Comscore Tracker

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnya

Bahkan bisa menyebabkan kematian lho...

Tertawa bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk menurunkan stres. Sayangnya, tertawa yang berlebihan atau terlalu keras ternyata memiliki dampak yang buruk.

Apa saja dampak seriusnya? Berikut beberapa di antaranya!

1. Memicu serangan asma

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyamedicalnewstoday.com

Bagi penderita asma sebaiknya berhati-hati jika ingin tertawa. Sebab, tertawa yang berlebihan dapat memicu munculnya serangan asma sehingga kamu akan pingsan.

2. Pneumotoraks

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyanejm.org

Tertawa berlebihan juga memberikan efek berbahaya seperti pneumotoraks, yaitu penimbunan udara pada dinding pleura yang dapat memicu pengempisan paru-paru. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan kolaps atau pingsan di tempat secara tiba-tiba.

3. Cataplexy

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyaeverydayhealth.com

Tertawa terbahak-bahak atau berlebihan dapat membuat otot-otot di sekitar wajah menjadi kendur hingga pingsan. Kondisi ini biasa disebut dengan cataplexy. Parahnya, jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama dapat membuat rahang terkilir akibat pelemasan otot.

Baca Juga: Ini 9 Penyebab Puting Mengeras, Gak Cuma Akibat Rangsangan atau Birahi

4. Hernia

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyamedicalnewstoday.com

Selama tertawa perut akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan tekanan yang kuat pada dinding perut. Akibatnya, usus akan tertekan dan menonjol pada bagian bawah perut. Kondisi ini dinamakan dengan hernia.

5. Aneurisma

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyacolumbianeurosurgery.org

Aneurisma merupakan pelebaran pembuluh darah arteri yang terjadi ketika otak dan sistem pernapasan tidak mampu mengendalikan hormon adrenalin dari efek tertawa. Biasanya aneurisma akan pecah akibat tekanan yang terdapat pada tengkorak otak ketika sedang tertawa.

6. Serangan jantung

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyamedicalnewstoday.com

Ketika sedang tertawa, otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang ternyata justru bisa meracuni jantung. Oleh karena itu, terdapat banyak kasus di mana tertawa yang berlebihan menyebabkan detak jantung menjadi abnormal.

7. Kematian

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnyanypost.com

Siapa yang menyangka jika tertawa berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami kematian? Hal tersebut pada dasarnya benar dapat terjadi akibat fungsi pernapasan yang terganggu akibat mengeluarkan tawa.

Sebab saat tertawa, tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup, sehingga tertawa yang berlebihan dapat merangsang munculnya berbagai penyakit berbahaya. Beberapa di antaranya seperti serangan jantung, berhentinya fungsi paru-paru, atau kejang gelastik.

Itu dia beberapa hal berbahaya yang akan terjadi saat kamu tertawa secara berlebihan. Oleh karena itu, perhatikan juga kapasitas tertawa yang baik bagi tubuhmu agar tidak mengalami hal serupa.

Baca Juga: Ini 7 Risiko Berbahaya yang Dapat Terjadi Akibat Infus, Hati-hati!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 23:15:04

Progress: 758.351 dari 813.350 TPS (93.23797%)

Just For You