Comscore Tracker

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasi

Gangguan mata ikan bisa diatasi dengan bahan alami kok...

Mata ikan atau foot corn adalah lapisan kulit yang mengeras dan tebal, karena hal tersebut merupakan respons kulit terhadap gesekan dan tekanan yang disebabkan sepatu atau alas kaki lainnya. Meski begitu, di mana pun letaknya, mata ikan dapat mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman pada saat berjalan. Untuk itu, lakukan 7 cara berikut ini untuk mengatasi makan ikan secara alami.

1. Batu apung

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasihealthline.com

Batu apung merupakan salah satu hal alami yang sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan di kaki. Hal ini karena batu apung sangat memiliki manfaat untuk menghilangkan kulit mati.

Untuk menggunakannya, rendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama lima hingga tujuh menit. Kemudian gosoklah mata ikan dengan menggunakan batu apung secara perlahan selama tiga menit. Lakukan secara rutin hingga mata ikan benar-benar menghilang.

2. Nanas

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasiakamaized.net

Kandungan encim bromelain yang ada dalam nanas ternyata dapat menjadi obat yang sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan. Sebab, kandungan tersebut dapat melunakkan mata ikan serta meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, tempelkan nanas yang telah diiris tipis pada mata ikan dan perban dengan menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman kemudian bersihkan. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kunyit

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasicompendium.com

Kandungan sifat antimikroba dan penyembuhan dalam kunyit ternyata dapat menghilangkan mata ikan. Campur bubuk kunyit dengan madu hingga menjadi pasta dan oleskan pada mata ikan.

Setelah kering bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara dua kali dalam satu hari agar mata ikan cepat menghilang.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Migrain yang Ampuh Tanpa Obat-Obatan

4. Bawang putih

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasibesthomecaretips.com

Bawang putih ternyata menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi mata ikan. Sebab, bawang putih dipercaya dapat menyebabkan pembuangan yang efektif terhadap jaringan mata ikan dari kulit dan tubuh.

Caranya, gosokkan bawang putih yang sudah dipotong pada kulit selama satu menit. Diamkan selama satu menit dan bilas dengan air bersih. 

5. Pepaya

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasistylecraze.com

Selain rasanya yang manis, ternyata buah pepaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati mata ikan. Hal ini karena enzim papain dalam pepaya yang memiliki khasiat untuk menghilangkan kulit mati.

Caranya, oleskan setengah sendok teh pepaya yang sudah dihancurkan dengan kapas dan biarkan semalaman. Kemudian bilas dengan air bersih pada esok harinya. Lakukan secara rutin tiap malam sampai mata ikan benar-benar menghilang.

6. Cuka sari apel

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasihonestdocs.id

Cuka sari apel terkenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kulit. Oleh karena itu, menggunakan cuka sari apel juga dapat melembutkan bahkan menyingkirkan mata ikan yang ada pada kulit. Sebab, cuka sari apel memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri yang ada pada area sekitar mata ikan.

Untuk menghilangkan mata ikan dengan cuka sari apel, rendamlah bagian yang terkena mata ikan selama 25 menit kemudian gosok dengan batu apung. Setelah itu bungkus mata ikan dengan perban yang dibasahi dengan cuka sari apel.

7. Baking soda

Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasinguyenkim.com

Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta dan tambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang terkena mata ikan dan biarkan semalaman. Selain mengelupas sel-sel kulit mati di area mata ikan, bahan tersebut juga dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh mata ikan yang sudah kronis.

Nah, itu dia beberapa cara sederhana yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi mata ikan. Jika hal-hal tersebut tidak berhasil, cobalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Sebab, kondisi tersebut dapat berbeda satu sama lain tergantung dari penyebab dan tingkat penyakitnya.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Bisul Tanpa Harus Ke Dokter, Mudah & Sederhana

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You