalah ini. Penyebabnya tak lain karena kedua area ini memiliki lapisan pelindung kulit yang sangat tipis.

3. Rentan terjadi pada orang-orang yang sudah berumur

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!blackpaint.sg

Masalah hiperpigmentasi biasanya menimpa orang yang sudah berumur, seperti 30 atau 40 tahun ke atas. Ini disebabkan karena kinerja kulit yang sudah semakin melambat. Berbeda saat usia masih remaja atau 20-an di mana sel-sel kulit masih aktif bekerja untuk memproduksi pigmen kulit itu sendiri.

Baca Juga: Skincare 101: Kenali Rosasea, Ruam Merah yang Sering Disangka Jerawat

4. Tidak bisa di-treat hanya dengan niacinamide

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!24h.com.vn

Kandungan niacinamide pada skincare saja tidak cukup untuk mengatasi masalah hiperpigementasi. Kamu juga butuh yang namanya Vitamin C untuk mempercepat proses perataan warna kulit. Kandungan ini biasanya terdapat pada serum ataupun moisturizer yang bisa digunakan di pagi atau malam hari.

5. Proses penyembuhannya butuh waktu

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!dermascope.com

Hiperpigmentasi tentu bisa disembuhkan. Hanya saja, proses yang dibutuhkan lumayan lama dan butuh kesabaran ekstra. Umumnya butuh waktu sekitar 3-4 bulan untuk menghilangkan masalah discoloration ini. Tetapi balik lagi, tergantung kondisi kulitmu karena setiap orang punya kulit wajah yang berbeda-beda.

6. Harus dirawat dengan telaten

6 Fakta Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Gak Boleh Disepelekan!sorgentenatura.it

Mengingat proses penyembuhannya tidak cepat, kamu benar-benar harus telaten untuk mengurus masalah hiperpigmentasi ini. Mulai dari rutin menggunakan skincare hingga harus memperhatikan setiap kandungan dalam skincare itu sendiri. Sehingga, hiperpigmentasi perlahan-lahan bisa memudar dan warna kulit bisa kembali rata seperti semula.

Berhubung kamu sudah tahu fakta hiperpigmentasi, sekarang saatnya untuk semakin care sama kulit wajahmu ya! Demi kulit wajah sehat, bening, dan glowing.

Baca Juga: Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahir

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya