Comscore Tracker

Tertarik untuk Memasang Piercing? Perhatikan 4 Hal Ini

Penting, biar hasil tindikan tidak menimbulkan efek samping

Piercing atau tindik dulunya menjadi salah satu hobi para pria, terutama anak-anak metal. Tapi tidak untuk sekarang karena tindik sudah menyebar merata di semua kalangan, baik pria maupun wanita dari berbagai usia.

Tindik dipercaya mampu mempercantik penampilan, sehingga seseorang lebih percaya diri saat melangkahkan kaki. Nah, bagi yang tertarik untuk tindikan, berikut 4 tips perawatan tindik untuk menghindari terjadinya infeksi di masa mendatang.

1. Jangan melepas aksesoris yang baru saja dipasang

Tertarik untuk Memasang Piercing? Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/kilian

Setelah menindik bagian tertentu, kamu dilarang untuk melepas aksesoris tersebut. Kenapa? Karena rasa sakit akibat tindiknya belum hilang secara total. Jika buru-buru dilepas, yang ada telinga atau bagian tubuh yang baru ditindik malah menimbulkan risiko infeksi atau iritasi.

2. Jangan terlalu sering menyentuh area yang ditindik

Tertarik untuk Memasang Piercing? Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/mikail duran

Iya, kamu senang sama hasil piercing milikmu. Tapi jangan karena terlalu senang, kamu jadi sering menyentuh bagian yang ditindik itu. Bukannya tidak mungkin jika aksesoris dalam tindikan lepas karena terlalu sering disentuh. Sayang, kan?

Baca Juga: Pikirkan Sekali Lagi, Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis!

3. Bersihkan tindik dengan sabun khusus

Tertarik untuk Memasang Piercing? Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/freestocks.org

Selalu luangkan waktu untuk membersihkan aksesoris yang dipakai untuk tindik. Gunakan sabun anti bakteri untuk menghilangkan kuman dan kotoran yang menempel di aksesoris. Pastikan tanganmu dalam keadaan bersih juga agar aksesorisnya tetap higienis.

4. Ganti aksesoris setelah beberapa tahun pemakaian

Tertarik untuk Memasang Piercing? Perhatikan 4 Hal Iniinstagram.com/brittanyxavier

Apabila tindik menimbulkan efek gatal setelah 1-2 tahun pemakaian, itu artinya kamu perlu mengganti aksesorisnya. Bisa saja aksesorisnya sudah berubah warna atau mengalami kerusakan. Lakukan penggantian di tempat kamu menindik. Biar lebih aman, libatkan dokter.

Jika kamu merasa sanggup untuk melakukan perawatan di atas, silakan tindik tubuhmu. Jika tidak, sebaiknya pertimbangkan lagi sebelum tindik menimbulkan efek buruk bagi kesehatanmu.

Baca Juga: Ini 7 Hal Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membuat Tato

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You