Comscore Tracker

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemil

Ini rahasia makan banyak tapi berat badan tetap stabil

Metabolisme merupakan sebuah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi sebuah energi. Energi sangatlah dibutuhkan oleh tubuh agar sel dan jaringan tubuh tetap sehat, berkembang, dan fungsinya berjalan dengan baik.

Semakin cepat proses metabolisme kita, semakin banyak kalori yang kita butuhkan. Itulah mengapa ada beberapa orang yang mengonsumsi banyak makanan, namun, berat badannya selalu stabil. Di sisi lain, ada juga yang hanya makan sedikit, tapi berat badannya sangat mudah bertambah.

Metabolisme tubuh ternyata dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, lho, mulai dari kegiatan fisik hinggi mengonsumsi makanan dan minuman yang memang ditujukan untuk membantu mempercepat metabolisme.

Apa saja caranya? Yuk, langsung aja simak ulasannya berikut ini!

1. Berolahraga dengan intensitas tinggi

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemililustrasi olahraga intesitas tinggi (unsplash.com/Anastase Maragos)

Berolahraga dengan intensitas yang tinggi, sangat dianjurkan untuk diet karena terbukti berdampak bagi percepatan pembakaran kalori. Selain latihan intensitas tinggi, kita juga bisa melakukan latihan angkat beban agar mempercepat pembakaran kalori. Selain meningkatkan metabolisme, angkat beban juga bisa membuat tubuh kita nampak lebih atletis sekaligus meningkatkan kepercayaan diri.

2. Meminum air dingin

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemililustrasi air putih dingin (unsplash.com/abillion)

Mungkin cara berikut adalah cara termudah untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh kita. Meminum air dingin dapat membuat perut terasa kenyang serta membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Minum air 30 menit sebelum makan juga dapat membantu kita mengonsumsi lebih sedikit karena perut sudah terisi oleh air. Cara ini juga dapat membantu kita untuk mengontrol berat badan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mengandung Magnesium Guna Menjaga Metabolisme

3. Mengonsumsi makanan kaya protein

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemililustrasi dada ayam tinggi akan protein (unsplash.com/Philippe Zuber)

Mengonsumsi makanan makanan yang tinggi akan protein seperti kacang, telur, dan dada ayam dapat membantu kita untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Asupan protein yang tinggi ke dalam tubuh mampu mempercepat metabolisme hingga 15-30 persen. Selain itu, makanan yang tinggi protein mampu memberi efek kenyang yang lebih lama sehingga sangat cocok untuk kita yang sedang diet.

4. Makan makanan makanan pedas

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemililustrasi makanan pedas (unsplash.com/emy)

Mengonsumsi makanan pedas ternyata mampu membantu kita  mempercepat metabolisme, lho! Hal itu karena kandungan capsaicin didalam cabai mampu membakar jaringan lemak di dalam tubuh.

Tapi ingat, jangan mengonsumsi cabai secara berlebihan, ya! Mengonsumsi cabai berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan kita, seperti maag, sakit tenggorokan, hingga gangguan pencernaan.

5. Tidur yang cukup

5 Cara agar Memiliki Fast Metabolism, Bisa Banyak Ngemililustrasi tidur (unsplash.com/bruce mars)

Tidur yang cukup memiliki efek baik yang cukup banyak bagi tubuh, salah satunya terhadap metabolisme tubuh. 

Tidur bisa dikatakan cukup bila dilakukan selama 7-9 jam dalam sehari. Kurang tidur mampu meningkatkan risiko obesitas karena dapat memicu peningkatan hormon ghrelin, yaitu hormon yang membuat hasrat untuk makan.

Itulah sederet cara jitu dan mudah untuk mempercepat metabolisme tubuh. Segera terapkan mulai hari ini, ya! Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 8 Alasan Medis Mengapa Metabolisme Tubuh Jadi Lambat, Hati-hati!

Luthfi Latumiwa Photo Writer Luthfi Latumiwa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya