Comscore Tracker

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makanan

Pertolongan pertama amat dibutuhkan!

Keracunan makanan bisa menyerang siapa saja tanpa kenal umur. Anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun pasti pernah merasakannya. Penyebab utamanya tak lain karena makanan yang kurang higienis, yang sudah terlanjur terkontaminasi dengan bakteri, virus, dan zat beracun yang ada di lingkungan sekitar.

Saat keracunan makanan, kita cenderung menghadapinya dengan panik sampai kita tidak tahu harus berbuat apa lagi. Daripada panik terus-menerus, lebih baik lakukan 6 hal ini saat keracunan makanan.

1. Minum susu

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananlifeberrys.com

Jika penderita sadar dan tidak menderita diare, segera berikan susu untuk merangsang keluarnya racun sebelum racun menyentuh area lambung. Penderita mungkin akan muntah-muntah setelah minum susu. Tapi jangan panik, muntah adalah tanda kalau racun berhasil keluar dari dalam tubuh.

2. Jangan lupa air putih!

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananunsplash.com/sean Kong

Setelah muntah-muntah, berikan segelas air putih. Fungsi air putih di sini tidak hanya memberi efek tenang kepada si penderita, tapi juga untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang sempat hilang karena muntah-muntah. Minum air putih secara perlahan untuk menekan efek mual dan ingin muntah.

3. Tundukkan kepala

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananmedicalnewstoday.com

Agar proses memuntahkan racun menjadi lebih lancar, pastikan kepala si penderita dalam keadaan menunduk. Menundukkan kepala juga ampuh untuk mencegah masuknya cairan yang dimuntahkan ke dalam saluran pernapasan.

Baca Juga: 10 Efek pada Tubuh Ketika Menghirup Gas Bocor, Jangan Sampai Keracunan

4. Istirahatlah sebentar

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananunsplash.com/Anthony Tran

Muntah itu menguras banyak tenaga, lho! Jadi gak heran kalau tubuh menjadi lemas, apalagi kalau muntahnya sampai bermenit-menit. Untuk memulihkan tenaga, cobalah beristirahat sejenak sambil minum air putih.  

5. Konsumsi makanan bergizi

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananunsplash.com/NordWood Themes

Berhubung karena semua makanan sudah dimuntahkan, sekarang saatnya untuk kembali mengisi perut. Tapi bukan dengan makanan yang dikonsumsi sebelumnya, melainkan makanan bergizi. Misalnya, buah-buahan, sayur rebus, sup ayam, roti atau biskuit.

6. Jangan makan di tempat yang sama!

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Keracunan Makananunsplash.com/Raychan

Dan yang gak kalah penting, sebaiknya jangan makan di tempat yang sama. Bukannya bermaksud buruk, tetapi sekadar untuk mencegah saja agar masalah keracunan makanan tidak terulang kembali di kemudian hari. Lagipula, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Keracunan makanan? Lakukan penanganan yang tepat, bukannya langsung panik ya!

Baca Juga: Waspadalah, Ini 7 Tanda Kamu Keracunan Udara di Sekitar Lingkunganmu!

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You