6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadai

Tapi jangan self-diagnosed, ya!

Apa kamu pernah mendengar bipolar disorder sebelumnya? Bipolar disorder merupakan penyakit yang berkaitan dengan mental. Penyakit ini sering menimpa para remaja bahkan orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau anak-anak juga mengidap penyakit ini. Alasannya bisa jadi karena faktor gen atau keturunan dan faktor lingkungan tempat tinggal.

Seseorang yang mengidap bipolar biasanya sering menunjukkan tanda-tanda khusus yang menandakan kalau dirinya adalah bipolar. Tanda-tanda seperti apa? Yuk, langsung disimak!

1. Mood berubah secara ekstrem

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Asaf R

Mood berubah-ubah itu sangatlah wajar. Tapi kalau perubahannya cenderung ekstrem, ini adalah pertanda bipolar. Misalnya, sekarang tertawa terbahak-bahak, 10-20 detik kemudian menjadi terdiam dan menangis. Perubahan mood ini biasanya diikuti dengan perasaan depresi yang bisa berlangsung selama berhari-hari.

2. Kurang suka bergaul

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Erik Mclean

Saat depresi, seorang bipolar cenderung mengisolasi dirinya dari orang-orang di sekitar, termasuk keluarga. Bahkan pengidap bipolar suka menolak untuk melakukan aktivitas favoritnya karena aktivitas ini dianggap sudah tidak menarik lagi.

Jika dibiarkan terus-menerus, maka tingkat depresi yang dialami bipolar pun akan semakin parah. Maka dari itu, orang-orang terdekat mesti lebih peduli terhadapnya.

Baca Juga: Mengenali Bipolar Disorder, Perubahan Mood Ekstrem yang Berkepanjangan

3. Pikiran dan perkataan gak sinkron

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Frank Vex

Tempo bicara seorang bipolar sangatlah cepat. Saking cepatnya, orang-orang di sekitar pun jadi sulit mengikuti topik pembicaraan. Akan tetapi, apa yang diucapkan dan apa yang dipikirkan si bipolar sering kali gak sinkron. Hal ini tak lepas dari pengaruh suasana hati yang gak menentu.

4. Agresif saat marah

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Icons8 team

Masalah kecil sekalipun bisa membuat penderita bipolar marah, lho! Kalau sudah marah, para bipolar cenderung agresif dan tidak memikirkan dampak dari amarahnya kala itu terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Bisa dikatakan dirinya mendadak berubah menjadi sosok yang minim toleransi.

5. Bersikap gegabah

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Candice Picard

Sikap seorang bipolar bisa dikatakan gegabah. Penderita bipolar gak memikirkan dampak dari sikap, perbuatan, dan keputusan yang diambilnya. Terlebih lagi kalau sudah stres berat. Beberapa bipolar bahkan mencoba untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

6. Tidur gak teratur

6 Tanda Bipolar Disorder yang Perlu Kamu Waspadaiunsplash.com/Thirteen .J

Saat sedang stres atau depresi, penderita bipolar akan mengalami gangguan tidur. Para bipolar menjadi sangat sulit tertidur meski dalam keadaan lelah sekalipun. Akibatnya, waktu tidurnya pun sering kali gak teratur.

Itulah tanda-tanda bipolar disorder yang perlu kamu tahu. Kalau kamu mengalami salah satu tandanya, segera konsultasikan ke dokter sebelum penyakit ini bertambah parah.

Baca Juga: 7 Gangguan Mental yang Bisa Dipicu Media Sosial, Batasi Penggunaannya

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You