Comscore Tracker

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadari

Gizi buruk bisa berbahaya bagi kesehatan lho, hati-hati..

Kekurangan gizi atau biasa disebut malnutrisi merupakan gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Biasanya, malnutrisi terjadi akibat tubuh kekurangan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Padahal, nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sayangnya, tanda tubuh mengalami gizi buruk jarang disadari. Oleh karena itu, simak tanda-tandanya berikut ini.

1. Rambut menipis

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadarimedicalnewstoday.com

Pada umumnya rambut dapat rontok hingga 50-100 helai per hari. Oleh karena itu, penipisan rambut yang berlebihan dapat menjadi pertanda jika tubuh mengalami malnutrisi. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kekurangan vitamin C dan protein sehingga tubuh akan sulit memproduksi kolagen sebagai salah satu nutrisi penting untuk menjaga pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

2. Timbul keinginan untuk mengunyah es batu

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadarimydnaindian.com

Meski para ahli kesehatan belum tahu pasti alasannya, akan tetapi mengunyah es batu dapat menjadi pertanda jika tubuh sedang kekurangan zat besi akibat memiliki pola makan yang buruk. Salah satu teori yang ada berpendapat jika sensasi segar dan dingin pada es batu memberikan lonjakan energi besar untuk memerangi kelelahan yang muncul karena kekurangan asupan zat besi.

3. Muncul jerawat

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadarinykaa.com

Selain akibat bakteri yang berkembang biak di dalam pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran dan sel kulit mati, ternyata jerawat juga bisa menjadi pertanda jika tubuh sedang kekurangan nutrisi. Hal ini karena jerawat akan lebih mudah muncul di saat tubuh kekurangan asupan omega-3. Sebab, omega-3 berperan penting dalam melindungi jaringan lipid dalam kulit serta mencegah jerawat yang timbul semakin parah.

Baca Juga: Sadari 6 Hal Penting dalam Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan Ini

4. Kulit kering bersisik

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadariwww.freepik.com

Kulit kering bersisik adalah salah satu jenis tanda umum dari penuaan kulit serta akibat dari cuaca dingin dan kering. Akan tetapi, kulit kering yang disertai dengan gatal-gatal dan iritasi dapat menandakan jika tubuh kamu kekurangan gizi dari asam lemak omega-3. Sebab, omega-3 membantu menyehatkan jaringan lipid kulit dan menjaga kelembapan alami kulit.

5. Bibir kering dan pecah-pecah

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadarialighahary.ca

Bibir yang tampak sangat kering dan pecah-pecah serta terasa sakit merupakan tanda jika tubuh kekurangan vitamin B2. Bibir kering dan pecah-pecah akibat defisiensi B2 biasanya akan disertai dengan lidah yang membengkak dan berwarna merah tua, juga mulut yang membengkak. Jika tidak ditangani, defisiensi B2 bisa bertambah parah, bahkan menyebabkan kerusakan saraf sehingga memicu kesemutan di jari tangan atau kaki.

6. Kulit pucat

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadaribuoyhealth.com

Kekurangan zat besi menyebabkan ukuran sel darah merah menjadi lebih sedikit, dan tidak dipenuhi oleh hemoglobin. Akibatnya, rona warna kulit akan menjadi lebih pucat dan kusam, terutama di daerah lapisan kelopak mata dan dinding dalam pipi. Meski demikian, untuk dapat mengetahui jika tubuh benar kekurangan zat besi kamu perlu segera melakukan tes ke dokter.

7. Kesemutan

Kenali, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Gizi Buruk yang Jarang Disadariquora.com

Kesemutan biasanya disebabkan karena adanya saraf yang terjepit oleh tekanan berat, seperti saat kita menyilangkan kaki atau duduk bersila terlalu lama. Akan tetapi, sensasi tidak nyaman ini juga bisa dihasilkan saat tubuh sedang kekurangan asupan vitamin B, khususnya B6, folat, dan B12.

Itu dia beberapa ciri jika kamu sedang mengalami gizi buruk yang perlu diwaspadai. Sebab, biasanya kita terkesan mengabaikan hal-hal kecil yang terjadi pada tubuh. Hal tersebut karena tanda penyakit yang berbahaya cenderung umum terjadi sehingga kita terkesan mengabaikannya. Untuk itu, jangan mengabaikan hal yang terjadi pada tubuhmu!

Baca Juga: Daging Ayam atau Sapi? Ini Juara yang Kandungan Gizinya Lebih Tinggi!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya