Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmu

Pedas namun berkhasiat untuk tubuh

Bagi pecinta pedas, makan tanpa cabai itu rasanya seperti makan sayur tanpa garam alias kurang nikmat. Tak heran kalau orang seperti ini selalu menyediakan cabai di rumah. Atau, bahkan sering membawa cabai saat bepergian karena takut stok cabai di rumah makan yang dikunjungi habis.

Dibalik rasa pedas dan rasa nikmat yang ditawarkan, cabai memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh manusia, lho! Gak percaya? Ini buktinya!

1. Melancarkan pernapasan

Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Calum Lewis

Mengonsumsi cabai secara teratur dipercaya ampuh untuk melancarkan pernapasan, lho! Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A pada cabai baik untuk mengurangi peradangan pada paru-paru dan mencegah asma, sehingga paru-paru dapat berfungsi secara maksimal.

2. Melawan anemia

Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Gabrielle Cepella

Bagi penderita anemia, sebaiknya perbanyak konsumsi cabai. Kenapa demikian? Karena cabai mengandung zat besi dan tembaga. Kedua zat ini bagus untuk mendorong pembentukan sel darah baru sehingga tubuhmu tidak mudah lemas.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama di Dalam Kulkas

3. Mendukung kesehatan mata

Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Tanushree Rao

Cabai juga bagus untuk menyehatkan mata, lho! Sebab, di dalam cabai terdapat kandungan vitamin B2 yang baik untuk mata. Jika dikonsumsi secara teratur, penglihatanmu juga akan semakin baik dari hari ke hari. Sehingga objek yang ada di depanmu bisa terlihat dengan jelas.

4. Berfungsi sebagai detoks

Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Peter Hershey

Ketika mengonsumsi cabai, tubuhmu pasti langsung berkeringat, bukan? Nah, disinilah cabai menjalankan fungsi detoksifikasi pada tubuh. Melalui detoksifikasi, maka racun-racun yang ada dalam tubuhmu bisa segera dikeluarkan sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

5. Ampuh membakar lemak

Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai untuk Kesehatan Tubuhmuunsplash.com/Jonathan Niederhoffer

Nah, bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan, sebaiknya konsumsilah cabai secara rutin. Kandungan capcaisin yang terdapat di dalam cabai ampuh membakar lemak secara efektif. Apalagi jika dibarengi dengan olahraga, bentuk badan ideal pun bisa segera kamu dapatkan.

Setelah mengetahui manfaat cabai bagi tubuh, yakin masih mau say no sama cabai? Tapi ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebih ya agar kamu tidak sakit perut.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Saus Gochujang, Pedasnya Bikin Ketagihan

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You