Comscore Tracker

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!

Duh, rambut lepek dan berminyak sama sekali gak keren guys~

Salah satu jenis masalah rambut yang cukup mengganggu penampilan adalah rambut berminyak. Pada dasarnya, kulit kepala mengandung minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

Namun, sering kali kelenjar tersebut bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak berlebih. Tenang saja, untuk mengatasinya kamu bisa menerapkan berbagai macam cara yang sederhana. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Keramas dengan cara yang benar

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!thebeautyinformer.com

Terkadang, kulit kepala berminyak diakibatkan oleh sampo atau pelembap rambut yang tidak terbilas dan masih tertinggal di kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mencuci rambut dengan benar setelah menggunakan sampo. Selain itu, jangan keramas dengan air hangat karena dapat hal tersebut justru dapat merangsang kelenjar yang menghasilkan minyak alami rambut (sebum).

2. Gunakan dry shampoo

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!matrix.com

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak adalah dengan menggunakan sampo kering atau dry shampoo. Tidak hanya menyerap minyak, dry shampoo juga dapat menambah volume dan menyerap aroma dari produksi minyak berlebih pada rambut. 

3. Gunakan produk berlabel "volumizing"

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!food.ndtv.com

Setiap produk kesehatan rambut biasanya memberikan label untuk jenis-jenis rambut yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu bisa mencoba menggunakan produk rambut berlabel "volumizing". Sebab, produk dengan label tersebut biasanya mengandung minyak lebih sedikit sehingga tidak membuat rambut dan kulit kepala mengalami minyak berlebih.

Baca Juga: Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannya

4. Gunakan masker rambut alami

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!globalspaonline.com

Rambut berminyak mungkin saja diakibatkan oleh penggunaan produk sampo dan pelembap yang mengandung berbagai bahan kimia. Sebab, beberapa bahan kimia ternyata juga bisa memicu kulit kepala menjadi semakin berminyak. Untuk itu, coba gunakan masker rambut alami seperti masker alpukat atau masker lidah buaya, agar mengurangi produksi sebum minyak di kulit kepala.

5. Gunakan sampo khusus rambut berminyak

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!homehacks.co

Mengatasi rambut berminyak juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan sampo khusus untuk rambut berminyak. Hal ini karena manfaat penggunaan sampo akan berbeda-beda tergantung dengan kandungan di dalamnya. Oleh karenanya, gunakan sampo khusus rambut berminyak jika kamu ingin membersihkan kulit kepala tanpa merusak rambut dan memicu lebih banyak produksi minyak.

6. Cuci rambut dengan larutan cuka apel

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!honestdocs.id

Cuka sari apel (apple cide vinegar) diduga dapat membantu menyeimbangkan kadar pH kulit kepala. Untuk itu, larutkan cuka sari apel dengan air bersuhu normal. Lalu, cuci rambut menggunakan larutan tersebut, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Cuci rambut dengan teh hijau

7 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh, Bebas Lepek!pexels.com/Pixabay

Selain larutan cuka sari apel, kamu juga bisa menggunakan teh hijau untuk mengatasi rambut berminyak. Hal ini karena teh hijau mengandung zat tannin yang diyakini dapat mengatasi kelebihan minyak sekaligus menutrisi kulit kepala. Caranya, larutnya teh hijau dan cuci rambut menggunakan larutan tersebut. Kemudian, bilas rambut dengan air bersih.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut berminyak. Dengan demikian, kamu gak perlu lagi malu dengan tampilan rambut lepek. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Sederhana dan Alami

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You