Comscore Tracker

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengang

Jangan terus menerus merasa kesepian ya kamu...

Kesepian merupakan perasaan sunyi akibat kepedihan atau kesendirian yang muncul begitu kuat sehingga terasa sangat menyakitkan. Orang yang kesepian biasanya cenderung merasa kosong dan berpikir jika tidak ada orang yang peduli padanya. Parahnya, ternyata kesepian dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa bahaya kesehatan yang timbul akibat kesepian.

1. Depresi

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangpexels.com/David Garrison

Kesedihan yang berlarut-larut akibat merasa kesepian kemungkinan besar akan berujung pada stres, bahkan depresi. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, yang mengatakan jika keadaan kesepian dapat memicu aktifnya hormon otak yang berkaitan dengan stres, seperti kortisol, sehingga sanggup menimbulkan depresi.

2. Penyakit jantung

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangpixabay.com/pexels

Menurut penelitian yang dilakukan Harvard pada tahun 2012, orang dewasa yang hidup sendirian dan merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 24 persen. Hal ini terjadi karena mereka tidak mendapatkan dukungan sosial sehingga menjadi mudah stres dan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Selain itu, saat seseorang mengalami stres, maka kondisi tubuhnya akan sangat rentan terserang penyakit berbahaya lainnya.

3. Peradangan kronis

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangdraxe.com

Direktur Adult Development Survey Universitas Harvard, Dr. Robert Waldinger, mengatakan jika stres yang ditimbulkan dari efek kesepian juga dapat menyebabkan munculnya peradangan menjadi kronis. Salah satu kondisi yang dapat terjadi adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan timbulnya rasa panas dan kemerahan. 

Baca Juga: 5 Bahaya Kesehatan Naik Motor di Siang Hari yang Gak Boleh Disepelekan

4. Risiko demensia

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangcaringpeopleinc.com

Demensia merupakan kondisi di mana otak mengalami penurunan fungsi, seperti penurunan daya ingat. Penelitian yang dimuat dalam The Jurnal Journals of Gerontology, mengungkapkan bahwa orang dewasa yang kesepian berhubungan erat dengan peningkatan risiko demensia. Namun, efek tersebut tergantung pada tingkat interaksi yang dilakukan orang tersebut.

5. Rentan terkena flu dan pilek

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangaarp.org

Sebuah studi tahun 2017 menemukan fakta jika orang-orang yang kesepian cenderung menjadi lebih rentan terserang gejala flu dan pilek. Hal ini karena sistem imun orang yang kesepian akan lebih fokus memerangi bakteri ketimbang virus. Sehingga, orang-orang yang kesepian menjadi lebih rentan terserang penyakit yang bersumber pada infeksi virus.

6. Penurunan sistem imun

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercenganglifealth.com

Penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University pada 2013 menemukan fakta jika orang yang kesepian cenderung memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah. Mereka menjadi lebih rentan mengalami penyakit kronis seperti, artritis, diabetes, penyakit jantung, bahkan alzheimer.

7. Kematian

7 Bahaya Kesepian bagi Kesehatan, yang Terakhir Pasti Bikin Tercengangtimesnownews.com

Kesepian yang berlarut-larut jelas akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, hal ini juga dapat mempercepat kematian. Kondisi-kondisi buruk yang muncul, seperti penurunan sistem imun, hingga penyakit jantung, bisa menjadi pertanda jika risiko kematian menjadi sangat besar.

Pada dasarnya kesepian timbul akibat adanya pikiran-pikiran negatif yang mengganggu. Untuk itu, berusahalah mengenali pikiran yang negatif terebut dan segera mengatasinya. Karena jika terlambat, salah satu dampak buruk di atas bukan lagi suatu hal yang bisa kalian hindari.

Baca Juga: Ketahui 7 Bahaya Kesehatan Tidur dengan Makeup yang Belum Dibersihkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya